5 tahun yang lalu
Oleh: Adhitya pratama

UJIAN AKHIR SEMESTER ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR

Nama : Adhitya Pratama

NPM   : 20178300013


Pengaruh Sosial Budaya Terhadap Perilaku Warga Indonesia dalam Perspektif:


A. Pendidikan dan Teknologi

Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekumpulan manusia yang diwariskan dari satu genereasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran, pelatihan, dan penelitian. Teknologi adalah berbagai keperluan serta sarana berbentuk aneka macam peralatan atau sistem yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi manusia. ISBD memiliki pengaruh penting dalam pendidikan dan teknologi. 

Sebagai contoh, di sekolah atau dalam lingkungan pendidikan kita harus  disiplin, jujur, tanggung jawab, sopan terhadap guru, dan lain-lain. Hal itu akan mudah untuk dilakukan  jika kita sudah terbiasa dalam lingkungan keluarga maupun sosial atau dengan kata lain hal di atas sudah menjadi budaya yang kita terapkan sebagai individu. Begitu juga dalam hal teknologi, ilmu sosial dan budaya dapat membuat seseorang menggunakan teknologi dengan bijak. Karena, meskipun fungsi dari teknologi adalah untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi manusia, teknologi juga dapat berdampak buruk jika disalahgunakan atau tidak digunakan dengan semestinya.


B. Bahasa

Ilmu sosial budaya dasar memiliki pengaruh terhadap bahasa. Di Indonesia terdapat banyak bahasa yang beragam dan berbeda pada setiap daerahnya, bahkan mungkin  dalam 1 daerah juga terdapat sedikit perbedaan bahasa. Hal itu tentu dapat meyulitkan dalam berkomunikasi jika dilakukan menggunakan bahasa daerahnya masing-masing. Hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar agar apa yang kita bicarakan dapat dimengerti oleh lawan bicara kita. Akhir-akhir terdapat orang-orang yang mencampur bahasa indonesia dengan bahasa-bahasa lain (bahasa gaul) dalam berbicara sehingga tidak sesuai dengan bahasa indonesia yang baik dan benar, hal itu tentu akan menjadi budaya yang tidak baik dan dalam hal inilah sosial budaya berperan agar kita membudayakan berbicara menggunakan bahasa indonesia dengan benar.


C. Politik

Politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Dalam proses pembuatan keputusan tersebut harus mempertimbangkan aspek sosial dan budaya.


D. Agama

Dalam setiap agama yang ada di Indonesia pasti terdapat budaya yang beraneka ragam. Misalnya dalam agama islam saat perayaan idul fitri, terdapat kegiatan-kegiatan yang menjadi sebuah budaya seperti membagi makanan kepada tetangga, berkunjung ke rumah saudara ataupun pergi mudik untuk silaturahmi, dan lain-lain. Begitu juga pada agama lain dalam setiap hari besar keagamaannya masing-masing dengan budaya yang berbeda-beda. Dalam hal ini, sosial budaya berperan agar kita sebagai manusia dapat saing menghormati kepercayaan, tradisi, budaya agama yang dianut orang lain.


E. Lingkungan

Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada disekitar manusia yang memengaruhi kehidupan manusia. Oleh karena, itu sosial dan budaya memiliki pengaruh terhadap lingkungan karena pada suatu lingkungan pasti terdapat aktivitas sosial yang di dalamnya terdapat suatu kebudayaan. 

Manusia dan lingkungan memiliki hubungan timbal balik yang dimana jika manusia menjaga kelestarian lingkungan,  maka lingkungan akan memberikan tempat untuk kelangsungan segala aktivitas manusia, dan hal itu tergantung dari sosial dan kebudayaan manusia yang terdapat pada suatu lingkungan tersebut. Jadi, apabila suatu budaya di suatu lingkungan baik, maka akan baik dampaknya untuk lingkungan tersebut. 



@animarlina

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.