4 tahun yang lalu
Oleh: Dian

Seberapa efektifitaskah Strategi Belajar dan Memori pada peserta didik



      Perkembangan adalah merupakan suatu proses yang pasti di alami oleh setiap individu, perkembangan ini adalah proses yang bersifat kualitatif dan berhubungan dengan kematangan seorang individu yang ditinjau dari perubahan yang bersifat progresif serta sistematis di dalam diri manusia. Untuk Perkembangan pada peserta didik dalam belajar di sekolah menggunakan beberapa aspek dengan rentang nilai dari 1 sampai 5


         pertama apakah mereka sebagai pengatur dan perencana waktu yang baik? Saya memberikan nilai 4 karena mereka bisa mengatur waktunya dengan baik walaupun ada yang masih belum bisa mengaturnya. Selanjutnya saya memberikan contoh "ketika kita sedang belajar,  reaksi apakah yang kalian berikan jika saat sedang belajar diganggu? " saya memberi nilai 4 karena mereka bisa mengatasi gangguan dengan baik. Yang ketiga "bagaimana cara kalian menghadapi ujian" rata-rata dari mereka menjawab berdoa, fokus, belajar sebelum ujian. Selanjutnya "saya menanyai diri saya sendiri tentang apa yang telah saya baca atau tentang aktivitas kelas" saya beri nilai 3. Aspek yang selanjutnya "saya membuat catatan yang Bagus di dalam kelas" ketika saya melihat catatan mereka,  tulisan mereka masih kurang rapih karena masih sd jadi saya beri nilai 2. Pertanyaan selanjutnya " anak-anak apakah setelah belajar disekolah kalian buka lagi catatannya dirumah? " mereka rata-rata menjawab tidak dan jarang. Pertanyaan selanjutnya "apakah pelajaran dari awal sampai akhir menyambung ?" mereka menjawab tidak dan kadang-kadang.  Saya memberikan contoh ke mereka jika ibu guru /bapak guru tidak masuk ke kelas apa yang kalian lakukan? " mereka menjawab bermacam macam ada yang duduk saja,  ngobrol, jajan, baca buku, dan main hp. Pertanyaan yang ke sepuluh jika di kasih soal atau pertanyaan apakah kalian langsung menjawab mereka rata-rata?menjawab tidak dan kadang-kadang. Pertanyaan ke 11 "jika sebelum ujian apakah kalian belajar? " ada yang menjawab tidak,  selalu,  dan ya. Pertanyaan yang terakhir "ketika sedang belajar apakah kalian sambil dengerin musik atau yang lain? " ya. Ada yang menjawab sambil dengerin musik, santai,  makan.


Dapat disimpulkan bahwaanak-anak di pengajian al adzkar itu masih perlu lagi dibangkitkan semangat nya dalam belajar, untuk meningkatkan semangat belajar anak dapat menggunakan strategi yang baik dalam penyampaian dalam pembelajaran.

@choyei


0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.