11 bulan yang lalu
Oleh: Jihan Zahra Permana

Fisika : Energi, Frekuensi dan Getaran Serta Manfaat dalam Perubahan Seseorang

ENERGI

        Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan kata "Energi" atau bisa kita bilang "Kekuatan". Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti menggunakan energi. Dalam konsep fisika Energi dapat didefinisikan yaitu kemampuan untuk melakukan usaha (kerja) atau melakukan suatu perubahan.  Beberapa jenis Energi dalam fisika yang kita temukan dalam sehari-hari diantaranya :

  1. Energi Kinetik : Energi yang disebabkan oleh gerak suatu benda yang memiliki massa atau berat. Kalau dalam penerapan kehidupan sehari-hari bisa kita contoh kan seperti ketika sedang mengendarai sepeda motor dengan kelajuan konstan, bermain bola dan bolanya menggeliding di tanah, ataupun ketika membantu ibu menjaga adik di dorongan bayi. Manfaat energi Kinetik yang dapat dimanfaatkan manusia salah satunya adalah untuk menggerakkan alat pengolah makanan.
  2. Energi Potensial (Energi Potensial Gravitasi) : Energi yang tersimpan pada benda karena kedudukan atau posisi benda terhadap titik acuannya. Biasanya ketinggian benda diukur dari permukaan tanah.  Penerapan energi potensial ini dapat kita lihat pada peristiwa jatuhnya buah apel dari ketinggian pohon. Manfaat Energi Potensial : Energi potensial gravitasi yang memiliki sejumlah kegunaan praktis, terutama untuk pembangkit listrik tenaga air pada pumped-storage hydroelectricity (PHS) atau hydroelectric energy storage (PHES) yaitu jenis penyimpanan energi hidroelektrik yang digunakan oleh sistem tenaga listrik untuk penyeimbangan beban. Energi potensial gravitasi juga digunakan untuk menyalakan jam di mana beban yang jatuh mengoperasikan mekanisme tersebut. Ini juga digunakan oleh penyeimbang untuk mengangkat lift, derek, atau jendela sorong. Penggunaan praktis lainnya adalah memanfaatkan energi potensial gravitasi untuk turun, misalnya menuruni bukit dengan mengendarai transportasi seperti turunnya mobil, truk, kereta api, sepeda, pesawat, atau bisa kita lihat pada turunnya fluida dalam pipa. Dalam beberapa kasus, energi kinetik yang diperoleh dari energi potensial yang menurun dapat digunakan untuk mulai menaiki tanjakan berikutnya seperti yang terjadi saat jalan bergelombang dan sering turun. Komersialisasi energi yang tersimpan (dalam bentuk gerbong rel yang dinaikkan ke tempat yang lebih tinggi) yang kemudian diubah menjadi energi listrik saat dibutuhkan oleh jaringan listrik, sedang dilakukan di Amerika Serikat dalam sistem yang disebut Advanced Rail Energy Storage (ARES).
  3. Energi Mekanik : Energi total yang dimiliki oleh semua benda yang bergerak dengan kecepatan tertentu sekaligus berada pada kedudukan (posisi) tertentu terhadap titik acuannya.  Manfaat energi Mekanik yaitu sebagai PLTA, untuk menggerakkan kendaraan, menggerakkan kincir angin, bermain gitar, permainan ayunan, mesin-mesin pabrik, penggunaan kereta UAP dan sebagainya.


FREKUENSI

        Frekuensi merupakan laju pengurangan yang sama dan jumlah siklus suatu gelombang atau suatu osilasi atau vibrasi lain per detik. Atau sederhananya frekuensi dapat diartikan sebagai jumlah getaran dalam satu detik. Dalam dunia fisika, frekuensi sangat dibutuhkan terkait permasalahan didunia komunikasi, seperti telepon, tv, radio dan sebagainya. Frekuensi dilambangkan dengan huruf (f) dan satuan Hertz (Hz). Jadi, pada dasarnya 1 Hertz yaitu sama dengan satu gerakan atau satu gelombang listrik dalam satu detik (1 Hertz = 1 gelombang per detik)

        Jenis-jenis Frekuensi dalam fisika :

  1. Frekuensi Radio
  2. Frekuensi Audio


GETARAN

        Dalam KBBI, getar merupakan kata benda yang memiliki makna "gerak berulang-ulang dengan cepat. Seperti tali, biola, per, jarum jam yang tersentuh. Sedangkan berdasarkan informasi Britannica, getaran adalah gerakan bolak-balik berperiode dari partikel sebuah benda. Getaran bolak-balik ini ada yang teratur, ada juga yang tidak teratur. Simpelnya, berdasarkan informasi dari National Institue On Deafness And Other Communication Disorders, lembaga asal Amerika yang bergerak di bidang penelitian masalah komunikasi, gelombang suara bisa terdengar oleh kita, berkat berbagai gendang telinga yang bergetar dan kemudian mengirim getaran ke bagian-bagian telinga lainnya. Manfaat getaran dalam kehidupan sehari-hari misalnya untuk membuat timbre pada alat musik (seperti gamelan), sarana komunikasi, melihat janin dengan sistem USG, mengukur kedalaman laut dan lain sebagainya. 


#tugasiad10

1 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.