10 bulan yang lalu
Oleh: Leli Hidayati

Fisika dan Perkembangannya juga Manfaat yang Didapat Dalam Perubahan Positif Seseorang

Dalam era sekarang ini, untuk memahami fisika modern kita harus mengenali kejadian-kejadian penting dalam perkembangan ilmu fisika sepanjang sejarah. Fisika pada awalnya berkembang dari dunia filosofi dimana manusia terus memperhatikan benda-benda disekitarny berinteraksi, kenapa benda yang tanpa disangka jatuh ke bawah, kenaa benda yang berlainan memiliki sifat yan berlainan juga, dan sebagainya. Sehingga fisika berawal bukan dai eksperimen yang sistematis melainkan melalui pengamatan, pengalaman dan pemikiran yang terbatas.

Ø  Periode pertama (pra sejarah sd. 1550 M)

Pada periode ini sifatnya tidak sistematis dan jauh dari ketelitian, spekulatif dan metafisik. Pengetahuan yang dibangun mencakup astronomi yang dihubungkan dengan astrologi, matematika dan teknologi sederhana.

Ø  Periode kedua (1550 M – 1800 M)

Dimulai ketika Galileo sebagai pencetus metode ilmiah dimana ilmu dikembangkan berdasarkan pengamatan dan percobaan. Pengembangan sains dititik beratkan pada teori baru gerak planet oleh Newton yang meneruskan kerja Galileo terutama dalam bidag mekanika menghasilkan hukum-hukum gerak yang sampai sekarag masih dipakai, Fisika Panas, Gelombang Cahaya, dan Kelistrikan.

Ø  Periode ketiga (1800 M – 1890 M)

Periode ini dimulai dari tahun 1800an. Konsep fisika yang mendasar sering kita kenal dengan fisika klasik. Dalam periode ini fisika berkembang dengan pesat terutama dalam mendapatkan formulasi-formulasi umum dalam mekanika, Fisika Panas, Listrik-Magnet dan gelombang, yang masih dipakai sampai saat ini.

Ø  Periode keempat (1890 M – Sekarang)

Perode ini ditemukan fenome-fenome yang tidak bisa dijelaskan melalui fisika klasik. Hal ini menuntu pengembangan konsep fisika yang lebih mendasar lagi yang disebut fisika modern. Dalam periode ini dikembangkan teori-teori yang lebih umum yang mencakup masalah yang berkaitan dengan kecepatan yang sangat tinggi (relativitas) atau yang berkaitan dengan partikel yang sangat kecil (kuantum).

Denga perkembangan fisika yang begitu pesat manfaat yang kita dapatkan adalah bahwa fisika membantu kita memudahkan segala pekerjaan kita yang berkaitan dengan teknologi contohnya terkait kelistrikan, di zaman dahulu belum ada listrik yang memadai sehingga penerangan-penerangan masih sangat kurang, di zaman sekarang dengan perkembangan fisika kita mampu untuk mendapat cukup terkait pencahayaan dari cahaya yang dialirkan melalui kelistrikan kepada lampu-lampu yang dihubungkan melalui kabel-kabel listrik. Fisika membantu kita semua untuk bangkit dari teknologi yang seadanya kepda teknologi yang lebih canggih sehingga memudahkan segala lingkup gerak manusia dalam berprogres. Lalu, ketika kita belajar fisika maka kita juga akan mampu menghargai teknologi-teknologi yang kita gunakan di kehidupan sehari-hari kita seperti internet, kamera, ponsel, dan lain-lain karena itu semua ditemukan dan dikembangkan oleh fisika.


#TUGASIAD10

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.