2 tahun yang lalu
Oleh: Chairunnisa Ilmi

Mengenal ISBI, Kampus Nyeni Di Kota Bandung



Apakah kalian tertarik dengan gaya tampil pemuda-pemudi nyentrik dengan make up yang colorfull atau gaya baju dan rambut yang urakan ? Tertarik dengan musik latar angklung, bambu, bahkan saxofon di pelataran tempat kalian nongkrong ? Atau mungkin tertarik untuk bersahabat bersama orang-orang yang wajahnya jauh dari perdebatan ? Bila ya, kalian harus pergi ke kampus ISBI atau Insitut Seni Budaya Indonesia Bandung yang berada di Jalan Buah Batu no 212.

Kampus ini merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang menyelenggarakan program Vokasi, Sarjana, dan Pascasarjana di bidang Seni dan Budaya. Terletak pusat kota Bandung, Jawa Barat.

Seperti namanya, kampus ini hanya menyelenggarakan jurusan seputar seni dan budaya. Terdiri dari 3 Fakultas dengan 10 Jurusan, juga pascasarjana di bidang Penciptaan/Pengkajian Seni. Menjadikan kampus ini sebagai kampus rujukan utama di Jawa Barat bagi para calon mahasiswa yang ingin mempelajari seputar seni dan budaya.

Berdiri sejak tahun 1968 dengan nama KORI (Konservatori Tari), lalu ASTI (Akademi Seni Tari Indonesia) pada tahun 1971, STSI (Sekolah Tinggi Seni Indonesia) pada tahun 1995, dan terakhir ISBI pada tahun 2015. Pergantian nama ini disebabkan oleh pembaharuan kebijakan yang ada di ISBI Bandung.  Contohnya seperti pergantian status kepemimpinan dan penambahan jurusan.

Visi utama ISBI Bandung adalah untuk menjadi Institusi Pendidikan Tinggi Seni Budaya yang berjati diri, berkualitas, dan berdaya saing dalam skala local maupun global. Terbukti dengan prestasinya terutama dibidang Tari, Tata Busana, dan Teater.

Lalu, apa sajakah jurusan-jurusan yang ada di ISBI Bandung ? Simak baik-baik ya, barangkali cocok untuk kamu !

1.       Program Studi Tari – Fakultas Seni Pertunjukan

Untuk kalian yang mencintai dan ingin mendalami seni tari secara praktik maupun teori, ini jurusan yang cocok untuk kalian ! 

Prodi Seni Tari ini lebih contoh ke tarian tradisi terutama dari daerah Sunda  yang terangkum dalam kelompok tari topeng, wayang, keurseus, rakyat, dan lainnya. Disamping itu kalian juga akan mempelajari tarian Bali, Jawa, dan Sumatra (Minang) sebagai materi tambahan. Tambahan materi tentang teori-teori dan manajemen seni juga akan dipelajari guna meningkatkan dan memperkaya pengetahuan mahasiswanya.

Pendidikan yang akan kalian dapatkan di jurusan ini berjenjang S1 dengan gelar S.Sn. adapun kompetensi yang nantinya akan digodok di jurusan ini ialah penelitian, penciptaan (koreografer), dan penyajian karya seni.

Himpunan mahasiswa jurusan tari ini tergabung dalam HIMATA (Himpunan Mahasiswa Tari) yang bisa kalian temui di @himata di Instagram. Biasanya mahasiswa jurusan tari ini memiliki karakteristik yang menyenangkan. Mereka stylish, enerjik, blak-blakan, dan sering menjadi incaran lelaki dari jurusan lain karena keindahan fisiknya.

Kalau ada apa-apa tentang administrasi prodi, silahkan tanyakan lewat e-mail tari@isbi.ac.id

 

 

 

2.       Program Studi Angklung dan Musik Bambu – Fakultas Seni Pertunjukan


Memiliki ketertarikan tersendiri dengan alat music berbahan dasar bambu dan ingin mempelajarinya ? kalian cocok di jurusan ini !

Prodi Angklung dan musik Bambu ini merupakan program studi yang menkhususkan diri pada penguasaan angklung dan music bambu nusantara. Biasanya karakter mahasiswa jurusan ini merupakan sosok yang pendiam, pemikir, namun ketika tampil ia akan mengeluarkan auranya.

Pendidikannya berjenjang D4 dan lulusannya bergelar S.T.Sn. dengan kompetensi Pembawaan (karya aransemen), penciptaan (karya baru, dan organology.

Jurusan ini terbilang cukup baru, pembukaannya sejak tahun 2012/2013.

