2 tahun yang lalu
Oleh: Subandoyo

DARURAT KEKURANGAN WEB PEMERINTAH KAMPUNG DI PAPUA, DAN PELUANG BISNIS RESELER JASA PEMBUATAN WEBSITE


Banyak  desa di papua atau dikenal dengan nama kampung  sangat asri, natural dan cantik.    Salah satunya dapat dilihat pada banyak kampung di pantai Biak Numfor.  Pulau yang terpisah oleh selat dari   Papua Besar, merupakan gugus karang yang sangat cantik pantainya, kebiruan dan bahkan sebagiannya kehijauan penampakan airnya.

Mandi di pantai waterbasis, di bekas hotel Marau, di Ujung timur pulau Baik, berenang di danau biru dan  banyak spot wisata lainnya di Biak Numfor sangat menyenangkan. Saking bening dan keren kualitas air lautnya, mandi berlama lama di pantai pun badan  tidak terasa lengket, tidak seperti mandi di pantai  pulau jawa yang  sering berasa lengket di badan.  

Jika pada banyak tempat wisata lain yang sudah padat penduduk, dengan mudah kita mencari berbagai penampakan obyek wisata di internet.  Air terjun di pegunungan, keindahan panorama yang terpencil sekalipun dengan mudah dapat kita cari di internet. Di Pulau Jawa misalnya, banyak sekali penyuka wisata yang memfoto lokasi lokasi unik, tempat tempat wisata tersembunyi. Mereka mendokumentasi lokasi lokasi wisata dengan kemampuan fotografi bagus. Foto foto lokasi wisata tersebut kemudian diupload di IG, facebook,  Koran online, atau menjadi status di WA.   Dengan foto itu lokasi wisata menjadi lebih trend dan banyak dikunjungi, walau kadang setelah para wisatawan datang sebagian kecewa karena image dari internet   kadang lebih baik dan indah dari aslinya. 

Sebaliknya banyak spot wisata indah  yang bertebaran di papua tidak terpublikasi di dunia maya.  Spot spot indah tersebut tidak banyak terekspose di internet, bahkan sekalipun terekspose jumlahnya sedikit, dan sering kurang menggunakan teknik fotografi yang baik, sehingga obyek wisata pantai yang sangat bagus, jernih dan menawan kadang di internet  tampak seperti pantai biasa-biasa. 

Mungkin karena bagi penduduk lokal pantai yang jernih, hutan yang terawat, atau rombongan burung nuri di atas pohon ramai, kakatua bebas beterbangan di depan mata, eksotisme gunung adalah hal biasa biasa yang mereka temui sehari hari.  Padahal bagi orang luar papua keindahan tersebut sangat keren.

Sayangnya tidak banyak desa atau kampung di papua maupun papua barat yang mempunyai website untuk  yang menampilkan keindahannya desa atau kampungnya.  Tentu kesulitannya adalah karena sebagian besar desa di papua kurang bagus sambungan internetnya, luasnya pulau, sebaran penduduk yang berjauahan dengan alam yang cenderung bergunung gunung sangat menyulitkan komunikasi via intenet pada sebagian besar kampung di Papua maupun Papua Barat.

Tapi itu sebenarnya bukan masalah, sama sekali bukan masalah teknis untuk membuat website kampung, karena  masalah tersebut sangat mudah diatasi.

Website tidak hanya diperlukan oleh desa atau kampung yang mempunyai akses internet, justru karena tidak mempunyai akses internet maka kampung harus menceritakan keindahan, potensi dan masalahnya dengan website.

Foto, artikel, video tentang desa dapat dibuat tanpa jaringan  intenet di desa. Cukup mempunyai handphone yang dengan kualitas bagus, kemudian berkeliling pada spot spot menarik di desa. Kita bisa mengabil foto pantai, foto gunung atau merekam kegiatan berladang dan berkesenian di desa atau kampung. Penduduk setempat dapat melakukannya, pada siang hari atau pada sore hari agar kualitas fotonya bagus. Warga kampung atau pemerintahan kampung dapat meminta bantuan pendamping desa/pendamping kampung atau dinas kominfo untuk membuatkan website, atau kepada petugas kecamatan untuk membuatkan website.

Data untuk isi web dapat dikumpulkan sendiri oleh warga kampung dan tinggal dikirim via Whatsapp ketika  pergi ke kota. Selanjutnya foto dan video tinggal diupload  ke dalam website di ibukota kecamatan atau ibukota kabupaten.

Sangat mudah dan praktis sebenarnya membuat web di jaman ini, sekedar membutuhkan perangkat handphone untuk photo-photo dan membuat video, selebihnya minta bantuan pendamping desa atau aparat pemerintahan.

Kami  dari tim klipaa.com pernah membantu membuat website Kampung Fanjur Distrik Supiori Utara  Kabupaten Supiori, walaupun sinyal sangat kurang baik. Data data yang diberikan dari kampung kami upload ke dalam website desa fanjur di klipaa.com di dekat kantor Bupati. Web kampung fanjur  Kecamatan Supiori Utara eksis sampai hari ini.

Klipaa juga memberikan solusi instan untuk desa desa di papua yang gak mau ribet, males membuat domain sendiri tapi ingin eksis. Cukup menghubungi klipaa.com kirimkan datanya ke admin klipaa.com.  Segala kesulitannya kami yang selesaikan.

Sesungguhnya masalah darurat website pemerintahan kampung di papua bisa jadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan bagi yang ingin membantu desa desa atau kampung di papua lebih eksis.  Peluang bisnis bagi para orang orang yang mempunyai relasi baik dengan desa desa di papua, atau yang sering jalan-jalan ke pedalaman papua. Bisnis ini menarik juga bagi pengusaha  papua yang tinggal  di ibukota kabupaten, umumnya para kepala kampung menginap di hotel saat pencairan dana desa,  atau saat para kepala kampung rapat di kabupaten. Pada saat itulah  momentum untuk menawarkan jasa pembuatan website pemerintahan kampung secara cepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Kepala kampung tinggal menyerahkan foto foto aparatur, data desa, foto foto pemandangan alam di desa, foto kegiatan kegiatan dimasing-masing desa. Dokumen RPJMK, foto foto rehab rumah, video keindahan alam, atau bisa dilengkapi dengan foto sekolah, foto kegiatan berburu, foto kegiatan di pantai dan banyak foto lainnya.

Bisnis ini tidak perlu kemampuan membuat web karena saat ini sudah banyak bertebaran para penyedia jasa pembuatan website  professional, bisa membuat web sendiri atau bergabung bersama portal desa nasional, klipaa.com.  Agar lebih praktis, bisnis ini bahkan tidak perlu mengupload apapun, kirimkan saja datanya kepada tim klipaa.com kami buatkan dengan harga sangat murah dan pekerjaan cepat.

Cukup kirimkan datanya ke klipaa.com seratus, dua ratus bahkan ribuan web desa bisa dibuat dengan cepat dan mudah, karena tim klipaa.com adalah ahlinya dapat pembuatan webdesa yang sesuai dengan kebutuhan desa agar lebih keren.

Mungkin setelah baca artikel ini, peluang bisnis terbuka, segera bergerak cepat untuk mengambil peluang ini, karena peluang bisnis seringkali tidak datang dua kali, sekali terlambat diambil oleh orang lain, maka kesempatan itu segera hilang

Ayo segera bergerak cepat, manajemen klipaa.com siap membantu! Info lebih lanjut hubungi  WA tim klipaa.com di 081320228673

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.