10 bulan yang lalu
Oleh: Dera

Industrialisasi

Perkembangan pada bidang IPTEK semakin hari semakin berkembang dan itu dapat memberikan manfaat yang sangat luar biasa bagi kelangsungan hidup manusia. Mereka menganggap bahwa dengan adanya IPTEK ini dapat memberikan solusi pada setiap masalah yang ada dan juga dengan adanya IPTEK telah membebaskan mereka dari suatu kesengsaraan, sebab mereka meyakini bahwa dengan berkembangnya IPTEK itu akan memberikan kesehatan, kebahagian dan kesejahteraan pada hidup mereka.

Menurut Ibu Ratna selaku guru ekonomi, beliau mengatakan bahwa dengan adanya IPTEK itu dapat membantu kelangsungan hidup manusia. Banyak sekali kebutuhan-kebutuhan pada kehidupan sehari-hari yang sudah terpenuhi dengan adanya IPTEK ini. Contohnya seperti kebutuhan pangan, sandang dan papan. Kebutuhan pangan ini merupakan kebutuhan yang paling utama pada setiap manusia, sebab kebutuhan pangan ini berkaitan dengan makanan dan minuman. Dengan adanya teknologi yang berkembang, maka manusia di zaman sekarang tidak perlu repot-repot untuk mencari makanan bahkan minuman sebab semuanya sudah tersedia dalam bentuk kemasan yang cepat untuk disajikan. Kemudian kebutuhan sandang, yang dimana kebutuhan ini juga diperlukan dalam kehidupan manusia karena ini berkaitan dengan pakaian yang akan dikenakan oleh manusia. Dan dengan adanya teknologi yang canggih ini manusia tidak perlu susah-susah untuk membuat pakaian dari bulu hewan sebab sekarang sudah ada alat untuk membuat pakaian dari kain yang berasal dari hewan maupun tumbuhan. Lalu kebutuhan papan, kebutuhan ini tidak kalah penting dari kebutuhan pangan maupun sandang sebab kebutuhan ini berkaitan dengan tempat tinggal manusia. Pada zaman sebelum adanya IPTEK yang berkembang, manusia tidak memiliki tempat tinggal yang tetap, namun semenjak IPTEK berkembang mereka mulai hidup menetap dan membangun rumah serta dengan adanya kecanggihan teknologi maka mereka dapat membangun rumah secara bertingkat-tingkat.

Selain itu, IPTEK juga ternyata mempengaruhi peranan pada pendayagunaan sumber daya alam yang ada pada alam semesta ini. Contohnya seperti batu bara. Dulu sebelum ada teknologi yang canggih, kita menganggap bahwa batu bara adalah sesuatu yang tidak ada manfaatnya sebab berasal dari sisa-sisa tumbuhan yang sudah mengalami pembusukan. Akan tetapi, ketika teknologi sudah semakin canggih ternyata batu bara itu merupakan sumber daya alam yang kaya akan manfaatnya sehingga pada zaman sekarang manusia-manusia selalu menggunakan batu baru sebagai tenaga pembangkit listrik. Karena pada dasarnya di zaman sekarang ini tidak ada manusia yang tidak membutuhkan listrik. Tanpa adanya listrik hidup manusia akan menjadi kesusahan sebab semua alat-alat yang ada di rumah mereka semuanya sudah menggunakan listrik.

Jadi, Ibu Ratna memberitahukan kepada kita sebaga generasi muda penerus bangsa bahwa IPTEK itu akan terus membantu kita dalam melaksanakan kegiatan kita dan juga dapat memenuhi kebutuhan kita jikalau kita dapat menggunakan IPTEK dengan sebaik-baiknya. Namun beliau memberikan peringatan kepada kita bahwa IPTEK juga dapat menjerumuskan kita kedalam suatu kejahatan jikalau kita tidak dapat menggunakannya dengan baik.

#tugasiad13

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.