loader

HATI-HATI ADA “JANDA MANIS” HADIR DI LOMBA MEMASAK TIM PENGGERAK PKK KECAMATAN TOBELO HALMAHERA UTARA

1 year ago

 

Kamis Tanggal 12 Juli 2018 ada yang tidak biasa di Aula Kantor Kecamatan Tobelo, banyak ibu-ibu dari Desa Kumo, Desa MKCM, Desa Wari, Desa Rawa Jaya, dan Desa Kakara di wilayah Kecamatan Tobelo sedang mengikuti lomba memasak, lombanya sangat meriah. Memang, lomba apapun kalau pesertanya ibu-ibu PKK selalu ramai, paling tidak antusiasme dan keriangan ibu-ibu selalu bikin seru.  Menu makan  yang tersaji juga luar biasa ragamnya, karena setiap desa mempunyai resep adalannya masing-masing dengan jenis masakan yang berbeda-beda, tidak mau kalah gaya, tidak mau kalah rasa, dan tampilan oke-oke.  Semua peserta tampil dengan sajian paling oke walah dengan peralatan seadanya.  Tiap desa optimis  untuk paling menarik untuk dilihat, kreatif dan satu lagi ibu-ibu itu punya banyak idea memasak dan berani dalam menampilkan berbagai  bentuk masakannya, bahkan ada yang menyerupai tumpeng warna warni.


Wah… Pokoknya seru banget,  di aula yang tidak terlalu besar itu jadi tempat pameran makanan di setiap meja  disajikan  makan per desa.  Setiap meja juga diberi nomor dari nomor 1 nomor 2, nomor 3, nomor 4 dan seterusnya.  Mereka juga secara kreatif memberi nama-nama unik pada setiap makanannya,  nama-nama tesebut ditulis di selembar ketas dan disimpan di dekat setiap masakan. Memang di jaman milinial ini  pemberian nama makanan  menjadi penting, dan dapat menjadi daya tarik  untuk masyarakat. Makanan dengan nama unik akan mudah diingat serta mengkonsumsinya serasa menjadi  lebih gaul, lebih kekinian, dan tentu saja jadi brand yang punya nilai jual. Juga bisa digunakan untuk selfie,,, selfie bersama makanan dengan nama dan selera yang menggoda!

Wah klikdesa.com kok jadi seperti konsultan merk, pakai  analisis nama dan brand makanan segala rupa. Mungkin efek melihat makanan banyak di Kantor Kecamatan padahal kemarin itu gak sempat sarapan sebelumnya, jadi pikiran mengembara… hehehe



Oh iya kita lanjutkan cerita tentang lomba masalan “the power of emak emak” di Tobelo ini.  Tim klikdesa.com kebetulan diberi kesempatan untuk memoto makanan-makanan yang tersaji di Aula itu.  Segera ada keriuahan dalam sesi foto ini, ibu-ibu ingin ingin  makannya yang keren-keren itu diphoto, sambil moto juga ramai mendengar berbagai komentar ibu-ibu yang penuh canda sehingga ruangan menjadi penuh dengan gelak tawa…   

Ketika tim klikdesa.com  mendekati salah satu meja peserta ibu-ibu ramai teriak “awas itu ada Janda Manis, hati-hati kecantol” wah kami agak terheran-heran juga sambil berfikir ini jandanya sebelah mananya?, kok ribut amat  ibu ibu ini ada janda, dan betapa kasihannya ya janda diekspose secara ramai-ramai…Tapi kan kami tidak mungkin menatap satu-satu mencari janda yang dimaksud.

Heheheh eling-eling istri jauh di rumah..

Maklum setiap perbincangan tentang janda kan sensitif, karena menyangkut perasaan orang lain jadi kami sangat berhati-hati meresponnya.  Ketka nama masakan dilihat satu-satu oh ternyata “janda manis” itu adalah nama makanan, tertulis dalam selembar kertas dengan spidol menggunakan tulisan tangan “janda manis”. Oh ini dia yang bikin heboh, makanan manis nampaknya seperti kudapan. Sayang karena buru-buru saya belum sempat diberi kesempatan untuk mencicipi menu “janda manis” itu apakah benar-benar manis atau ada gurih-gurihnya  juga.  Untung saja tidak tertipu dan mencari-cari janda ke rombongan ibu-ibu PKK, hehehehehe



Hari itu tim klikdesa memfoto seluruh masakan dan kemudian menunggu sampai pengumuman para pemenang juara 1 sampai 3 selesai, baik kategori makanan biasa maupun katerogi “gemar makan ikan”  Selamat ya kepada para pemenang lomba yang akan mewakili kecamatan ke tingkat kabupaten,  bagi yang kalah semoga mencoba di saat lain, karena mungkin kebersamaan jauh lebih penting dari sekedar juara.

Ini dia hasil penilaian juri yang katanya tidak bisa diganggu gugat.

Lomba Masakan

·         Juara 3 Mej No 4 Desa Kumo

·         Juara 2 meja No 1  Desa KMCM

·         Juara 1 Meja No 3 Desa Wari

Menu Gemar Ikan

·         Juara 3 Meja No 5 Desa Rawa Jaya

·         Juara 2 Meja No 4 Desa Kumo

·         Juara I Meja NO 2 Desa Kakara



Pengalaman pertemuan dengan “janda manis”  mungkin akan menjadi bagian yang akan selalu dikenang dalam perjalanan team klikdesa keliling nusantara. Kenangan dimana berkesempatan untuk singgah di kota eksotik bernama Tobelo Halmahera Utara.

 

Aa Subandoyo/klikdesa.com

0 Komentar

Silahkan login untuk berkomentar.