2 tahun yang lalu
Oleh: Nurhakiki

Upaya Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi


Lingkungan hidup dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang ada di sekitar manusia atau mahkluk hidup lainya yang memiliki hubungan timbal balik dan saling mempengaruhi antara komponen satu dengan komponen yang lain. Menurut UU No. 4 Tahun 1982, tentang ketentuan-ketentuan Pengelolaan Lingkungan Hidup pasal 1 ayat 2 berbunyi Pengelolaan  lingkungan  hidup  adalah  upaya  terpadu  dalam  pemanfaatan, penataan, pemeliharaan,    pengawasan, pengendalian,  pemulihan dan pengembangan lingkungan hidup. Selanjutnya pada Pasal 3 berbunyi Pengelolaan  lingkungan  hidup  berasaskan  pelestarian  kemampuan  lingkungan yang serasi dan seimbang untuk menunjang pembangunan yang berkesinambungan bagi peningkatan kesejahteraan manusia.

Salah satu upaya peningkatan kesejahteraan manusia adalah meningkatnya pertumbuhan ekonomi sehingga meningkat pula kesejahteraan masyarakat.  Pengelolaan dana desa menjadi kunci pertumbuhan ekonomi skala desa.

Tiga fokus anggaran Dana Desa tahun 2021, pertama pemulihan ekonomi nasional (PEN) sesuai kewenangan desa. Ini terdiri dari pembentukan, pengembangan dan revitalisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) / BUMDes Bersama (BUMDesma), penyediaan listrik desa dan 0pengembangan usaha ekonomi produktif, utamanya yang dikelola BUMDes / BUMDesma.

Kedua, program prioritas nasional sesuai kewenangan desa yang meliputi pendataan desa, pemetaan potensi dan sumber daya, pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan desa wisata, penguatan ketahanan pangan dan pencegahan stunting di desa serta desa inklusif. Terakhir ialah adaptasi kebiasaan baru yaitu Desa Aman Covid-19.

Pemanfaatan Dana Desa dalam pandemi Covid-19 ini diarahkan ke Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa untuk 8.045.861 keluarga atau 39.263.802 jiwa.

"Program Padat Karya Tunai Desa dirasakan manfaatnya sebanyak 3.298.041 jiwa," kata Wamen Budi Arie seperti dikutip dari situs Kemendesa PDTT.

Total penerima manfaat langsung Dana Desa 2020 per 30 Desember 2020 sebanyak 42.753.453 jiwa atau 36,23% warga desa lapisan bawah.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat masyarakat lakukan agar bisa ikut berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian nasional.

        1. Tingkatkan kualitas diri

Untuk ikut mendukung peningkatan perekonomian Indonesia, salah satu cara yang bisa dilakukan setiap orang adalah meningkatkan kualitas dirinya masing-masing. Bagi negara yang masih berkembang seperti Indonesia, Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas merupakan aset yang sangat dibutuhkan dalam proses peningkatan ekonomi.

        2. Kelola Sumber Daya Alam (SDA) dengan baik

#222222">Pengelolaan SDA yang baik sebenarnya bisa dimulai dari lingkungan sendiri. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi penggunaan energi dan tidak merusak sumber daya alam yang ada di sekitar kita. 

3. Kembangkan inovasi dalam bidang usaha

Inovasi dalam bidang usaha yang dilakukan start-up maupun Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dapat mempercepat tingkat perkembangan ekonomi nasional. masyarakat pun bisa turut andil dalam hal ini dengan mengembangkan usaha-usaha kreatif dan inovatif yang sesuai dengan kebutuhan konsumen di tanah air.

        4. Memelihara sarana dan prasarana negara

Cara penting lain yang bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan perekonomian Indonesia adalah dengan menjaga sarana dan prasarana yang telah ada di sekitar kita. Jalan raya, jembatan, serta fasilitas umum lainnya merupakan contoh sarana dan prasarana negara yang diperlukan dalam kehidupan kita. Jika rusak, kegiatan ekonomi masyarakat pun akan terhambat. Oleh karena itu, tugas Anda adalah menjaga seluruh sarana dan prasarana yang telah dikembangkan agar tetap utuh dan berfungsi dengan baik. 

        5. Mengikuti perkembangan teknologi modern

di era digital seperti sekarang, mengikuti dan menguasai perkembangan teknologi modern adalah modal penting untuk ikut meningkatkan perekonomian negara. Melalui cara ini, masyarakat bisa mengikuti perkembangan ekonomi global secara lebih cepat. Masyarakat pun akan lebih mudah mengelola sumber daya yang ada untuk dijadikan komoditas menguntungkan.


#tugasiad13

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.