loader

Pentingnya cita-cita untuk perkembangan anak

2 minggu yang lalu

Teringat masa kecil, orang tua bertanya apa cita-cita kamu?? Tanpa berpikir aku katakan kalau aku ingin menjadi guru.dan sekarang tak di sangka sekarang itulah cita-citaku yang sebenarnya. Walaupun sering berganti cita-cita setelah itu. Memang pada saat itu aku merasa heran kenapa harus ada cita-cita? Memang penting?? Membuat pusing saat kembali ditanya.

Ternyata...

Pernah saya baca kartini pernah menuliskan: cita-cita ialah memperindah martabat manusia, memuliakannya, mendekatkan kepada kesempurnaan.

Kala itu, saya mengerti bahwa cita-cita mungkin sangatlah penting karena itu. Tetapi setelah saya dewasa saya mulai mengerti kenapa semenjak kecil saya ditanya seperti itu,,,ternyata..pertanyaan tersebut sangat penting karena secara tak langsung akan mengena dalam alam bawah sadar anak sehingga menjadi keinginan yang kuatjadi secara tak langsung itu dapat membantu dalam perkembangan anak.

Teringat satu cerita kisah menarik dari presiden Abraham Lincoln dalam buku biografinya, saat kecil di sekolah ia ditanya gurunya ingin jadi apa kamu nanti?,ia menjawab bahwa ia ingin menjadi presiden. Barulah kita tahu,lincoln jadi presiden sudah menjadi cita-citanya sejak kecil dan dengan tekadnya yang kuatt.

Oleh karena itu,pentingnya cita-cita dapatlah berpengaruh kepada perkembangan anak.

@Choyei

0 Komentar

Silahkan login untuk berkomentar.