4 tahun yang lalu
Oleh: Fabia Devka

Wawancara kepada warga mengenai Peradaban di Indonesia.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat sore untuk kita semua.


Pada artikel ini, penulis akan menceritakan tentang isi dalam wawancara dari salah satu warga di Mall Graha Cijantung. Penulis membicarakan kepada warga tersebut tentang peradaban yang ada di Indonesia. Menurut beliau, peradaban itu adalah sebuah keanekaragaman dalam kebudayaan yang ada di Indonesia yang mencakup seluruh sumber daya manusia, seni budaya, nilai budaya, dan lain-lain. Peradaban dalam teknologi cukup baik sepanjang itu tidak mengurangi peradaban yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, manusia sekitar dapat menggunakan segala hal yang diinginkan dengan menggunakan teknologi dalam perlakuan yang positif sehingga pola fikir pada manusia dengan tingkat teknologi yang semakin maju dapat meningkatkan peradaban yang ada di Indonesia. Jika tanpa adanya teknologi, maka Indonesia ini tidak akan maju. Dengan adanya teknologi ini, daerah terpencil atau terpelosok pun dapat menangkap informasi yang ada. Misalkan informasi dari sosial media, lewat televisi, dan lain-lain. Perkembangan teknologi sangatlah penting sepanjang itu tidak menggunakan teknologi yang negatif. 

Peradaban dalam adaptasi budaya tergantung dalam suku/ras masing-masing sepanjang itu tidak mengusik satu sama lain pada budaya masing-masing. Indonesia mempunyai banyak sekali kebudayaan yang beranekaragam. Dengan adanya kebudayaan yang berbeda-beda, kita harus menghormati kebudayaan masing-masing. Budaya ini perlu dikembangkan tradisi dengan budaya-budaya yang berbeda sehingga itulah bahwa identik Indonesia dengan budaya dan tradisi masing-masing. 

Peradaban dalam adaptasi pangan menurut pandangan beliau, dari perekonomian di Indonesia cukup rendah. Dampak perekonomian ini disebabkan dalam krisis global sehingga dalam perekonomian di lingkungan sekitar kurang merata. Dalam hal ini, dalam pendapatan perekonomian ini cukup sulit disebabkan adanya kurangnya upaya dari pemerintah itu sendiri. Upaya yang perlu diperhatikan adalah motivasi dan aspirasi dari masyarakat sekitar, tetapi sampai sekarang dalam hal ini pemerintah masih kurang memerhatikan dengan aspirasi tersebut. Padahal dengan adanya motivasi dan aspirasi ini pun dapat meningkatkan keadilan sosial di lingkungan sekitarnya, disebabkan karena ada banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan dari aparat sekitar sehingga ada beberapa hal yang seharusnya penting dikerjakan untuk masyarakat sekitar tetapi malah terlupakan. Oleh karena itu, pemerintah atau kelurahan/kecamatan sekitar dapat memerhatikan dalam aspirasi masyarakat sekitarnya dan tidak hanya didengarkan saja tapi harus dilakukan untuk kesejahteraan yang baik pada masyarakatnya.  

Demikian dalam hasil dari wawancara yang penulis dapatkan, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Mohon maaf bila ada kesalahan kata dalam penulisan artikel ini. Terima Kasih. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 

#UTSISBD

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.