2 tahun yang lalu
Oleh: Elin Ismalasari

Sumber Daya Alam Desa Babakan Sadeng, Bogor

Sumber daya alam ( SDA) adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Sumber daya alam ini dibagi menjadi dua bagian yaitu biotik dan abiotik. Sumber daya alam nonhayati atau yang sering disebut dengan abiotik yaitu sumber daya alam yang bersifat mati, contohnya seperti batu tanah dan lain-lain sedangkan sumber daya biotik atau hayati yaitu sumber daya alam yang merupakan makhluk hidup seperti tumbuhan, hewan dan manusia.

Kini ada lima kategori yang dianggap termasuk kedalam sumber daya alam yaitu energi, materi, lahan, waktu, dan keanekaragaman.

Pada artikel-artikel sebelumnya saya sudah pernah menjelaskan bagaimana kondisi keanekaragaman desa yang saya tempati sejak kecil, pada artikel kali ini saya akan menuliskan bagaimana Sumber daya alam yang ada di desa babakan sadeng berdasarkan pengetahuan saya dan hasil wawancara saya kepada salah satu aparat desa.

Desa Babakan Sadeng, merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor. Banyak sumber daya alam yang terdapat didesa ini yang masih dapat dimanfaatkan oleh masyarakatnya, dimana karena masih banyaknya lahan yang kosong, dan terdapat perairan dan hutan yang luas didesa ini. Masyarakat masih dapat memanfaatkan sumber daya tersebut, oleh sebab itu mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani dan pekebun. Adapun yang dihasilkannya dari persawahan dan perkebunan yaitu bahan pokok makanan yaitu gandum, jagung, buah jambu,pisang,dll. selain itu sumber daya alam di sungai yang dapat dimanfaatkan sebagai perairan dan jenis ikannya.

@Choyei

Elin Ismalasari (20188300040)

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.