4 tahun yang lalu
Oleh: Elin Ismalasari

Konsep Perkembangan melalui Pendidikan oleh Elin Ismalasari

Menurut saya Konsep perkembangan dan Pendidikan sangatlah berkaitan erat seperti ketika kita menggunakan konsep perkembangan pastilah di perlukannya pendidikan, dan ketika kita menggunakan konsep pendidikan perkembangan akan muncul. Seperti yang sudah saya alami, ketika saya mengingginkan perkembangan dalam diri saya saya menggunakan konsep pendidikan, dalam konsep pendidikan itulah perkembangan diri saya bertambah walaupun tanpa disadari. Seperti yang saya lakukan kali ini “menulis”, saya tidak menyangka saya dapat menulis dengan keyakinan  saya sendiri dan dengan pola yang saya buat sendiri. Entah dari mana pemikiran ini muncul, ternyata itu muncul karena adanya perkembangan pemikiran yang disebabkan oleh konsep pendidikan yaitu dari tugas-tugas yang diberi, awalnya sulit tapi sekarang mungkin sudah terbiasa. Itulah konsep pendidikan sebenarnya bagi saya yaitu mempengaruhi pemikiran.

Kali ini, saya ingin membahas mengenai artikel yang telah saya buat sebelumnya yaitu mengenai “seberapa efektifitaskah strategi belajar dan memori peserta didik” dan “seberapa efektifkah strategi berpikir dan pemecahan masalah peserta didik” yang kedua artikel tersebut bersumber dari instrumen yang saya bagikan kepada sisiwa/i kelas XI SMA PGRI Leuwiliang kota Bogor, dalam instrumen tersebut siswa menggunakan kemampuannya dalam mengenali diri sendiri untuk menjawab setiap pertanyaan yang ada.jadi saya menyimpulkan bahwa siswa/i kelas XI sudah mampu mengenali diri sendiri oleh karena itu konsep perkembangannya yaitu pada masa remaja dapat dikategorikan normal dan berkembang dengan baik.

Dalam hasil tersebut juga menunujukan bahwa perkembangan remaja di pengaruhi oleh pembawaan maupun faktor (aliran konvergensi) yaitu sebanyak 80% peserta didik suka dalam menggunakan teknologi sebagai bagian dari usaha saya untuk berpikir secara efektif. Dengan adanya data ini menunjukan bahwa aliran tersebut benar adanya. Karena ini merupakan faktor dari perkembangan maka kita harus lebih berhati-hati lagi dalam penggunaan faktor luar ini dan menjaga diri agar tidak terpengaruh oleh hal buruk, karena hal baik masih banyak kenapa harus pilih yang buruk????

Pada usia remaja banyak konsep atau pengalaman baru yang mungkin menyebabkan perubahan atau perkembangan pada kognitif kita, seperti masalah yang timbul akibat perilaku sosial, emosional, moralitas, atau keagamaan. Oleh karena itu, diperlukannya pengenalan terhadap diri sendiri dan perlunya seorang guru mempraktikan strategi berpikir dan pemecahan masalah yang baik agar peserta didik dapat melakukan pemecahan masalah yang efektif.

Kesimpulannnya pada usia remaja seperti kelas XI, perkembangan seseorang dipengaruhi oleh linkungannya. Oleh karena itu, sudah tugas dari dini bagi orang tua, guru maupun diri sendiri untuk menjaga diri dari pengaruh tersebut.karena sudah menjadi tugas perkembangan pada masa kanak-kanak diantaranya yaitu membentuk konsep- konsep sederhana dan belajar melakukan /hubungan baik berdasarkan norma sosial/agama. Dan sudah menjadi tugas perkembangan anak usia SD juga yaitu belajar menyesuaikan diri. Oleh karena marilah kita buat kedamaian dalam masa perkembangan ini, dengan mengikuti tahap-tahap konsep perkembangan.


@Choyei

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.