loader

Ujian akhir semestar PLH

2 bulan yang lalu

Nama : Dita Nur Yulianti

Npm:  20168300028

Ide -ide  dan upaya cerdas dalam menjaga dan mewujudkan sumberdaya alam

      Pertama Membuat Sebagai informasi Tahun ini, Hari Lingkungan Hidup Sedunia mengusung tema yang bernama “Connect with Nature” dan akan diwujudkan beserta dirayakan di seluruh dunia. “Connect with Nature” memiliki misi untuk mengajak penduduk bumi berinteraksi dengan alam, mengenali, dan menikmati keindahan alam sehingga tergeraklah keinginan untuk melindungi bumi. 

         Ide ke dua dwngan  aksi nyata kita bersama dapat diawali dengan menjalankan prinsip Reduce, reuse, recycle. Kurangi sampah, Gunakan Kembali serta Daur Ulang sampah,

      Ketiga yaitu    Membuat dengan kaji terap Teknologi Biofiltrasi dan Ultrafiltrasi."Teknologi ini dapat meningkatkan kualitas air baku yang tercemar limbah domestik, untuk  selanjutnya diolah menjadi air siap minum. Semoga teknologi ini dapat menjadi solusi permasalahan ketersediaan air minum yang layak dan bersih secara nasional,”

      Ke empat memiliki inovasi dan layanan teknologi yang dapat diterapkan demi pelestarian lingkungan. Seperti pengembangan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) yang efisien, mudah, dan murah pengoperasiannya dengan kualitas air hasil olahan yang memenuhi baku mutu lingkungan. “Inovasi tersebut tak hanya dilakukan di gedung-gedung milik BPPT sendiri namun harus juga dipakai oleh beberapa industri di Jabodetabek dan di perkantoran.

    Kelima ,Membuat kearifan lokal masyarakat dalam pengelolaan sumberdaya  alam dan lingkungan di pedesaan. Yang dimaksud  adalah Kearifan lokal yang berkembang di masyarakat pedesaan  merupakan hasil dari kebiasaaan masyarakat setempat atau kebudayaan masyarakat sebagai bentuk adaptasi terhadap alam dan lingkungan tempat tinggalnya. Masyarakat menggunakan cara-cara tersendiri untuk mengelola alam dan lingkungan. Kebiasaan-kebiasaaan itu kemudian membentuk dengan apa yang disebut dengan kearifan lokal. Kearifan lokal mengandung nilai, kepercayaan, dan sistem religi yang dianut masyarakat setempat.         

@choyei
@ani marlina



0 Komentar

Silahkan login untuk berkomentar.