5 tahun yang lalu
Oleh: Imas Nurrahmasari Putri

Manusia dan Lingkungan

Manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang memiliki akal, jasmani dan rohani.  Dalam hubungannya dengan lingkungan, manusia merupakan suatu oganisme hidup. Dimana terbentuknya pribadi seseorang itu dipengaruhi oleh lingkungan bahkan dapat dikatakan, setiap orang berasal dari satu lingkungan. 


Sedangkan lingkungan sendiri merupakan suatu media dimana makhluk hidup tinggal, mencari penghidupannya,dan  memiliki karakter  serta fungsi  yang  khas  yang mana terkait secara timbal balik dengan keberadaan makhluk hidup yang menempatinya,   terutama   manusia   yang   memiliki   peranan   yang   lebih kompleks dan rill.


Manusia hidup pasti mempunyai hubungan dengan lingkungan hidupnya. Pada mulanya, manusia mencoba mengenal lingkungan hidupnya, kemudian barulah manusia berusaha menyesuaikan dirinya. Lebih dari itu, manusia telah berusaha pula mengubah lingkungan hidupnya demi kebutuhan dan kesejahteraan. Dari sinilah lahir peradaban sebagai akibat dari kemampuan manusia mengatasi lingkungan agar lingkungan mendukung kehidupannya. Pada hakikatnya, manusia dan lingkungan sangat berhubungan erat, manusia tidak mampu memenuhi kebutuhannya apabila tidak ada lingkungan.


Namun seperti yang kita amati saat ini, negara kita telah mengalami perkembangan IPTEK yang mana sangat berpengaruh terhadap lingkungan baik dalam hal positif maupun negatif. Dengan berkembangnya IPTEK dapat pula berpengaruh dalam pola pikir manusia terhadap sesuatu, sehingga dapat dikatakan sebagai pola pikir yang modern. Dengan berkembangnya IPTEK saat ini memang sangat memudahkan atau mempercepat seseorang dalam melakukan sesuatu. Namun apabila seseorang tidak dapat memanfaatkan berkembangnya IPTEK dengan baik maka akan berdampak pada sesuatu hal yang negatif. Sehingga dengan berkembanya IPTEK inilah setiap orang dituntut dapat memanfaatkannya dengan baik. 

@choyei

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.