loader

Dampak dan Penanganan Anak yang berprilaku Agresif

2 minggu yang lalu

Perilaku agresif merupakan bentuk tingkah laku menyerang baik secara fisik maupun verbal. Banyak akibat mengapa Perilaku ini sering muncul, seperti rasa frustasi. Kebanyakan orang dewasa ketika mengalami frustasi ia akan mencari teman untuk mencurahkan hatinya, tetapi berbeda dengan anak usia dini,mereka belum bisa melakukan hal semacam itu sehingga mereka melampiaskan kemarahannya dengan prilaku agresif.

Prilaku agresif pada anak jika tidak ditangani dengan benar, akan mengakibatkan perlakuan yang buruk seperti anti sosial yang dapat menimbulkan masalah-masalah baru lainnya seperti kenakalan remaja dan perilaku-perilaku buruk lainnya.

Terlihat dari dampak yang buruk akibat prilaku agresif ini orang tua penting menangani masalah agresivitas secara dini, dengan mendidiknya seperti: menjalin komunikasi yang baik dengan anak,karena komunikasi tersebut dapat membantu anak mengembangkan kepercayaan dirinya;

Selain itu, memberikan pembelajaran kerjasama, karena hal ini dapat melatih keterampilan sosial anak; juga memberikan hadiah(reward) dan hukuman untuk perilaku positif dan negative yang telah dilakukannya.

Jadi, sebagai orang tua dan pendidik sebaiknya segera menangani masalah prilaku agresif ini, ketika prilaku agresif ini terlihat pada anak baik dirumah atau di sekolah.                          

 @Choyei 

1 Komentar

Silahkan login untuk berkomentar.