10 bulan yang lalu
Oleh: Siti Julfa

Usaha Pertahanan Keseimbangan Lingkungan

Secara umum, pertahanan adalah reaksi dari suatu badan terhadap sebuah serangan, dan melalui ekstensi segala cara dan langkah-langkah identifikasi dan pengukuran risiko atau bahaya, demikian pula dengan perlindungan dan/atau tanggapan.  Sementara itu, Keseimbangan lingkungan atau sering disebut juga dengan keseimbangan ekologi adalah hubungan kompleks antara organisme hidup dan kondisi lingkungan yang menjadi tempat tinggalnya. Di alam, konflik dapat muncul ketika spesies-spesies makhluk hidup merebutkan sumber daya alam yang dikonsumsi.

Kondisi akan semakin parah ketika jumlah sumber daya alam terbatas dan tidak mencukupi. Dengan begitu, akan terjadi persaingan antar spesies untuk bertahan hidup. Selain itu, jumlah sumber daya yang terbatas akibat kerusakan lingkungan yang ditimbulkan oleh aktivitas manusia juga mempengaruhi rantai makanan makhluk hidup yang ada. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan risiko kepunahan berbagai spesies hewan maupun tumbuhan yang ada di lingkungan. Pada akhirnya, alur rantai makanan yang terganggu juga akan berdampak pada kehidupan manusia.

Oleh sebab itu, segala usaha dalam ranga pertahanan keseimbangan lingkungan harus senantiasa dilakukan oleh manusia. Hal ini karena apabila manusia tidak melakukan hal tersebut maka dampak negatifnya akan kembali kepada manusia itu sendiri. Adapun beberapa usaha yang harus dilakukan manusia untuk mempertahankan keseimbangan lingkungan adalah :

1.          Menjaga dan melestarikan lingkungan;

2.          Menggurangi penggunaan bahan kimia;

3.          Memilah (mendaur ulang) sampah;

4.          Menghemat penggunaan kertas; dan

Menghindari penggunaan alat yang memiliki kandungan CFC.

#TugasIAD8

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.