4 tahun yang lalu
Oleh: Maria Yustina Fono

Masalah Sosial Budaya Sampah di Kelurahan Cijantung

Masalah sosial budaya di kelurahan cijantung yaitu sampah.
Pembuangan sampah yang tidak diurus dengan baik, penumpukan sampah atau membuangnya sembarang ke kawasan terbuka akan mengakibatkan pencemaran tanah yang akan berdampak ke saluran air tanah.Sampah selalu menimbulkan masalah yang rumit untuk dipecahkan. Manusia mempunyai berbagai aktivitas untuk memenuhi kesejahteraan hidupnya dengan memproduksi bahan makanan, minuman, barang dan lainnya dari sumber daya alam yang tersedia. Di sisi lain aktivitas tersebut menghasilkan barang-barang yang akan dikonsumsi, namun di sisi lain aktivitas tersebut juga menghasilkan bahan buangan yang tidak diinginkan atau tidak berguna. Makin hari makin bertambah banyak, hal ini erat hubungannya dengan ketersediaan ruang hidup manusia yang relatif tetap, dan bahan buangan ini dikenal dengan sampah.
Solusinya yaitu :
• Memisahkan sampah sesuai dengan jenisnya yaitu sampah organik dan anorganik.untuk sampah organik dapat di daur ulang.
• Membawa kantung belanja dan alat makan sendiri sendiri dapat mengurangi penggunaan plastik. Plastik sendiri merupakan material yang sangat sulit terurai dan dapat mencemari kualitas air dan tanah.
• Melakukan organisasi yang bernama bank sampah. Bank sampah ini bertujuan untuk mengurangi sampah dengan cara menabung sampah. Jika kita menabung sampah di sana, sampah yang kita berikan akan berubah menjadi uang.

@choyei

#TugasISBD2 


0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.