loader

Resume dari hasil 14 instrumen (tugas UAS )

2 minggu yang lalu


Assalamualaikum wr.wb

Di artikel kali ini kita akan membahas mengenai resume saya dari hasil 14 instrumen yang telah saya sebar di sekitar kurun waktu 6 bulan terakhir ini. Instrumen yang telah kita sebar tersebut adalah mengenai masalah- masalah ataupun hal- hal yang bertemakan tentang perkembangan siswa, masalah pendidikan, dan masalah- masalah yang sejenisnya. Namun di artikel kita kali ini saya akan memuat 4 pembahasan pokok yaitu mengenai:

1.Konsep perkembangan dan pendidikan 

2.kematangan siswa

3.dinamika perkembangan kongnitif

5. Tugas perkembangan 0-6 tahun, 6-13 tahun serta masalah yang timbul dan solusinya. 

      1) perkembangan 


Perkembangan secara umum adalah perubahan menuju kedewasaan yang tidak dapat diukur dengan alat ukur.

Sedangkan dalam konsep perkembangan 

Dalam ilmu pendidikan, perkembangan itu menyangkut bebwrapa hal, yaitu:

1. Pertumbuhan

2. Kematangan 

3. Belajar

4. Latihan

  Perkembangan setiap orang juga sangatlah di pengaruhi oleh faktor-faktor  lingkungan, keluarga, usia, pendidikan dan masyarakat. Dan seperti hasil instrumen  yang telah saya lakukan di beberapa sekolah mulai dari sekolah SD, SMP, SMA, MTs, popes, dan ada juga yang di pengajian. Tentu kematangan , perkembangan setiap orang sangatlah berbeda-beda.

 Contohnya instrumen yang telah saya sebar di sekolahan MTs al- huda kepada adik-adik kelas 7a, mengenai perkembangan para siswa. Salah satu observasi yang saya lakukan adalah untuk mengetahui perkembangan perbendaharaan kata para siswa, saya meminta para siswa untuk mendeskripsikan benda-benda apa saja yang ada di kelas, dan hasilnya sangat lah berbeda-beda, ada yang hanya menyebutkan benda-benda yang umumnya ada di kelas dan ada beberapa siswa yang sangat detail dalam mendeskripsikan kelas mereka bahkan mereka ada yg menyebutkan warna cet ruangan kelas tersebut, jumlah dan bentuk lampu, dan hiasan- hiasan yang ada di dinding kelas tersebut. Dari hal ini kita bisa simpulkan bahwa perkembangan perbendaharaan kata setiap siswa berbeda-beda. Begitu juga dengan perkembangan yang lain-lainnya, seperti perkembangan dalam hal berfikir, perkembangan mengenai mengingat. Dan perkembangan lainnya. Dan kita juga bisa terus membantu perkembangan para siswa dengan cara di berikan pendidikan yang baik dan selalu di arahkan kepada hal-hal yang baik dan dapat membantu perkembanggannya.

    2) kematangan 

Kematangan adalah perubahan kualitatif fungsi fisiko- fisik organisme dari tidak siap menjadi siap melakukan fungsinya. Dan perubahannya terjadi secara alamiah. Kematangan setiap para siswa tentu berbeda-beda namun menurut saya apabila kita sebagai guru terus membantu mengasah kematangannya para siswa, tentu kematangan para siswa akan semakin baik. Dan untuk dapat meninjau dan terus mengasah kematangan para siswa, kita dapat melatih keterampilan kinestetik tubuh para siswa, seperti observasi yang saya telah lakukan opada tanggal 21 april 2019 kepada 10 orang siswa kelas 7 ponpes darul hufazd yang terletak di kawasan tempat saya tinggal yaitu di daerah cibinong. Dan cara saya melatih kematangan mereka adalah dengan, pertama saya memberi tahu adik-adik tersebut apabila saya menyebut buah: apel=kepala

            Pepaya= mata

            Melon= telinga 

            Nanas= hidung

Jadi apabila saya menyebut nama buah- buahan tersebut maka mereka akan memegang anggota tubuh mereka sesuai buah yg saya sebutkan. Dan terkadang saya juga mengkecoh mereka dengan menyebutkan nama buah yang tidak ada pasangan angota tubuhnya seperti durian, jeruk, mangga dan lain- lainya.

