4 tahun yang lalu
Oleh: Norma Fajri Arianti

MENGETAHUI KETERAMPILAN NATURALIS PADA ANAK TINGKAT DUA SEKOLAH DASAR


        Pada instrument ke-10 ini, saya akan membahas mengenai keterampilan naturalis yaitu kemampuan untuk mencintai lingkungan dan sesama makhluk hidup. Orang yang memiliki keterampilan ini akan sangat menghargai alam, karena meyakini bahwa manusia sangat bergantung pada alam. Maka dari itu, orang-orang yang memiliki keterampilan ini sangat menjaga dan merawat alam. Mereka suka dengan kegiatan-kegiatan yang melibatkan alam baik tumbuhan atau hewan dan berinteraksi langsung serta senang mempelajari karakteristik hewan dan tumbuhan.

Berdasarkan penjelasan di atas, saya telah menyebarkan instrument pada anak tingkat 2 di sekolah dasar yaitu SDN Margahayu II. Para responden ini terdiri dari 10 anak yaitu 5 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Ada tiga aspek penilaian yaitu :

1.      Saya cukup baik dalam mengamati pola-pola alam

2.      Saya unggul dalam mengidentifikasi dan mengklasifikasikan objek-objek pada lingkungan alam

3.      Saya memahami sistem buatan manusia dan alam

dengan kriteria penilaian :

10 – 12 point = baik

6 – 10 point = cukup baik

1 – 5 point = harus ditingkatkan

Hasil instrument yang saya peroleh adalah sebagai berikut :

1.      Untuk mengetahui aspek pertama ini, saya membawa anak-anak keluar dari kelas untuk pergi ke taman sekolah. Disana saya meminta mereka untuk mengamati beberapa pohon yang ada di taman dan memberi tahu bahwa pohon adalah salah satu pola alam. Selain itu, kepingan salju, percikan air, jalan berliku, gelombang dan lainnya. Pengetahuan ini adalah hal baru bagi mereka, jadi saya tidak bisa memberikan penilaian.

2.      Untuk aspek kedua ini, saya menjelaskan kepada mereka bahwa kita manusia merupakan makhluk hidup yang tidak bisa dipisah oleh alam. Manusia merawat dan mengolah alam dengan tujuan untuk keberlangsungan manusia itu sendiri. Contohnya adalah makanan pokok sehari-hari yaitu nasi, apabila alam telah menyediakan lahan yang ada tetapi tidak kelola oleh manusia, maka itu semua menjadi tidak bermanfaat.

3.      Untuk aspek ketiga saya memberi tahu kepada mereka bahwa di dunia ini ada hal-hal yang merupakan buatan alam dan buatan manusia. Mereka harus bisa mengetahuinya. Sistem buatan alam contohnya bumi berputar pada porosnya, sedangkan sistem buatan manusia adalah mesin yang berguna mempermudah pekerjaan manusia.

Pada instrument ini, saya menjelaskan kepada mereka bahwa alam sangat mempengaruhi keberlangsungan hidup manusia dan karena itulah kita harus menjaga alam. Dan hal itu bisa dilakukan dengan memulai hal kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan, memberi makan kucing di jalanan, menyiram tanaman dan masih banyak lagi.


@choyei

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.