4 tahun yang lalu
Oleh: Admin Desa Jayaraga

MOMEN ASYIK DI RW O3 DESA JAYARAGA


Sabtu, 27 Juli 2019 [Jayaraga]. Tanpa adanya momen khusus, seluruh warga RW.03 Desa Jayaraga berkumpul di depan kantor RW. Kegiatan ini murni digagas oleh warga, hanya sekedar untuk bersilaturahmi saling mempererat ikatan sosial yang di tengah perkembangan teknologi ini rentan pecah.

 

Suasana sederhana, tanpa hiburan, tanpa panggung, tanpa pembawa acara. Seluruh warga yang hadir hanya bercengkrama, saling menyapa, dan bersenda gurau. Untuk melengkapi suasana, kelompok PKK memasak makanan alakadarnya. Warga pun banyak yang berinisiatif membawa berbagai jenis makanan ringan yang ada di rumahnya masing-masing untuk dinikmati bersama.

 

Di tengah diskusi bebas para warga, muncul pembahasan mengenai berbagai isu yang terjadi di lingkungan sekitar. Saling berbagi informasi dan menjaga kesadaran bahwa mereka masih berada dalam ikatan sosial. Semua tema yang muncul dibahas dalam suasana hangat penuh kekeluargaan.

Teti, salah satu warga RW.03, mengungkapkan rasa gembiranya karena dapat bercengrama dengan seluruh warga tanpa adanya kegiatan formal. Sementara Wahyudin, tokoh keagamaan, menyampaikan harapan dengan kegiatan ini bisa meningkatkan kerukunan warga.

 

Cecep Ernanto, Warga RW 03 yang juga aktivis Pendidikan & Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, menyebutkan bahwa kegiatan seperti ini sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat dalam rangka membangun kepedulian antar warga. Dengan interaksi yang intens dalam suasana non formal, masyarakat bisa mengungkapkan kegelisahannya dengan leluasa namun dalam suasana hangat. Sehingga bisa memunculkan perasaan senasib sepenanggungan. Ikatan sosial antar wargapun akan terjalin semakin erat. Dengan modal ini, warga akan mudah didorong untuk melakukan perubahan sosial yang bermakna bagi mereka.

 

Kegiatan ini sengaja dilaksanakan malam hari, dengan maksud agar tidak mengganggu aktivitas harian mereka. Egi, Ketua RW.03, menyebutkan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin dan berkala. Sebab, melalui kegiatan seperti inilah persoalan-persoalan yang terjadi di lingkungan dapat terungkap disertai dengan gagasan-gagasan yang sesuai dengan kondisi warga.

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.