5 tahun yang lalu
Oleh: prayogatirtayasa

" Education For Sustainable Development (EFSD) "

Ketidak terkendalinya populasi manusia baru yang membuat ketidak seimbang dengan produktivitas keadaan alam disekelilingnya atau disekitarnya. Dan perkembangan IPTEK yang semakin maju dihasilkan malah semakin merusak, dan mengganggu kestabilan alam. Oleh karena itu, ini dibuat untuk membentuk manusia yang semakin berkembang semakin melestarikan, memelihara dan menciptakan teknologi-teknologi ramah lingkungan ( mengarah ke Sustainable Developmant)

Kesadaran akan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) menjadikan keterikatan akan kepedulian pada daya dukung sistem alam dengan tantangan sosial yang dihadapi oleh umat manusia pada umumnya dan warga Negara Indonesia yang pada khususnya. Keterlibatan sektor pendidikan dalam pengembangan konsep sustainable development telah dirumuskan oleh berbagai pakar pendidikan yang salah satunya adalah konsep pendidikan untuk pengembangan berkelanjutan (Education for Sustainable Development – EfSD)

EfSD disini adalah suatu pendidikan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan, yaitu pendidikan yang memberi kesadaran dan kemampuan kepada semua orang terutama pada generasi mendatang untuk berkontribusi lebih baik bagi pengembangan berkelanjutan pada masa sekarang dan yang akan datang.

EfSD ini sangat menekankan kepada 3 pilar yaitu ekonomi, ekologi, dan sosial. Ketiga aspek tersebut saling beririsan, dan tidak terpisah-pisah. 

Contohnya :  kesehatan dan kesejahteraan masyarakat tergantung pada lingkungan yang bersih sebagai tempat untuk memenuhi kebutuhan mereka seperti mendapatkan makanan dan sumber daya, air bersih, dan udara bersih. Berkelanjutan berarti berpikir tentang masa mendatang, di mana lingkungan, masyarakat dan ekonomi menjadi pertimbangan sehingga diperoleh keseimbangan dalam pengembangan dan upaya meningkatkan kualitas hidup. 


EfSD itu pertama kali diperkenalkan oleh seorang mantan rektor United University yaitu Prof.Dr.Hans J. A. Van Ginkel.

EfSD ini lahir dilatarbelakangi dengan kondisi dunia kontemporer yang menghadapi persoalan makin kompleks dan mengarah pada situasi chaos. Hal ini terlihat dari makin meningkatnya pertumbuhan populasi dunia melebihi kapasitas produktivitas natural bumi. Semakin cepatnya perkembangan komunikasi dan transportasi, melahirkan sejumlah masalah besar dalam hal globalisasi, perdagangan, lingkungan, pembangunan, dan kemiskinan. Melalui EfSD diharapkan terbangun kapasitas komunitas atau bangsa yang mampu membangun, mengembangkan, dan mengimplementasikan rencana kegiatan yang mengarah kepada sustainable development.


FUNGSI dan MANFAAT EfSD :

Terbangun kapasitas komunitas/bangsa yang mampu membangun, mengembangkan, dan mengimplementasikan rencana kegiatan yang mengarah kepada sustainable development, yaitu kegiatan yang mendukung pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan dengan mempertimbangkan ekosistem.

Mendidik manusia agar sadar tentang individual responsibility yang harus dikontribusikan, menghormati hak-hak orang lain, alam dan diversitas, dapat menentukan pilihan/keputusan yang bertanggungjawab, dan mampu mengartikulasikan semua itu dalam tindakan nyata.

Menumbuhkan komitmen untuk berkontribusi dalam mewujudkan kehidupan yang lebih baik, dunia yang lebih aman dan nyaman, baik sekarang maupun di masa mendatang.

EfSD juga memiliki tujuan yaitu pembangunan/pengembangan yang mampu memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.

Agar terciptanya pembangunan berkelanjutan yang bisa membuat masyarakat cinta linkungan diperlukan Isu Strategi EfSD yang dapat di lakukan Indonesia, yaitu:

Pendidikan akhlak mulia dari usia dini s/d perguruan tinggi.

Ketahanan pangan dalam negeri

1. Tersedianya bibit unggul dan pupuk organik

2. Konservasi lahan pangan

3. Perbaikan lahan pertanian

Upaya melestarikan lingkungan hidup telah menjadi tugas bersama dalam menjaga keberlangsungan pembangunan Indonesia di masa depan. Peran pendidikan sebagai upaya penyadaran bagi warga masyarakat memegang peranan yang penting dalam membantu masyarakat pada berbagai tingkatan umur untuk tumbuh dan berkembang melalui berbagai fasilitasi dan dukungan sehingga mampu mengelola lingkungan fisiknya dalam mencapai kesejahteraan social.


Trimaksh' semoga bermanfaat ☺️☺️

@choyei

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.