4 tahun yang lalu
Oleh: DRAJAT P S

SMARTPHONE “SAPA WARGA” UNTUK RW DI DESA MEKARWANGI TAROGONG KALER SPESIFIKASINYA LEBIH TINGGI, BIAR LEBIH KEREN!


Desa Mekarwangi Kecamatan Tarogong Kaler  Kabupaten Garut, terus berbenah meningkatkan  performa dan pelayanan. Setelah  sukses merehabilitasi, merenovasi kantor desa agar  semakin nyaman dan luas “

Kali ini dari Bankeu Provinsi, Kepala Desa Mekarwangi Kec. Tarogong Kaler Kab. Garut menyerahkan smartphone kepada para ketua RW. Kegiatan tersebut, disaksikan Oleh Babinsa dan anggota BPD’.

 Kades Mekarwangi Iwan Sutiawan menyerahkan 12 Smartphone dengan spesifikasi, memory dan RAM nya 2 gigabyte dengan ROM 32 gigabyte lebih besar dari yang diharuskan oleh pemerintah.  Dilengkapi juga dengan fitur koneksi jaringan 4G, LTE,HSDPA, kamera depan dan belakang .

Sebelumnya perwakilan 2 orang Perwakilan Ketua Rw dan Sekdes mendapat Pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut di Area 306   STTG Garut.


Penyerahan Smartphone Tersebut Dalam rangka mendukung program Pemdaprov Jawa Barat, yaitu  Program SAPA WARGA dengan harapan” Perangkat TIK (Teknologi Informasi & Komunikasi) tersebut menjembatani komunikasi warga pada tingkatan Rukun Warga dengan Gubernur Jawa Barat agar warga dapat menyampaikan aspirasinya secara langsung,"  demikian ujar Kades Iwan .


Dijelaskan juga oleh SEKDES Drajat Panji S, setelah ikut pelatihan jadi paham cara  mengoperasikan Aplikasi SAPA WARGA” dan paham pula apa manfaat nya SAPA WARGA, yaitu  ada tiga fungsi dari aplikasi sapa warga tersebut:

 Pertama, informasi dari kepala daerah, mulai dari tingkat Gubernur hingga tingkat terbawah atau RW dapat sampai dengan cepat. Dengan begitu, informasi yang didapatkan tidak akan simpang siur, baik itu mengenai kebencanaan dan lainnya. Otomatis meminimalisir celah bagi masyarakat untuk mengakses Informasi hoaks.

"Kedua berkaitan dengan aspirasi warga. Jadi warga bisa menyampaikan ide, gagasan atau keluhan.

Ketiga, sebagai pelayanan publik, sehingga masyarkat dapat membayar pajak atau retribusi juga," ujar Sekdes Panji’.

Semoga dengan adanya Program Sapa Warga bisa mewujudkan, salah satu program unggulan Gubernur Jawa Barat dalam bentuk inovasi pelayanan publik yang responsif, integratif dan informatif dari Pemdaprov Jabar dalam menampung aspirasi dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan terutama warga Jabar.

“Perangkat TIK (Teknologi Informasi & Komunikasi) tersebut menjembatani komunikasi warga pada tingkatan rukun warga dengan Gubernur Jawa Barat agar warga dapat menyampaikan aspirasinya secara langsung,” semoga Gubernur Jawa Barat meluncurkan lagi Inovasi Inovasi yang bermanffat khusunya untuk peningkatan SDM masyarakat pada umumnya. Pungka Kades IWAN . 

#mekarwangi

#desamekarwangi

#desamekarwangitarogongkaler

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.