4 tahun yang lalu
Oleh: Admin Desa Cihurip

Belum Sah Jadi Warga Garut Kalau Belum Ke Desa Cihurip


Judul ini memang provokatif ya, karena memang Cihurip itu bagian yang tersembunyi dari Garut. Desa eksotik yang tersembunyi berada di antara gunung-gunung yang kokoh dan vertikal.  

Cihurip sering identik dengan wajit, dengn gula, atau dengan opak, ada juga yang menyebut Cihurip identik dengan situ Rancahideung, Situ Cihurip, Situ Cihantap.   Satu lagi sebenarnya ada Situ Cigempol sayang keberadaan situ itu sekarang sudah kering padahal penting artinya bagi siklus air di Desa. 

sangat sedih jika mengingat ada salah satu situ kecil yang sekarang mengering, karana situ sebagaimana air adalah sumber kehidupan, sumber keberkahan, aset yang luar biasa.


Desa dengan 4 situ alam kan sangat keren. walau situ yang satu sudah cenderung mati.  Semoga tidak mati juga kearifan lokal yang ada di situ.  Jangankan situ, untuk membangun embung kecil saja butuh ratusan bahkan milyaran rupiah, sementara di Cihurip ada 4 situ, bukan saja tentang air tapi tentang mata air besar pada setiap situ.

Itulah mungkin mengapa desa ini disebut Desa Cihurip, karena memang diharapkan disini airnya selalu hidup, selalu berlimpah, dan pesan moralnya harus dilindungi, dijaga, dirawat dan dilestarikan.

Desa yang akan selalu dicintai oleh warganya, bukan  saja karena opaknya, bukan karena wajitnya atau sekarang ada kopi cihurip, tapi karena alam, warga, dan dengan segala kenangannya


#desacihurip   #leuwitonjong

#siturancahideung #kopicihurip #wajitcihurip #puncakpikiran



 

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.