Pertanyaan atau tanggapan mengenai administrasi prodi bisa kalian tanyakan lewat email musikbambu@isbi.ac.id

Mahasiswa himpunan jurusan ini tergabung dalam HIMABA (Himpunan mahasiswa Bambu) yang dapat ditemui lewat akun ignya @himaba

3.       Program Studi Seni Teater – Fakultas Seni Pertunjukan



Kalian yang ingin mempelajari seni peran dapat mempelajarinya di jurusan ini !

Prodi Seni Teater ini merupakan salah satu jurusan yang mengkhususkan diri pada aktivitas di bidang penelitian/pengkajian seni pertunjukan (skripsi), pemeranan, penyutradataan, penataan artistic, dan penulisan lakon.

Dibuka sejak tahun 1978, Prosi Seni Teater sudah memiliki akreditas A dengan pendidikan berjenjang S1 dan lulusannya bergelar S.Sn.

Karakteristik mahasiswa teater mayoritas dapat berpikir kritis. Mereka tergabung dalam KMT (Keluarga Mahasiswa Teater) yang dapat ditemui di akun instagram @kmt_isbibdg. Mereka biasa maju paling depan ketika ada sebuah kebijakan yang kontroversi di kalangan mahasiswa bersama jurusan karawitan. Mahasiswa jurusan teater ini biasanya easy going, tongkrongannya dimana-mana, edgy, memiliki wawasan seni yang luas, dan memiliki aktivitas padat karena kesehariannya dipenuhi oleh latihan-dan latihan.

4.       Program Studi Antropologi Budaya – Fakultas Budaya dan Media


Bila kalian menyukai bagaimana manusia bisa hidup beserta perkembangan budayanya, kalian harus masuk ke jurusan Antropologi Budaya ini ! Terlebih jika kalian juga menyukai sejarah, isu kemanusiaan, hingga mantra-mantra, Antropologi Budaya lah yang cocok jadi rumah buat kalian.

Prodi ini merupakan salah satu prodi termuda di ISBI Bandung yang diresmikan pada tahun 2015 seiring dengan perubahan nama STSI menjadi ISBI. Memiliki Akreditasi Baik dengan dosen-dosen yang humble dan enak diajak diskusi, terutama dosen filsafat !

Di jurusan ini mahasiswa akan belajar mata kuliah psikologi, etnomusikologi, etnis, religi, mitologi, filsafat, hingga antropologi itu sendiri. Pendidikannya berjenjang S1 dengan gelar S.Sos.

Himpunan mahasiswanya dapat ditemui di dengan nama Rawayan Mahasiswa Jurusan Etnostudi (RAMPES).

Karakteristik mahasiswa jurusan Antropologi Budaya ini biasanya cenderung introvert, pandai mengobservasi, suka jalan-jalan sambil mengamati keadaan sosial, pandai memahami keadaan, dan cukup seru untuk diajak berdiskusi.

Adapun bagi kalian yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang prodi, silahkan berkunjung ke halaman ini https://fbm.isbi.ac.id/index.php/program-studi/antro

5.       Program Studi Televisi dan Film 

– Fakultas Budaya dan Media

Jika kalian memilikii minat pada dunia perfilm-an dari mulai menulis naskah, mengkonsep ide cerita, hingga teknis perekaman dengan kamera, tiada lain adalah Jurusan Televisi dan Film !

Style mahasiswanya berkarakter. Mereka memiliki style tersendiri tanpa melepaskan tas-tas kembung yang berisi seperangkat kamera dan lensanya. Pergaulan mereka cenderung berkelompok dengan sesame rekan jurusannya untuk membicarakan project video yang akan datang.

Kalian yang bercita-cita menjadi seorang produser atau videographer akan sangat senang dengan jurusan ini karena dukungan relasi yang kuat. Mahasiswa dari prodi ini telah memenangkan sejumlah penghargaan perfilm-an dan video pendek yang membuat almamater mereka semakin cerah di kancah perfilm-an.

Namun kalian juga harus siap dengan berbagai biaya yang dibutuhkan agar kalian sukses menggarap sebuah video atau film di jurusan ini. Dari mulai uang SPP yang lumayan menempati kasta tertinggi di kampus ini, peralatan kamera yang mahal, uang nongki setiap malam, hingga uang untuk TA. Tapi tentu saja akan selalu ada jalan untuk mereka yang istiqomah dengan cita-citanya bukan ?

 

 ---

 

Masih ada rangkuman jurusan lain dari mulai Seni Rupa, Seni Murni, Karawitan, hingga Tata Rias dan Busana. Nanti akan saya rangkum di kesempatan selanjutnya ya !

Terimakasih sudah membaca !



*sumber gambar dari instagram mahasiswa ISBI

1 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.