2 tahun yang lalu
Oleh: Subandoyo

INDONESIA MENJADI MACAN DUNIA JIKA GURU, DOSEN, USTAD BERDEDIKASI DAN BERKOLABORASI


Menurut saya, Indonesia akan maju, tak peduli seberapapun tekanan, persaingan dan pertentangan politik di negeri ini, karena apa?  Karena manusia indonesia itu keren, karena para guru dan dosen masih berjuang di depan kelas menjadi pejuang utama memajukan manusia Indonesia.

Para ustad dan kiayi mengajari santri berbudi pekerti dari dini hari, subuh, pagi, sore sampai larut malam. Mengajari santri  membaca kitab, melatih logika, mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan disiplin tingkat tinggi.

Tidak banyak profesi yang istimewa perannya seperti para guru dalam pengertian yang luas. Coba perhatikan profesi apa  sih yang lebih berpeluang menebarkan kebaikan berbagi ilmu selain para guru.   Menjadi guru seperti memperoleh berkah berbagi ilmu, karena bahkan  setiap hari para guru diberi kesempatan untuk berbagi ilmu, menanam investasi pengetahuan kepada peserta didik.

Semua guru pada semua semua jenjang  pendidikan, dan tentu saja apalagi guru guru yang mengajar murid disabilitas itu sungguh  keren.  Bahkan para Guru TK dan PAUD sesungguhnya sedang membuat landasan karakter yang akan bermafaat bagi murid sepanjang hidupnya?.  apa yang disebut dengan  membangun long term memory dimulai dari masa belia

 

Guru Usia Dini Yang Ajaib

Guru usia dini berpean besar mempengaruhi karakter anak, Apakah anak tumbuh menjadi penyabar, pemarah, empati, dan baik hati sangat ditentukan oleh kualitas pendidikan pada fase pendidikan ini. Sungguh krusial artinya, tak bisa tergantikan pendidikan  usia dini. Saking pentingnya pendidikan usia dini  diibaratkan seperti membangun bangunan berlantai banyak, maka fase pendidikan anak usia dini adalah menancapkan tiang pancang, berguna untuk menopang kehidupan di masa depan.  Menjadi manusia yang kokoh, kuat, berkarakter dan juga hangat, empati, penuh cinta dimulai dari PAUD.

Alangkah bahagianya menjadi guru PAUD, mari homati, sayangi dan beri kesempatan lebih luas untuk membuat anak anak indonesia, bahagia ceria, dan melihat masa depan lebih optimis!


Guru Sekolah Dasar Yang Keren

Guru Sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah memberi dasar dasar pengetahuan. Mengajari anak memahami makna tulisan, memahami perilaku yang juga penting bagi kehidupannya. Sekolah dasar mengajari klasifikasi, mengajari pengetahuan dasar dan keterampilan dasar.

Membaca, menulis dan berhitung akan dibawa terus sampai akhir hayatnya.  Bahagialah para guru yang telah memberi kesan mendalam bagi sisanya, menuliskan kata kata baik di memory dan kenanganan anak anak.   Setiap anak adalah investasi kehidupan, peradaban, dan kemanusiaan, para guru adalah para pelaku utamanya.


Banyak testomoni tentang arti para guru oleh tokoh tokoh besar bangsa. Guru sekolah dasar baik hati yang sudah puluhan tahun ditinggalkan bahkan akan selalu dikenang sepanjang masa, kebaikannya mengalir sampai ke akhir jaman

Guru SLTP dan STLA Mengajari Alam Bekerja

Demikian pula guru SLTP dan SLTA. Mengajak anak mengenal cakrawala lebih luas, memahami bagaimana alam bekerja, memahami keragaman suku bangsa, hubungan internasional dan berbagai pengetahuan, etik tentang hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.  Sekolah mengajarkan pengetahuan, kesadaran, rasa suka, rasa cinta dan keterampilan hidup.

Kompetensi lanjutan diajarkan di SLTP dan SLTA agar manusia manusia Indonesia menjadi sangat keren keren. Berarti para guru menjadi bagian dari Indonesia keren itu. Hanya dengan membangun manusia Indonesia keren maka Indonesia akan keren.   Alam yang  kaya, strategis dan indah ini harus dikelola oleh orang orang keren, hasil pendidikan keren oleh guru guru yang keren.


Hanya itu pilihannya, menjadi guru yang keren, bukan guru biasa biasa saja.        

Dosen Idaman Membuat Masa Depan Tak Suram

Dan tentu saja sangat berutung yang mendapat kesempatan menjadi dosen.  Kesempatan yang tidak dimiliki banyak orang. Dosen hidupnya penuh hadiah kebaikan, mereka diberi peran mengelola orang orang dengan usia emas. Dosen mempunyai puluhan atau ratusan mahasiswa yang setiap saat dapat menjadi partner diskusi. Mereka adalah  para agen of change yang  rela membayar jutaan rupiah untuk mendengarkan para dosen bicara.  Mereka mengabiskan waktu, uang tenaga dan fikiran untuk hadir di kelas kelas belajar.  Mereka yang seperti membuat kontrak belajar pada fase hidup yang  menarik secara fisik bernas secara pikiran, sehat jasmani dan rohani.

Para dosen adalah orkestra perubahan, para dirigen membangun Indonesia, jadi bahagialah para dosen yang membuat setiap detiknya bermakna.

Betapa stategisnya peran guru dan dosen di semua tingkatan untuk membangun manusia Indonesia menjadi manusia yang bertakwa, berwawasan luas, memiliki kecakapan, berkarakter dan dapat menjadi pemimpin beradaban dunia, mewujudkan perdamaian dunia dan masyarakat adil makmur.

Semangat membangun Indonesia, semangat menjadi negara keren kelas dunia dengan guru yang berdedikasi dan berkolaborasi dengan peran peran lain di Indonesia.

#klipaabercerita

#elearning       

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.