4 tahun yang lalu
Oleh: Erwanda Nur Khofifah

Sumber Daya Alam


Tahukah kamu? Di bumi ini ada berbagai macam sumber daya alam. Tapi, sumber daya alam itu terbagi menjadi 2 jenis. Yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Nah, sebelum membahas jenis sumber daya alam, terlebih dahulu kita harus mengetahui pengertian dari sumber daya alam itu sendiri.


Sumber daya alam (SDA) adalah segala sesuatu yang ada di alam, segala sesuatu yang berasal dari alam baik yang hidup maupun yang mati. SDA digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Kebayang kan, bagaimana jadinya hidup tanpa SDA. SDA itu sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. SDA yang dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam yang tidak akan pernah habis, seperti matahari, air, udara, tanaman, hewan, dan lain sebagainya. SDA yang tidak dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam yang akan habis jika digunakan terus menerus, seperti hasil tambang, minyak bumi, dan lain sebagainya.


Sumber daya alam juga terbagi menjadi 5 kategori, yaitu :

1. Energi

Energi merupakan sumber tenaga yang berasal dari alam seperti matahari, air, minyak bumi, dan lain lain.

2. Materi

Materi yang dimaksud disini adalah semua jenis unsur atom seperti oksigen, karbon, hindrogen, nitrogen, dan lain sebagainya. 

3. Lahan

Lahan merupakan tempat kita beraktivitas di bumi ini. Dengan adanya lahan, kita dapat dengan mudah beraktivitas dan melakukan hal positif lain yang bisa mambuat alam lebih baik. 

4. Waktu

Waktu ada untuk membantu kita mengatur kegiatan selama 1 hari atau 24 jam. Namun, waktu yang kita miliki sangat terbatas meski dirasa memiliki banyak waktu luang. Maka dari itu, manfaatkan waktu sebaik-baiknya agar tidak ada penyesalan dikemudian hari.

5. Keanekaragaman

Keanekaragaman disini meliputi berbagai jenis makhluk hidup, seperti tumbuhan, hewan, termasuk kita sendiri sebagai manusia.


Saat ini, sumber daya alam yang kita miliki sudah mulai menipis. Selain karena pemanfaatan yang dilakukan secara terus menerus, kebanyakan sumber daya alam yang kita manfaatkan adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Maka perlu adanya sumber daya alam atau energi lain sebagai pengganti sumber daya alam yang sudah mulai habis. Seperti minyak bumi yang digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor, dapat digantikan dengan energi listrik atau bahkan gas seperti yang sudah mulai digalakan beberapa tahun belakangan. Selain itu, semakin sempitnya lahan untuk bertani, maka semakin berkurang juga sumber daya alam hayati yang dapat dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Akibatnya, impor bahan makanan menjadi hal yang biasa, padahal tanah di negeri ini sangat berpotensi untuk menjadi lahan pertanian.


Sebagai manusia yang turut menggunakan dan memanfaatkan sumber daya alam, tentu kita harus bertanggungjawab atas apa yang telah kita gunakan. Dengan membantu mengurangi sampah, maka secara tidak langsung kita telah berkonstribusi menjaga alam ini agar anak cucu kita nanti masih bisa menikmati apa yang kita nikmati saat ini.



Tugas PLH ke-3

Erwanda Nur Khofifah

20178300026

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.