4 tahun yang lalu
Oleh: Nafiahnst

SOSIAL BUDAYA DI KELURAHAN PABUARAN

  INDONESIA NEGARA YANG BERBUDAYA DAN MEMILIKI BANYAK SUKU

   Sosial budaya merupakan totalitas nilai, tata sosial, tata laku manusia yang diwujudkan dalam pandangan hidup, falsafah negara dalam berbagai sisi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang menjadi asas untuk melandasi pola perilaku dan tata struktur masyarakat yang ada. Masyarakat kelurahan pabuaran adalah suatu masyarakat yang terbentuk dengan nilai-nilai ajaran agama (religius) yang tinggi dan merupakan masyarakat asli secara turun temurun menetap di wilayah kelurahan pabuaran, tetapi dengan berjalannya waktu dan perkembangan wilayah kelurahan pabuaran membuat masyarakat yang sebelumnya asli pabuaran menjadi masyarakat yang majemuk. Karna banyaknya pendatang dan menetap di wilayah pabuaran, tetapi walaupun berbeda adat istiadat hubungan antara pri bumi dan pendatang terjalin baik dengan mengedepankan saling hormat menghormati dan saling harga menghargai. Hal ini berlangsung hingga saat ini.
   Dan untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai jumlah masyarakat dan suku yang ada di kelurahan pabuaran saya telah melakukan observasi di kelurahan pabuaran kepada aparat setempat, yaitu degan cara mewawancarai aparat setempat tersebut. Wawancara saya tersebut membahas mengenai wilayah kelueahan pabuaran tersebut, jumlah masyarakat, yang menurut jenis kelamin, menurut agama, dan jumlah kelompok keluarga.
  Dan hasil dari observasi saya terhadap aparat kelurahan pabuaran adalah
Nama kelurahan yang saya wawancarai adalah kelurahan pabuaran yang brrada di wilayah cibinong dengan luas wilayah 317, 58 Ha. Yang terdiri dari 14 RW(rukun warga) dan 109 RT (rukun tetangga).
Dan jumlah penduduk sebanyak 42.618 orang. Dengan jumlah penduduk laki-laki sebanyak 21.649 orang dan jumlah penduduk wanita sebanyak 21.032 orang.
Sedangkan jika di data berdasarkan agama ataupun aliran kepercayaan maka hasilnya adalah=
Penganut agama Islam sebanyak 31.672 orang
Penganut agama Katolik sebanyak 2.568 orang
Penganut agama Protestan sebanyak 8.145 orang
Penganut agama Hindu sebanyak 108 orang
Penganut agama Budha sebanyak 125
Penganut agama Konghucu 63 orang.
Dan penduduk dengan usia hak pilih adalah laki-laki sebanyak 156.287 orang
Dan wanita sebanyak 15.517 orang.
Dan jumlah prasarana peribadatan adalah masjid ada sebanyak 24, musholla asa sebanyak 29, majlis ta'lim ada 21, dan gereja ada 1.
Dan suku-suku penduduk yang tinggal di daerah pabuaran adalah masyarakat asli, sunda, jawa, batak, minang, flores, betawi, sulawesi, konghucu, dan masih ada lagi yang lainnya karna mengingat masyarakat pabuaran saat ini telah di huni oleh lebih banyak masyarakat pendatang di banding masyarakat asal.
Dan mengenai jumlah penduduk menurut setiap suku memang belum ada datanya baik itu data dari kelurahan ataupun internet.
Namun jika di lihat dari mayoritasnya penduduk suku yang paling banyak di daerah ini bisa di sebut juga dari suku jawa, sunda, batak, dan minang.
Walaupun demikian, walaupun berbeda-beda suku, budaya, bahasa, dan yang lain-lainnya kita semua akan tetap satu dan saling harmonis KARNA KITA ADALAH INDONESIA.


Terima kasih sudah membaca
Semoga bermanpaat 😊
#Tugas_ISBD1

#ISBD1

#ISBD_1

@choyei 

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.