4 tahun yang lalu
Oleh: Erwanda Nur Khofifah

Air Comberan


Saat pertama mendengar kata air, apa yang terlintas dipikiran kalian? Biru? Sehat? Menyegarkan? Yap. Betul sekali. Tapi bagaimana jika air diiringi dengan got menjadi air got? Bagi yang belum tahu, got atau selokan adalah saluran air yang dibuat sebagai tempat pembuangan air kotor yang berasal dari rumah warga. Air selokan biasa disebut sebagai air comberan. Apakah pemikiran kalian sama untuk air comberan? Saya rasa jawabannya tidak. Mungkin kesan pertama yang terlintas adalah bau, kotor, keruh. 


Sebagian besar air comberan di Indonesia memang berbau tidak sedap, kotor, dan keruh. Bahkan ada yang sampai berwarna hitam saking kotornya dasar dari tempat air tersebut menggenang. Tapi, MOL dapat menghilangkan bau tidak sedap dari air selokan dimanapun. 

Loh kok bisa?

MOL bisa menghilangkan bau busuk dari air comberan karena MOL itu sendiri mengandung bakteri baik dimana bakteri tersebut mampu memakan kuman atau bakteri jahat yang berada di air selokan. Bakteri yang terkandung di dalam MOL berasal dari hasil fermentasi antara sampah dapur, gula, dan air kelapa yang dicampur dan didiamkan hingga 2 minggu.


Nah, kalau penasaran, coba ambil air comberan di sekitar rumah sebanyak 300 ml. Kemudian masukkan MOL sebanyak 5 tutup botol air mineral ke dalam air comberan yang telah diambil tadi. Sebelum dicampur dengan MOL, coba endus bau air comberan yang tadi ambil tadi untuk dibandingkan dengan bau setelah dicampur dengan MOL. Diamkan selama 1 jam atau lebih, kemudian endus air comberan yang telah dicampur dengan MOL tadi. Apakah ada perubahan? Jika ada, maka air comberan tersebut telah berubah menjadi air MOL yang bisa digunakan sebagai pupuk cair untuk tanah. Namun jika tidak, maka air comberan tersebut sangat buruk kualitasnya sehingga butuh waktu yang lebih lama untuk MOL menetralisir air tersebut.


Erwanda Nur Khofifah

20178300026

#TugasPLH

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.