5 tahun yang lalu
Oleh: Erwanda Nur Khofifah

Manusia dan Lingkungan


Manusia hidup berdampingan dengan alam dan lingkungan di sekitarnya. Mereka juga berinteraksi dengan lingkungan fisik, baik itu biotik maupun abiotik. Manusia itu sendiri memiliki arti sebagai makhluk ciptaan Tuhan dengan segala fungsi dan potensinya yang tunduk kepada aturan hukum alam, mengalami pertumbuhan, perkembangan, mati, dan seterusnya. Sedangkan lingkungan dapat diartikan sebagai sarana tempat manusia tinggal dan hidup di dalamnya. Manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungannya. 

Manusia dan lingkungan memiliki hubungan mutualisme atau saling menguntungkan satu sama lain. Dengan adanya lingkungan, manusia terbantu kebutuhan hidupnya, dan dengan adanya manusia, lingkungan menjadi lebih terjaga dan terawat. Kecintaan manusia terhadap lingkungan merupakan faktor pembangkit daya kreativitas untuk menciptakan karya baru yang lebih bermanfaat yaitu melalui IPTEK. Dengan IPTEK, manusia dapat melakukan usaha untuk menjaga lingkungan, namun pemanfaatannya juga harus ramah lingkungan. 

Namun, ternyata IPTEK tidak seramah yang manusia kira. Banyaknya pembangunan merupakan contoh dari IPTEK yang tidak ramah lingkungan karena pembangunan membutuhkan lahan yang luas dan lahan tersebut diperoleh dengan menebang pohon atau meratakan tanahnya agar lahan tersebut kosong dan dapat dibangun. Jika hal tersebut terus terjadi, maka lingkungan dan alam akan rusak. Selain itu, banyak manusia yang mulai tidak peduli dengan lingkungannya sendiri. Membuang sampah tidak pada tempatnya, membuang limbah rumah tangga sembarangan, merupakan contoh kecil dari ketidakpedulian manusia terhadap lingkungan. Mungkin jika hanya satu manusia yang melakukan hal tersebut tidak akan berdampak banyak terhadap lingkungan. Namun jika sebagian besar manusia melakukan hal tersebut, maka lingkungan akan rusak. Jika sehari saja sebagian manusia membuang sampah ke sungai atau di sembarang tempat, maka apa yang terjadi jika dilakukan dalam sebulan bahkan tahunan? Akan terjadi pemumpukan sampah di sungai atau gorong-gorong yang menyebabkan banjir dimana-mana. Selain itu juga udara menjadi tidak sehat karena bau sampah yang dibuang sembarangan oleh manusia.

Oleh karena itu, sebagai manusia kita harus senantiasa menjaga lingkungan sekitar kita. Kita tidak dapat memberhentikan pembangunan untuk mencegah kerusakan alam yang lebih besar, namun kita dapat melakukan hal hal kecil untuk menjaga lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, mendaur ulang sampah plastik, dan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Karena perubahan dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu.

1 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.