4 tahun yang lalu
Oleh: Erwanda Nur Khofifah

Ada apa dengan MOL?

Apa itu MOL?


Seiring dengan perkembangan zaman semakin banyak inovasi yang muncul untuk memudahkan berbagai kegiatan manusia. Mulai dari bidang elektronik, pertanian, hingga ke bidang rumah tangga. Di bidang pertanian, MOL menjadi pupuk organik yang dapat menyuburkan tanah. Bagaimana bisa? Dengan menyemprotkan cairan MOL ke tanah yang akan digunakan sebagai media untuk menanam, maka MOL akan langsung meresap kedalam tanah dan menyuburkan tanah karena kandungan yang terdapat MOL berasal dari alam juga.


Begitu pula di bidang rumah tangga. Ada berbagai kegunaan MOL dalam bidang ini, salah satunya sebagai penghilang bau tidak sedap atau pengharum ruangan. Biasanya pengharum ruangan yang dikhususkan untuk kamar mandi berbentuk padat. Namun, MOL berbentuk cairan atau liquid sehingga dalam penggunaannya harus disemprotkan terlebih dahulu dengan kinerja yang lebih baik bila dibandingkan dengan pengharum yang bernbentuk padat. Dengan menyemprotkan MOL ke titik yang bermasalah, seketika masalah akan hilang. Bau tidak sedap ataupun kecoa dan teman temannya dapat dengan mudah teratasi.


Belum banyak yang mengetahui tentang MOL. Namun setiap orang mampu membuat MOLnya sendiri. Bagaimana caranya? Apakah semudah itu? Eits! Jangan salah. Membuat MOL bukanlah perkata sulit jika dilakukan dengan cara yang benar. Bahan yang dibutuhkan sangat mudah didapatkan dirumah karena MOL merupakan hasil fermentasi dari sampah organik yang dicampur dengan glukosa (gula), air kelapa, dan air biasa yang kemudian didiamkan selama kurang lebih 15 hari. Bahan-bahan yang digunakan sangat mudah didapat karena hampir semua bahan yang diperlukan berasal dari dapur. Jadi, kapan Anda akan membuat MOL?


Erwanda Nur Khofifah - 20178300026

@choyei

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.