5 tahun yang lalu
Oleh: isya nurul fathia

Ujian Akhir Semester PLH

Nama : isya nurul fathia

npm : 20168300009

Teknologi diciptakan manusia untuk membantu meringankan segala aktivitas kehidupannya demi kesejahteraan manusia itu sendiri. Banyak sekali pemanfaatan teknologi yang berguna bagi kehidupan manusia, sebagaimana telah dijelaskan. Namun sebaliknya IPTEK juga akan berdampak buruk apabila manusia justru menyalahgunakannya.

Karena begitu pentingnya peran lingkungan sehingga harus dijaga dari kerusakan lingkungan hidup.Perlu dilakukan berbagai upaya untuk menjaga keseimbangan lingkungan hidup ini. Berikut adalah beberapa kegiatan positif yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari- hari sebagai upaya menjaga keseimbangan lingkungan :

1. Mengurangi penggunaan bahan kimia pencemar lingkungan

 Contohnya dalam penggunaan kantong plastik di dalam kehidupan sehari-hari dan menggantinya dengan cara membawa kantong/tas belanja dari rumah yang dapat digunakan berkali- kali

2. Menghemat dalam penggunaan kertas di kehidupan sehari hari  Dalam kehidupan sehari- hari manusia sangat sering menggunakan kertas kemudian menghasilkan tumpukan kertas bekas yang tidak terpakai lagi. Lebih baik melakukan daur ulang terhadap kertas bekas tersebut sehingga dapat dimanfaatkan lagi dan mengurangi produksi kertas baru.

3. Membiasakan sejak dini untuk menanam pohon 

4. Membuat penyuluhan kepada masyarakat tentang bahayanya pupuk kimia. Dengan memberitahu dan memberikan penyuluhan tentang cara pembuatan pupuk organik dari sampah dapur rumah tangga. Atau cara pembuatan Mikro Organisme Lokal, yang jauh lebih baik digunakan.

5. Menghilangkan kebiasaan membuang sampah di sungai. Membuang sampah di sungai dapat mencemari air sungai Selain itu juga akan berdampak negatif terhadap ekosistem di air. 

@choyei
@ani marlina 

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.