5 tahun yang lalu
Oleh: Emiliana isam

SOSIAL DAN KEBUDAYAAN JAWA TIMUR

Jawa timur merupakan salah satu provinsi yang terletak di bagian timur pulau jawa dengan ibu kotanya adalah surabaya. Provinsi jawa timur terdiri dari 29 kabupaten dan 9 kota.

Wilaya jawa timur dibatasi oleh laut jawa di utara, selat bali di timur, samudra hindia di selatan dan provinsi jawa tengah di barat. Jawa timur juga merupakan provinsi dengan wilaya terluas di pulau jawa.

Jawa timur memiliki dua kebudayaan yaitu jawa dan madura, yang kemudian dibagi lagi menjadi beberapa sub kebudayaan yang antara lain jawa-malangan, jawa-timuran, dan jawa-madura.

Bahasa daera yang ada di daera jawa timur sangat dipengaruhi oleh adanya suku yang terdiri dari suku jawa, madura,tengger dan tengger. Mayoritas masyarakat disana memeluk agama islam, dan minoritasnya adalah kristen, katolik, hindu dan budha.

Selain penduduk asli, ternyata ada pula pendatang yang mendiami wilaya jawa timur, misalnya dari tionghoa, arab dan juga suku bali.

Jawa timur juga sangat terkenal dengan kebudayaannya yang unik. 

Rumah adat jawa timur dikenal dengan nama joglo situbondo. Sebutan joglo mengacu pada bentuk atapnya yang menyerupai gunung. Masyarakat jawa timur percaya bahwa gunung merupakan tempat yang tinggi dan disakralkan, karena dianggap suci dan tempat tinggal para dewa.

Selain rumah adat joglo sitibondo ternyata dibeberapa daera yang ada di provinsi jawa timur juga ditemukan beberapa rumah adat diantaranya rumah adat sumenep, rumah adat pamekasan serta rumah adat bangkalan. 

Hampir semua rumah adatnya memiliki karakter tersendiri. Namun semuanya juga memiliki  beberapa kesamaan yaitu, semua pintunya dihiasi dengan ukiran yang bertujuan untuk menolah bala, atapnya yang menyerupai gunung/tajug, pendopo sebagai tempat untuk menyambut tamu, 2 jengger ayam pada bagian atap rumah yang berhadapan untuk mengingatkan penghuni rumah akan kematian, serta ada juga halaman yang sangat luas sebagai tempat berlangsungnya upacara adat, tempat untuk menjemur hasil panen serta tempat bermain untuk anak- anak. 

Selain rumah adat juga terdapat senjata tradisional seperti clurit sebutan untuk sabit, keris dan juga bulding yang menyerupai pisau.

Adapun alat musik khas provinsi jawa timur yaitu gamelan, bonang, angklung reog dan juga trompet reog. Alat musik ini biasa dimainkan saat upacara-upacara adat, seperti perkawinan, kinatan, serta di pertunjukan festival budaya.

Pakaian khas jawa timur dilkenal dengan nama baju pesa'an yang merupakan baju kaos bergaris merah dan putih serta celana hitam longgar. Pakaian ini juga di lengkapi dengan ondeng santapan, ondeng tapongan, sarung batik, dan juga ikat pinggang khas madura. Adapun pakaian mantenan yang biasa digunakan oleh pengantin pria dan wanita saat upacara perkawinan.

Sampai saat ini di daera madura masih ditemukan alat transportasi tradisional yang dikenal dengan nama dokar madura. 

Selain itu ada beberapa kesenian daera yang ada di jawa timur antara lain:

Karapan sapi

Tari remo

Tari reog ponorogo

Tari topeng malangan

Dan ada beberapa tari adat lainnya.

Jawa timur juga sangat terkenal dengan makanan khasnya yaitu pecel lele, rujak cingur, brem, gethuk pisang, rawon, dan juga nasi becek.

Sampai saat ini di daera madura masih ditemukan adanya dokar madura yang merupakan salah satu alat transportasi tradisional madura. 

Di jawa timur juga terdapat beberapa bentuk peninggalan kerajaan hindu dan budha seperti candi panataran, patung dewa ganesah, serta arca airlangga.

Selain yang disebutkan diatas, masih banyak lagi bentuk- bentuk kebudayaan yang ada di jawa timur.


2 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.