2 tahun yang lalu
Oleh: Nita Paoziah

Sumber Daya Alam di desa Sukajaya

Sumber daya alam di Desa Sukajaya


Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Sumber daya alam ini dibagi menjadi dua bagian yaitu biotik dan abiotik. Sumber daya alam nonhayati atau yang sering disebut dengan abiotik yaitu sumber daya alam yang bersifat mati, contohnya seperti batu tanah dan lain-lain sedangkan sumber daya biotik atau hayati yaitu sumber daya alam yang merupakan makhluk hidup seperti tumbuhan, hewan dan manusia.

Kini ada lima kategori yang dianggap termasuk kedalam sumber daya alam yaitu energi, materi, lahan, waktu, dan keanekaragaman.

Desa Sukajaya adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor dengan luas wilayah kurang lebih 250 hektar. Di desa masih cukup banyak sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakatnya contohnya luasnya lahan persawahan hutan dan perkebunan. Masyarakat Desa Sukajaya mayoritas bekerja sebagai petani dan pekebun.

Dari pemanfaatan sumber daya alam di Desa Sukajaya ini menjadi sumber pemasukan dana untuk desa dan masyarakat sekitar. Contohnya masyarakat memanfaatkan aliran sungai cipamingkis dijadikan sebagai objek wisata dan begitupun dengan air terjun yang ada di Desa Sukajaya. selain itu pihak pemerintah Desa Sukajaya juga memanfaatkan tanah milik perhutani untuk ditanami berbagai macam pepohonan dan sebagian dijadikan perkebunan gandum. Semoga saja sumber daya alam yang ada di Desa Sukajaya dapat dimanfaatkan dan dilestarikan dengan baik.


@choyei

#tugasplh3

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.