4 tahun yang lalu
Oleh: Arlita Gita Riaseh

PEMECAHAN MASALAH PADA ANAK

Hasil gambar untuk pemecahan masalah

Setiap manusia yang terlahir di dunia ini tidak akan pernah luput dengan berbagai masalah, masalah akan terus hadir dengan silih berganti. Masalah-masalah yang mungkin berkaitan dengan perkembangan social, emosional, moralitas dan keagamaan.  Semakin dewasa, masalah yang akan kita hadapi akan semakin rumit, hal tersebut akan mempengaruhi perkembangan anak dalam proses belajar. Namun, akan selalu ada pemecahan masalah yang dapat di lakukan.

Berdasarkan instrument yang telah disebar kepada 10 anak usia 20 tahun, terdapat 18 aspek penilaian, namun hanya beberapa point yang dilihat sangat berpenaruh dalam keefektifitasan dalam pemecahan masalah, diantaranya:

1.      sadar akan adanya pemikiran yang efektif dan tidak efektif; terdapat 40% anak yang sadar akan pemikiran itu.

2.      Selalu mengontrol pemikiran yang akan digunakan; namun hanya 20% anak yang selalu dapat mengontronya.

3.      Cakap dalam penalaran; terdapat 60% anak yang cakap dalam penalarannya.

4.      Menggunakan strategi utuk membentuk konsep; hanya 20% anak yang suka menggunakan strategi.

5.      Suka mengontrol pemikiran sendiri daripada hanya menerima apa yang di pikirkan orang lain secara pasif; hanya 20% anak yang senang mengontrol pemikiran sendiri daripada pemikiran orang lain.

6.  Suka menggunakan teknologi untuk berfikir secara efektif; terdapat 30% anak yang suka menggunakan teknologi, padahal jaman yang semakin modern ini seharusnya menjadikan teknologi dapat di pergunakan ubtuk hal-hal yang baik juga, salah satunya usaha untuk berfikir secara efektif.

7.   Senang memecahakan masalah; terdapat 60% anak yang mengaku menyukai memecahkan masalah, karena pada hakikatnya masalah datang tidak untuk di ratapi, tetapi di pecahkan sehingga dapat menjadi sebuah pembeljaran.

Maka kesimpualn yang dapat kita ambil dari data instrument yang telah di sebar adalah strategi pemikiran/pemecahan masalah sudah dikatakan baik.

@choyei

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.