10 bulan yang lalu
Oleh: Leli Hidayati

Manfaat Kimia untuk Kehidupan Berkelanjutan


Kimia merupakan ilmu tentang materi, sifatnya, strukturnya, perubahan/reaksinya serta energi yang menyertai perubahan tersebut. Kimia secara khusus dibagi menjadi beberapa bidang utama, yaitu: kimia analisis, kimia organik, kimia anorganik, kimia fisik, dan biokimia.

Kimia mengkaji sifat zat, dan secara khusus mempelajari reaksi yang mentransformasi satu zat menjadi zat lain. Kimia menyediakan pedoman untuk menyesuaikan sifat-sifat zat yang ada agar dapat memenuhi beberapa kebutuhan atau penerapan khusus dan menciptakan bahan yang benar-benar baru yang dirancang sejak awal agar memiliki sifat tertentu yang diinginkan. Melalui semua keberhasilan itu, kimia telah memberi andil yang luar biasa dalam perbaikan produk pertanian, pengendalian penyebaran penyakit, peningkatan produksi energi, dan penurunan pencemaran lingkungan.

Bahan-bahan kimia sangat mempengaruhi kehidupan kita, maka ilmu kimia sudah pasti menjadi salah satu bidang paling berjaya yang amat penting hingga saat ini. Tanpa disadari, bahan kimia telah digunakan secara luas dalam kehidupan sehari-hari. Kegunaan bahan kimia akan terus meningkat dan manusia akan sentiasa memerlukan bahan baru.

Ada beberapa manfaat kimia di beberapa aspek, antara lain :

Ø  Bidang Pertanian

Dalam bidang pertanian ini ilmu kimia sangat penting karena digunakan untuk mengatasi berbagai masalah dan memecahkan masalah, mulai dari pembuatan pupuk, pencegahan hama, dan masalah pertanian lainnya. Ilmu kimia juga penting untuk meningkatkan kesuburan tanah dan bagaimana cara tepat pemberian nutrisi yang dibutuhkan tanaman agar para petani dapat memanen tanaman dengan lebih baik.

Ø  Bidang Kesehatan dan Farmasi

Dalam bidang ini ilmu kimia memiliki peran sentral atau sangat penting sekali. Ilmu kimia digunakan untuk memudahkan para Dokter atau Ahli dalam melakukan diagnosis penyakit, ilmu kimia mempelajari masalah genetika untuk metode pengobatan keehatan, misalnya membuat alat cuci darah bahkan ilmu kimia juga penting untuk bekal ahli membuat materi sintesis tulang dan gigi. Bahkan di masa pandemi Covid-19 ilmu kimia sangat berperan penting terhadap penyembuhan penyakit-penyakit.

Ø  Bidang Industri

Ilmu kimia ini bermanfaat di bidang peternakan dimana ilmu kimia dapat melinuni hewan ternak dari berbagai penyakit dam ilmu kimia digunakan untuk melakukan pengolahan limbah, misalnya dari kotoran dan juga mengolah hasil ternak.

Ilmu kimia ini sangat penting bagi keberlanjutan hidup manusia, karena zat-zat kimia yang ada dan juga yang akan dikembangkan mampu untuk membantu pengolahan berbagai macam hal di berbagai bidang kehidupan manusia.  


#TUGASIAD11

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.