10 bulan yang lalu
Oleh: Dera

Masalah Lingkungan Dan Upaya Mengatasinya

Di zaman modern ini akibat teknologi semakin canggih maka semua sudah dalam berbentuk kemasan instan baik itu makanan, minuman bahkan pakaian sekalipun sehingga dapat membantu manusia dalam melakukan semua kegiatan dengan cepat. Namun dengan adanya sesuatu dalam bentuk kemasan itu malah menjadikan sebuah masalah dalam lingkungan dikarenakan banyaknya sampah akibat sesuatu yang berasal dari kemasan instan itu. Dan hingga akhirnya di zaman sekarang grafik masalah lingkungan semakin meningkat. Melihat dari kejadian itu, kita dapat menyimpulkan bahwa pemerintah hanya ingin negaranya maju dalam bidang teknologinya saja namun mereka tidak memikirkan dampak dari ciptaannya itu. Terlebih lagi sekarang akan diciptakannya Artifisial Intelligent (AI) dimana nantinya guru sudah tidak akan dianggap lagi sebagai sumber dalam mencari ilmu pengetahuan, karena nanti semua ilmu pengetahuan yang tidak kita pahami dapat kita cari melalui AI ini.

Ibu Iis selaku guru Pendidikan Lingkungan Hidup mengatakan bahwa sudah banyak sekali masalah-masalah yang terjadi di Indonesia namun tidak masuk dalam akal pikiran kita. Contohnya seperti pengimporan bahan makanan pokok yaitu beras. Sudah kita ketahui kan bahwasanya Indonesia itu memiliki tanah yang sangat subur sehingga dapat dimanfaatkan manusia untuk menanam padi. Dan sudah diakui oleh negara lain pun bahwa Indonesia ini merupakan negara penghasil beras terbaik di seluruh Asia. Tetapi akibat teknologi yang maju, maka sekarang Indonesia malah mengimpor beras dari negara lain dikarenakan sekarang pesawahan sudah dijadikan sebagai pabrik untuk menghasilkan kebutuhan-kebutuhan yang berbentuk kemasan instan itu, karena dengan itu manusia akan menggunakan teknologi yang ada. Namun tanpa disadari bahwa makanan yang berbentuk kemasan instan itu banyak sekali mengandung zat kimia dan jikalau dikonsumsi secara terus-menerus itu dapat membuat rusak organ-organ yang ada pada tubuh kita.

Bukan hanya pesawahan saja, sekarang juga hutan-hutan dihilangkan dan akan diganti menjadi tempat wisata atau juga menjadi ladang untuk mencari uang, makanya tidak heran jikalau banyak hewan yang berkeliaran ke permukiman manusia dikarenakan mereka tidak punya tempat untuk berlindung. Contohnya seperti di pulau Kalimantan, kita tahu bahwa pulau Kalimantan itu terkenal karena banyak sekali hutan-hutan dan menjadi salah satu pulau yang kaya akan sumber daya alamnya, namun akhir-akhir ini hutan yang ada di pulau Kalimantan berubah menjadi lahan yang ditanami pepohononan sawit sehingga tidak aneh ketika banyak sekali berita yang mengatakan bahwa banyak sekali hewan-hewan seperti ular maupun buaya masuk ke permukiman manusia.

Dan yang paling mengkhawatirkan, di zaman sekarang bukan hanya makanan instan saja yang dapat merusak tubuh kita melainkan juga banyaknya polusi yang diakibatkan oleh kendaraan yang kita gunakan sehari-hari. Manusia di zaman modern ini bisa kita sebut sebagai manusia pemalas, sebab untuk ke tempat yang dekat saja mereka enggan untuk berjalan kaki dan memilih untuk menggunakan kendaraan padahal ketika kita berjalan kaki itu dapat mengurangi polusi udara. Tetapi untuk mengatasi masalah itu pemerintah sekarang mengeluarkan kendaraan listrik yang dimana kendaraan tersebut tidak akan mengeluarkan sebuah asap yang dapat menjadi polusi udara. Lagi dan lagi mobil listrik itu merupakan suatu hasil dari kemajuan teknologi sekarang.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa semua masalah yang muncul di zaman sekarang ini akibat mengikuti perkembangan teknologi yang ada dan juga akibat manusia yang haus akan uang. Dan manusia tidak akan menyesali perbuatannya jikalau manusianya itu belum terkena dampaknya. Seperti sekarang banyak pepohonan yang ditebang sehingga ketika hujan akan terjadi banjir dan juga dizaman sekarang tidak ada lagi lahan untuk menanam padi sebab karena pesawahannya dijadikan sebuah pabrik, disitulah suatu saat nanti manusia akan menyadari bahwa untuk makan mereka perlu beras bukan uang. Emang uang bisa membeli segalanya namun jikalau tidak ada tempat untuk memproduksi beras tersebut mereka akan beli kemana.

 #tugasiad14

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.