2 tahun yang lalu
Oleh: Chairunnisa Ilmi

Jurusan Antropologi Budaya di ISBI ? Apa tuhh ?


Sebagai mahasiswa semester akhir di jurusan terkait, belum sah jadi alumni rasanya kalau aku belum sama sekali menulis tentang jurusan yang ku masuki pada tahun 2017 ini.

Jurusan Antropologi budaya ini adalah satu dari sekian jurusan seni di ISBI atau Institut Seni Budaya Indonesia Bandung. Terletak di tengah-tengah Kota, tepatnya di Jalan Raya Buah Batu no. 121, Kecamatan Lengkong.

Umurnya masih muda, baru berumur 6 tahun setelah di resmikan pada tahun 2015. Adanya jurusan ini pula lah yang menyebabkan namanya beralih dari STSI (Sekolah Tinggi Seni Indonesia) ke ISBI. Perubahan nama ini seringkali membuat mahasiswa susah dikenali karena masyarakat lebih akrab dengan nama STSI ketimbang nama barunya. Mahasiswa biasanya akan memperjelas bahwa ISBI adalah nama baru bagi STSI.

Menyenangkan ! Bila kalian menyukai bagaimana manusia bisa hidup beserta perkembangan budayanya, kalian harus masuk ke jurusan Antropologi Budaya ini ! Terlebih jika kalian juga menyukai sejarah, isu kemanusiaan, hingga mantra-mantra, Antropologi Budaya lah yang cocok jadi rumah buat kalian.

Karakteristik mahasiswa jurusan Antropologi Budaya ini biasanya cenderung introvert, pandai mengobservasi, suka jalan-jalan sambil mengamati keadaan sosial, pandai memahami keadaan, dan cukup seru untuk diajak berdiskusi.

Pendidikannya berjenjang S1 dengan gelar S.Sos. Tenang saja, soal akreditasi, jurusan ini sudah memiliki akreditas Baik. Dosen-dosen yang sudah malang melintang di dunia kebudayaan akan mendukung karir kalian dengan menyenangkan dari mulai penelitian hingga pekerjaan.

Apa yang dipelajari ?

Di jurusan ini mahasiswanya akan mempelajari mata kuliah psikologi, etnomusikologi, etnis, religi, mitologi, filsafat, hingga antropologi itu sendiri. Sangat menarik bukan ? Bayangkan kalian mempelajari saripati canggihnya kearifan lokal masyarakat adat dan mengaplikasikannya dalam keilmuan dan kehidupan sosial kalian. Atau mengunjungi sebuah daerah dengan kultur urban yang kuat dan terpana dengan aneka perubahannya dalam kacamatan kalian yang telah mempelajari illmu antropologi di jurusan ini.



Jalur masuknya apa aja ?

Berhubung ISBI sudah menjadi Institut negeri, maka jalur masuk utama agar kalian bisa berkuliah di jurusan ini adalah jalur SBMPTN atau SNMPTN. Tentunya ada beasiswa Bidikmisi juga untuk mahasiswa yang datang dari keluarga yang tidak mampu agar masih bisa berkuliah dengan nyaman.

Selain itu, ada juga  Penerimaan Mahasiswa Baru jalur Mandiri. Kalian bisa cari tahu lewat keyword PMB ISBI Bandung.

Apa itu Rampes ?

Himpunan mahasiswanya dapat ditemui di dengan nama Rawayan Mahasiswa Jurusan Etnostudi (RAMPES). Untuk masuk ke Himpunan ini, kalian harus melewati rangkaian acara semacam ospek dengan nama BSM (Bimbingan Studi Mahasiswa). Biasanya Maba ini dituntut untuk melakukan serangkaian kegiatan di kampus dan di alam bersama senior jurusannya.

Prodi : rumah bagi mahasiswa dan dosen
Ada banyak acara dari prodi dan fakultas yang akan membantu mahasiswanya untuk tetap berpengalaman dan memahami materi sesuai jurusannya. Salah satunya adalah Festival Budaya Nusantara yang sudah diadakan beberapa kali. Festival ini cukup semarak hingga pernah mengundang berbagai budayawan nasional dan tokoh yang di hormati di setiap kampung adat di Jawa Barat. Beberapa pertunjukan musikalnya juga sangat berkesan dengan tetap mengusung tema tradisi yang dikawinkan dengan nuansa kekinian.


Fakta unik yang menjadi rahasia umum di jurusan ini adalah, semakin muda jurusan, biasanya lebih menyeramkan pula mahasiswanya. Menyeramkan ? Bagaimana tidak, tiap masuk tahun ajaran baru, jurusan ini makin dipenuhi oleh mahasiswa baru yang sikap kritis, pengetahuan, hingga pengalaman yang jauh lebih baik dibandingkan kakak tingkatnya saat masih maba. Cukup menyeramkan buat saya, mahasiswa semester akhir yang pernah mengulang mata kuliah bersama mahasiswa adik tingkat. Mereka ini lebih aktif dan kritis di kelas, baik itu dalam kelas online maupun offline. Membuat saya, kakak tingkatnya ini harus belajar lebih rajin agar tidak ketinggalan materi yang mereka diskusikan.


Sekian ulasan dari saya, untuk kalian yang ingin mencari tahu lebih lanjut tentang jurusan ini silahkan mampir ke halaman ini.


Bila ada saran, kritik, atau masukan, jangan sungkan untuk bercengkrama di dalam kolom komentar ya !


Semangat untuk mahasiswa yang sedang menyusun skripsi… semangat akuuu ! ^^

 

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.