loader

Menjadi Pribadi yang Asertif

2 minggu yang lalu

Perilaku asertif adalah perilaku seseorang untuk dapat mengemukakan pendapat, keinginan, perasaan dan keyakinan yang dimilikinya secara langsung,jujur, terbuka pada orang lain. Jadi dapat dikatakn bahwa orang yang memiliki sikap ini adalah orang yang memiliki keberanian dan mengekpresikan pikiran, perasaan bahkan hak-hak pribadinya, serta dapat menolak permintaan yang tidak beralasan.

Pola asuh keluarga merupakan peranan palinng penting dalam perkembangan dan pendidikan anak, karena anak meniru perbuatan  orang tuanya, sehingga pembentukan sikap dan kepribadian sangatlah bergantung pada pola asuh orang tua.

Oleh karena itu peran orang tua dan keluarga sangatlah penting dalam penanaman sikap asertif pada diri anak,seperti: orang tua hendaknya selalu bersikap ramah dalam hal apasaja terhaap anaknya; membuat tuntutan yang sesuai dan menetapkan batasan yang wajar dalam diri anak; selalu berempati kepada anak; memberi kesempatan anak untuk mengemukakan pendapatnya dan menghargainya; dan banyak lagi yang bisa dilakukan keluarga untuk menanamkam sikap asertif kepada anak.

Dalam penanaman sikap ini, orang tua perlu menanamkan sikap ini sedini munngkin, karena dengan memiliki sikap asertif seorang anak bisa bersosialisasi dan menjaliin hubungan dengan lingkungan seusianya secara efekktif;denga memiliki sikap ini, anak dappat dengan mudah mencari solusi dari permasalahan/ kesulitan secara efektif dan masih banyak manfaat yang di dapatkan ketika seseorang memiliki sikap ini.

Oleh karena itu orang tua dan guru harus bekerja sama dalam penerapan sikap ini.

@Choyei

1 Komentar

Silahkan login untuk berkomentar.