loader

MENINJAU EFEKTIVITASNYA STRATEGI BELAJAR DAN MEMORI SISWA

2 minggu yang lalu


  Efektifitas dapat diartikan sebagai pengukuran keberhasilan dalam pencapaian tujuan-tujuan yang telah ditentukan. Dan di instrumen kali ini saya akan melihat  se efektifitas apakah strategi belajar dan memori para siswa.Dan untuk mengetahui ke efektifitas strategi belajar dan memori para siswa,  maka saya telah melakukan observasi pada tanggal 2 juli 2019 kepada 10 orang siswa remaja pengajian daarul falah yang  terletak di kawasan tempat saya tinggal yaitu di daerah cibinong.

   Di observasi kali ini saya mwmberikan beberapa pertannyaan kepada para siswa. Pertannyaan yang pertama adalah apakah adik-adik termaksud seseorang yang pandai mengatur waktu dan perencana yang yang baik? 

Dan hasilnya adalah 10 di antara 10 siswa tersebut merasa bahwa belum mampu mengatur waktu mereka dengan baik.

   Pertannyaan ke-2, apakah adik-adik termaksud orang-orang yang fokus dan dapat mengantisifasi gangguan dengan baik?, contohnya ketika sedang mengobrol kemudian ada yg mengganggu apakah adik-adik akan tetap fokus atau tidak? , dan hasilnya adalah 6 diantara 10 siswa merasa bahwa dirinya tidak fokus karna alasan yang berbeda-beda. Diantara alasan mereka adalah gampang terganggu oleh orang lain dan mudah terbawa suasana lain. Dan 3 diantara 10 siswa merasa bahwa dirinya lumayan fokus di beberapa hal dan di bidang- bidang tertentu. Dan 1 siswa lainnya merasa bahwa dirinya selalu fokus karna ia selalu memfokuskan dirinya untuk setiap tujuan-tujuannya.

   Pertanyaan ke 3, apakah adik-adik termaksud orang yang bukan hanya berusaha menghapal pelajaran melainkan harus memahaminya juga? 

Dan hasilnya adalah 6 diantara 10 orang siswa merasa bahwa mereka hanya suka menghafal dan tidak begitu memahami apa yang mereka hafal. Dan 4 siswa lainnya menjawab selain menghafal para siswa tersebut juga akan memahami materi yang mereka akan hafal. Karna dengan memahaminya terlebih dahulu maka mereka akan semakin mudah untuk menghafalnya. 

   Pertanyaan ke 4, saya bertannya bagaimana keadaan para siswa hari ini! 

Dan hasilnya adalah 4 diswa menjawab hari ini biasa saya ada senang dan sedihnya, 5 orang siswa dapat memahami diri mereka dengan menjawab apa yang para siswa rasakan hari ini, contohnya senang karna beli baju baru, galau karna ga di kasih uang, dan satu siswa lainnya merasa dirinya tidak tau apa yang di rasakan olehnya hari ini.

  Dan di soal yang ke 5, saya ingin mengetahui apakah mereka suka mencatat atau tidak. Dan untuk mengetahuinya saya meminta mereka menilis nama-nama 25 nabi. Dan yang tukisannya rapih mulai awal sampai akhir berarti siswa tersebut suka menulis dan membuat catatan dan jika tilisan para siswa tidak rapih berarti siswa tersebut tidak suka membuat catatan. Dan hasilnya adalah 5 siswa tulisannya rafih mulai awal sampai akhir, dan 5 siswa lainnya tulisannya tidak rapih bahkan tidak lengkap menyebutkan nama-nama nabinya.

   Pertannyaan ke-6, saya bertanya kepada para siswa apakah para siswa suka membaca kembali pelajaran yang telah mereka pelajari? 

Dan hasilnya adalah 6 diantara 10 siswa tersebut terkadang membaca lagi pelajaran mereka, 3 siswa hampir tidak pernah, dan 1 siswa menjawab selalu membaca-baca kembali pelajarannya.

   Pertannyaan yang ke-7, saya bertanya kepada para siswa apakah adik-adik termaksud orang yang teratur dalam belajar? 

Dan hasilnya adalah 10 siswa menjawab tidak teratur dalam belajar, tapi 3 siswa merasa banwa dirinya termaksud kedalam golongan orang-orang yang rajin belajar.

   Pertannyaan ke-8, saya bertannya kepada para siswa apakah mereka pandai dalam mengodekan sebuah informasi dan amanah untuk menyampaikan informasi? 

Dan hasilnya adalah 8 siswa tersebut merasa belum begitu mahir dalam menyampaikan informasi dengan alasan terkadang suka lupa dan tidak sempat. Dan 2 siswa merasa pandai dan sangat amanah dalam menyampaikan informasi.

    Soal ke-9 saya memberikan siswa pertannyaan, sebutkan 5 hukun bacaan yang ada di ilmu tajwid dengan wakti 5 detik? Dan hasilnya adalah 6 siswa mampu menybutkannya dalam waktu kurang dari 5 detik, dan 4 siswa lainnya lebih dari 5 detik.

  Pertanyaan ke-10, saya bertanya kepada para siswa apakah mereka sebelum ujian suka belajar? 

Dan hasilnyaadalah hanya satu siswa yang menjawab belajar sebelum ujian, dan 9 siswa lainnya mengaku tidak belajar.

  Pertannyaan yang ke-12 saya bertanya kepada para siswa  metode apa yang biasanya para siswa lakukan agar mudah dalam belajar? 

Dan hasilnya adalah 7 dari 10 siswa tidak tau metode apa yang mereka sukai, 2 orang siswa suks belajar sambil menengarkan musik, dan 1 siswa menjawab suka belajar dalam keadaan yang hening dan sunyi.

  Kesimpulannya adalah masih banyak siswa-siswa yang harus kita bangun karakternya dan kita lebih perhatikan lagi perkembangannya agar para siswa lebih minat lagi dalam belaja, memiliki memori yang kuat dan memahami metode apa yang sesuai dengan mereka untuk belajar.


Sekian dan terimakasaih

Semoga bermanfaat.@choyei 


1 Komentar

Silahkan login untuk berkomentar.