4 tahun yang lalu
Oleh: Dian

Resume perkembangan peserta didik


Perkembangan adalah proses perubahan kualitatif yang mengacu pada kualitas fungsi organ-organ jasmaniah dan bukan pada organ jasmani tersebut sehingga penekanan arti perkembangan terletak pada penyempurnaan fungsi psikologis yang termanifestasi pada kemampuan organ fisiologis. Proses perkembangan akan berlangsung sepanjang kehidupan manusia, sedangkan proses pertumbuhan seringkali akan berhenti jika seseorang telah mencapai kematangan fisik. Saya telah menyebarkan intrumen data kepada anak-anak sekolah dasar, SMK, kesan pserta didik tentang mengenai sifat-sifat guru terbaik dan terburuk mereka . Selanjutnya saya menyebarkan instrument mengenai strategi perkembangan perbendaharaan kata , kesimpulannya mereka dapat menceritakan dengan baik dan menambah kosa kata baru  setelah membaca buku.


                 Dan adapun factor-faktor yang mempengaruhi perkembangan  yaitu perkembangan organism ditentukan oleh factor pembawaan , Faktor Perkembangan Internal yang termasuk dalam factor internal adalah perkemabngan jasmaniah, psikologis , dan kematangan fisik. Faktor Perkembangan Eskternal Yang termasuk faktor perkembangan eksternal antara lain : faktor perkembangan sosial, faktor perkembangan budaya, Faktor Perkembangan Pembawaan , kecerdasan, jenis kelamin, ras . pengalam masa kecil , lingkungan sekitar. Penyebaran instrument kali ini tentang pemikiran verbal , mereka cukup bagus dalam diskusi tetapi untuk menyukai tantangan mereka masih harus berlatih. Prinsip-prinsip perkembangan , perkembangan dimulai dari kepala hingga kaki perkembangan juga dari tengah menuju luar dan dari arah dekat menuju kearah jauh , penyebaran isntrumen pada aspek pemikiran logis/matematis hasilnya masih kurang ditingkatkan.Tugas perkembangan adalah suatu periode perkembangan tertentu yang harus diseleisaikan dengan baik . sumber tugas perkembangan itu pertama tuntutan masyarakat, social budaya, kematnagn fisik, dan norma agama  penyebaran isntrumen dalam aspek keterampilan ruang  hasilnya cukup bagus .


                Kematangan (maturation) yaitu kesiapan psikofisik organism untuk melakukan fungsi-fungsinya , penyebaran instrument kali ini dalam keterampilan kinestetik tubuh . tugas perkembangan masa kanak-kanak diantaranya belajar berjalan, belajar berbicara, belajar buang air kecil belajar mengenal jenis kelamin , membentuk konsep-konsep sederhana, belajar melakukan/hubungan baik berdasarkan norma social / agama. Penyebaran isntrumen kali ini pada anak sma hasilnya cukup bagus dalam mengetahui keterampilan mereka . Tugas perkembangan anak sd yang pertama mempelajari keterampilan fisik yang diperlukan untuk permainan yang umum, membangun sikap yang sehat mengenai diri sendiri sebagai makhluk yang sedang tumbuh., belajar menyesuaikan diri dengan teman teman seusianya , mulai mengembangkan peran social pria atau wanita yang tepat, mengembangkan keterampilan –keterampilan dasar membaca, menulis , menghitung. Instrument ini mengenai ketrampilan intrapersonal yaitu sebagai kemampuan seseorang secara efektif untuk berinteraksi dengan orang lain maupun dengan rekan kerja, seperti pendengar yang baik, menyampaikan pendapat secara jelas dan bekerja dalam satu tim. Hasilnya cukup bagus mereka dapat mengetahui dirinya dengan baik.


                Karakteristik perkembangan anak usia sekolah dasar  yang pertama karakteristik perkembangan fisik, perkembangan psikomotorik, keterampilan psikomotorik yang perlu dikembangnkan pada anak SD , perkembangan kognitif anak SD . aspek penialian kali ini itu mengenai keterampilan interpersonal yang ada didalam diri anak dan mereka cukup bagus dalam mengetahui / memahami kondisi / kedaan dilingkungan sekitarnya. Konsep kognitif menurut teori medan ; kurt lewin setiap kognisi individu memiliki medan psikologis tertentu semakin anak ada dalam medan belajar cenderung semakin terjaga kondisi kognisinya dalam situasi pembelajaran. Hal ini mengenaik intrumen yang saya bagikan yaitu keterampilan naturalis mereka cukup baik dalam  mengamati pola-pola alam, unggul dalam mengidentifikasi objek-objek pada alam lingkungan, dan paham memahami system buatan manusia dan alam.


                Dinamika perkembangan kognitif yang pertama asimilasi yaitu proses integrasi persepsi, konsep atau pengalaman baru ke dalam struktur kognitif yang sudah ada. Kedua rangsangan atau pengalaman baru ditempatkan sesyai dengan struktur kognitif yang sudah ada yang ketiga asimilasi tidak menyebabkan peruvbahan kognitif tetapi memperkembangkannya.Ada dua cara mekanisme akomodasi yang pertama membentuk strktur kognitif baru yang cocok dengan rangsangan atau pegalamn baru , yang kedua memodifikasi struktur yang sidah ada sehingga cocok dengan rangsangan aatu pengalaman baru. Pada aspek penialian kali ini saya menyebarkan instrument mengnai orientasi peran gender apa yang akan saya hadirkan utuk siswa? Mereka cukup baik mengenali diri meraka.Perkembangan remaja dan permasalahannya instrument penilaian kali ini mengenai seberapa efektifitaskah strategi belajar dan memori saya , hasilnnya pun cukup baik mereka dalam mengatur waktu yang dipergunakan dengan baik  walaupun ada beberapa anak yang tidak bias , tetapi mengenai pembelajaran mereka kurang memahami dan jarang membuka catatn jika selesai belajar. Masalah-masalah yang mungkin timbul berkaitan dengan perkembangan perilaku social, emosional , moralitas dan keagamaan , pertama munculnya perilaku anti social , konflik dengan orang tua, penyalahgunaan napza dll. Pada aspek ini hasilnya kurang dalam mendeskripsikan hal yang mereka tau (kurang tepat) dan kurang memahami atau tidak tahu cara meyelesaikan masalah dengan baik. Bimbingan dan konseling bagi mahasiswa, masalah yang terjadi pada mahasiswa lebih berat dengan seperti ini menyebabkan banyak mahasiswa yang mengalami ,stress ,depresi sampai bunuh diri , hal ini dapat disebabkan oleh berbagai factor misalnya dari masalah tentang perkuliahan taupun keluarga , untuk itu diperlukan nya bimbingan kepada mahasiswa agar tidak terjadi peningkatan stress terhadap mahasiswa apalagi sampai bunuh diri. Untuk menilai diri sendiri dengan  baik saya mengevaluasi keterampilan komunikasi saya kemudian dengan itu dapat mengurangi stress.


@choyei


0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.