loader

Komunitas IQRO salah satu penggiat Literasi di Garut

5 hari yang lalu

"Yang berbahaya ketika literasi rendah adalah semakin tingginya minat berkomentar"


Hal inilah yang terjadi di lingkungan kita hari ini terutama daerah garut dan umumnya di Negri ini.

Indikator rendahnya literasi ini dapat kita rasakan terutama pada saat ini di mana kita sedang menghadapi momentum pemilu.

Menjelang momentum ini kita dapat lihat betapa banyaknya orang-orang termakan isu hoak yg sengaja di ciptakan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

Selain itu kita sudah jarang sekali melihat orang kalau berbicara itu logis, kritis dan bertingkah etis bahkan parahnya lebih suka mengedepankan emosi ketimbang diskusi.

Budaya- budaya semacam ini sudah hampir hilang terutama dikalangan Mahasiswa dan pelajar yang notabennya sebagai kaum intelektual organik dan juga sebagai agen perubahan.

Berangkat dari keresahan-keresahan inilah sekelompok anak muda dari bagendit Garut yang di prakarsai oleh Azman Maulana dan yang lainnya terdorong untuk melakukan gebrakan sebagai tanggung jawab sosialnya dengan membentuk suatu komunitas bernama IQRO.

Komunitas ini di bentuk selain untuk menumbuhkan budaya literasi di garut di harapkan menjadi wadah baik bagi pelajar dan masyarakat untuk mengembangkan minat dan bakatnya .

Kegiatan komunitas ini dapat kita jumpai di alun - alun Garut setiap hari sabtu mereka rutin menggelar diskusi dan membuka lapak baca bagi para pengunjung dan warga Garut.


Selain menggelar diskusi dan taman baca mereka juga aktip melakukan bakti sosial dan yang lainnya.

Komunitas ini terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung dan terlibat dalam setiap gerakannya .

(Susandi)

2 Komentar

Silahkan login untuk berkomentar.