Dan hasilnya adalah pada tes yang pertama ada 20% dari mereka yang salah memegang anggota tubuhnya, di tes ke 3 ada 10% dari mereka yang salah menyentuh tubuhnya, jadi hasil akhirnya adalah 70% dari mereka tidak melakukan kesalahan, mereka dapat melewati tes pertama sampai ke 3 dengan baik.

  Dan cara saya yang ke-2 adalah dengan bertanya kepada adik-adik tersebut apakah adik adik suka olahraga? Dan hasilnya adalah  20% dari mereka tidak suka olahraga, 70% suka berolahraga, dan 10% nya lagi suka dan pernah mengikuti pertandingan olahraga seperti lari dan basket.

  Dari hasil instrumen tersebut dapat kita simpulkan bahwa kematangan setiap orang berbeda-beda, namun dapat selalu kita asah agar kematangan kita lebih baik lagi 

       3) dinamika perkembangan kongnitif


Kemampuan kognitif adalah konstruksi proses berpikir, termasuk mengingat, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan, sejak kecil menuju remaja hingga dewasa. Sedangkan perkembangan kognitif merupakan kemampuan memperoleh informasi yang ada pada diri seseorang yang dilandasi oleh kepekaan sensorik (penginderaan) dan mengoptimalkan fungsi saraf untuk mengolah rangsangan.Adapun fase-fase dalam perkembangan kognitif antara lain :

1. Periode sensomotorik (bayi lahir – 2 tahun),

2. Periode pra-operasional (umur 2 – 7 tahun ),

3. Periode operasi konkrit (umur 7 – 11 tahun),

4.Periode operasi formal (umur 11 – 15 tahun). 

Dan seperti hasil instrumen yang saya telah bagikan kepada siswa ponpes arrasyid untuk mengetahui kemampuan kognitif para siswa, saya mengajukan beberapa pertannyaan salah satu pertanyaanya adalah apakah para siswa suka mengambil sebuah resiko dan mampu untuk bertanggung jawab dan hasilnya adalah masih ada beberapa anak yang merasa dirinya belum mampu mengambil sebuah keputusan yang beresiko, apalagi sampai bertanggung jawab terhadap hasilnya.

   4) Tugas perkembangan 0-6 tahun, 6-13 tahun serta masalah yang timbul dan solusinya.


Perkembangan 0-6 tahun dapat kita katakan sebagai perkembangan pada masa kanak-kanak. Masa perkembangan ini sàngat penting untuk perkembangan setiap anak. Dan dimasa-masa ini juga akan ada beberapa masalah yang timbul maka kita harus mulai mengajarinya berbagai macam hal- hal yang berkaitan langsung dengannya setiap harinya, srperti bagaimana cara makan, cara berbicara yang baik dan sopan, mengajarinya hal-hal yang mennyangkut norma- norma sosial dan agama, dan beberapa hal lainnya yang terkait dengannya di kehidupan sehari-harinya.

Perkembangan 6- 13 tahun. Perkembangan si masa anak sekolah dasar ini haruslah selalu di jaga dan di kontrol agar perkwmbangan- perkembangan para siswa dapat terah dengan baik. Dan  penyebaran instrumen yang telah saya lakukan di sekolah SD selamet riadi adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan para siswa dalam perkembangan di masa sekolah dasarnya. Bertannya kepada para siswa apakah mereka mengetahui diri mereka dengan baik. Contohnya mereka sadar hal- hal apa saja yang akan membuat mereka sedih dan bahagia. Dan hasilnya adalah rata-rata diantara para siswa tersebut mampu memahami diri mereka dengan baik.


Kesimpulannya bahwa 4 hal-hal pokok yang kita bahas pada artikel kita ini, dapat selalu di perbaiki dengan cara selalu mengasahnya, mendidiknya, dan melihat minat bakat para siswa.


Sekian dan terima kasih...😊



Saya nafiatul khoiriah, dari kampus STKIP kusuma negara mengucapkan banyak terimakasih.

Mohon saran dan dukungannya.


Npm: 20188300024 

@choyei 

0 Komentar

Silahkan login untuk berkomentar.