4 tahun yang lalu
Oleh: Bayu Wahyu Aji

Penting memberikan Pelajaran kehidupan dengan alam pada usia dini

Kemampuan Naturalis adalah kapasitas untuk mengenali dan mengelompokkan fitur tertentu di lingkungan fisik sekitarnya, seperti binatang, tumbuhan, dan kondisi cuaca. Cara meningkatkan kecerdasan naturalis ialah dengan cara memelihara hewan favorit, tingkatan frekuensi melihat acara-acara mengenai program flora dan fauna, serta menahan diri untuk tidak merusak lingkungan seperti mencoret meja, menginjak rumput kantor, memetik bunga yang sedang tumbuh.

Kecerdasan naturalis perlu diajarkan dan ditanamkan sejak dini agar terbentuk karakter individu yang natural dan cinta alam. Karakter Individu bersifat abstrak. Karakter merupakan ciri pribadi yang melekat pada diri setiap manusia. Jika pada diri individu karakter positif sudah terbentuk sejak kecil, nantinya akan terbentuk pribadi yang berkompeten.Dengan metode kecerdasan naturalis dan menghadapkan individu pada lingkungan, maka secara tidak langsung akan melatih kepekaan dan membuat individu akan tertarik mempelajari mengenai alam dimana ia berada

Saya telah menyebarkan instrumen kedapatan 10 anak di kelas 5 SD. Yang pertama saya tanyakan apakah mereka dapat cermat mengamati pola-pola di alam. Dan saya memberikan pertanyaan kepada mereka, teman-teman apakah kamu tau alam yang berbentuk lingkaran apa saya. Dan hanya ada 7 dari 10 anak yang dpt menjawab.  Lalu yang ke dua saya memberikan pertanyaan, teman-teman bisa sebutkan 3 contoh hewan yang berkaki dua apa aja. Dan ada hampir semua nya dapat bisa menyebutkan nama-nama hewan nyam dan yang terakhir saya memberikan pertanyaan kepada mereka tentang apakah mereka memahami sistem buatan manusia dan alam. Saya memberikan pertanyaan kepada mereka, teman-teman tahu tidak alam buatan manusia itu apa, kalo tahu contoh nya apa. Dan hanya ada 4 dari 10 anak mengetahui apa contoh dari alam buatan manusia itu. 

Jadi, kesimpulan yang saya dapat dari instrumen yang saya sebarkan kali ini ialah. Bahwa anak-anak di zaman sekarang ini harus lebih banyak di perkenalkan tentang alam di sekitar kita ini. Dan harus di ajarkan pula bagaiman cara merawat dan melindungi alam kita ini. Karena tangan alam kita di masa depan nanti ialah anak-anak kita kelak yang akan menjaga nya dan melindungi nya. 

@choyei

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.