4 tahun yang lalu
Oleh: Maria Yustina Fono

Dinamika Perkembangan Hidup Manusia

Perkembangan zaman merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari. Hal itu terjadi karena perkembangan pengetahuan yang terus digali oleh manusia agar memudakan jalannya hidup. Perkembangan-perkembangan tersebut malah menjadi kesalahan bagi manusia dikarenakan mereka terlalu menikmati kemudahan yang ada.

Transisi mesin ketik ke komputer
Memang dengan hadirnya komputer sangat memudahkan manusia dalam menyelesaikan pekerjaan, khususnya mengetik. Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa transisi dari mesin ketik ke komputer malah membuat manusia semakin berkurang daya konsentrasinya. Hal itu terjadi karena jika seseorang menggunakan mesin ketik, diperlukan konsentrasi yang cukup tinggi agar pekerjaan tersebut tidak salah. Jika salah sedikit saja meskipun pekerjaan hampir selesai, maka pekerjaan tersebut harus diulang dari awal karena tidak ada tombol hapus dalam sebuah mesin ketik.

Transisi surat pos ke surat elektronik
Kehadiran surat elektronik memudahkan manusia dalam mengirim pekerjaan kepada orang lain. Selain kemudahan tersebut, surat elektronik tidak memerlukan perangkat seperti surat konvensional dan juga tidak perlu biaya meskipun mengirimkan sebanyak ratusan kali asalkan ada koneksi internet. Namun, dengan hadirnya surat elektronik ini malah membuat manusia mengurangi kebiasaan menulis di atas kertas. Hal itu dapat menyebabkan manusia terlalu bergantung dengan teknologi dan mengurangi kegiatan fisiknya.

Transisi SMS ke media sosial
Kecepatan penyebaran informasi pada SMS dengan media sosial memiliki perbedaan yang signifikan. SMS tidak bisa mengirim gambar serta membutuhkan pulsa agar pesan itu dapat tersampaikan. Namun hadirnya media sosial membuat manusia makin rentan terhadap stres.Hal itu terjadi karena cepatnya informasi yang disampaikan dan didapatkan dari berbagai pihak. Coba bayangkan jika mood kalian sedang buruk namun ada seseorang yang tiba-tiba memberi tahu kabar yang dapat membuat kalian tambah stres, maka hal tersebut malah melipat gandakan beban hidup. 


#Tugas ISBDX

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.