loader

UAS PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP

2 bulan yang lalu


Nama : Nia Puspitasari

NPM : 20188310033


Bismillahirrohmanirrohim…….

Kali ini saya akan membahas tentang ide dan upaya yang dapat dilakukan untuk melindungi lingkungan dunia dari dampak akibat kemajuan teknologi.


Saat ini bila membahas mengenai teknologi tidak akan ada habisnya, karena banyaknya penemuan-penemuan teknologi terbaru, semakin canggih dari tahun ke tahun, tak perlu tahun bahkan perbulan mungkin sudah terupgrade. Jadi, ide yang terpikirkan oleh saya yaitu melalui pendidikan lingkungan. Dimana teori mengenai lingkungan hidup diajarkan, menjelaskan dampak yang akan terjadi jika menyalahi aturan, menjelaskan bagaimana hal yang harus dilakukan, dan mempraktekkan apa yang sudah dipelajari.


Ide-ide untuk upaya melindungi lingkungan hidup, sebagai berikut:

  1. Lakukan pada lingkungan sekitar rumah terlebih dahulu, dengan mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan tempat tinggal mereka. Bisa saja mengajak mereka dalam pembuatan mol, yang akan membawakan banyak manfaat untuk lingkungan.


  1. Mengurangi pembangunan rumah kaca, yang dapat berdampak buruk jangka panjang bagi dunia seperti global warming yang semakin terasa dampaknya saat ini.


  1. Pengendalian pada tahap investasi

Mengapa perlu dilakukan? Karena investasi di Indonesia tinggi sehingga pertumbuhan industri yang kuat. Hal ino tidak ada keseimbangan dengan keandalan aparat pengendalian dan perizinan untuk mengevaluasi teknologi yang akan digunakan. Dampak yang terjadi banyaknya penggunaan bahan baku, energi dan air serta munculnya emisi hasil ikutan dan limbah yang tidak akrab dengan lingkungan. Sehingga diperlukannya pengendalian dalam investasi.


  1. Menghentikan penggunaan bahan berbahaya yang secara nasional dilarang untuk digunakan, jika masih dilanggar maka hentikan paksa dengan mencantumkan Undang-Undang.


  1. Tidak melakukan kegiatan proyek di kawasan-kawasan kritis, karena dapat merusak kemampuan fungsi dari elemen daerah tersebut (seperti air, udara dan tanahnya), dapat merusak spesies yang berada di kawasan tersebut. Jika sudah terjadi pada kawasan kritis maka perlu dilakukan penambahan program untuk meningkatkan pelestarian kawasan tersebut.


Pengendalian pencemaran lingkungan dapat dilaksanakan dengan maksimal jika ilmu pengetahuan dan teknologi diterapkan berdampingan dengan komitmen terhadap tegaknya moral dan etika.


@choyei

1 Komentar

Silahkan login untuk berkomentar.