2 tahun yang lalu
Oleh: Weni Dwi Rosiani

Persipan yang di lakukan untuk warga menghadapi musim penghujan dan kemarau di perumahan Pasir Angin

Persipan yang di lakukan untuk warga menghadapi musim kemarau

1. Efisiensi penggunaan air dan mengupayakan air tidak di buang langsung ke got (menguap percuma) tapi masukkan kembali ke tanah dengan mengaktifkan kembali sumur resapan, lubang biopori, embung. Pengelolaan air wudlu Mushola/Masjid adalah salah satu targetnya.

2. Perbanyak menanan tanaman dengan berbagai wahana untuk mengurangi efek panas dan meningkatkan suplai oksigen. Sebaiknya bila menyiram tanaman dilakukan pada saat matahari mulai terbenam, untuk mengurangi penguapan

3. Kelola sampah terutama yang organik karena mudah membusuk dan membangkitkan bakteri/penyakit dengan menerapkan proses komposting mandiri.

4. Kurangi penggunaan energi (gas, listrik, minyak tanah) secara berlebihan untuk mengurangi panas udara. Matikan listrik saat kita tidur dan masaklah makanan yang cepat matang. Semoga saran kami tersebut bermanfaat bagi bpk/ibu


Persipan yang di lakukan untuk warga menghadapi musim penghujan

1. Cek apakah genting atau plapon dalam kondisi yang baik atau tidak. Jika ada genting yang pecah, retak, atau bergeser posisinya segera ganti atau betulkan karena hal tersebut dapat menyebabkan kebocoran di rumah.

2. Rajin membersihkan saluran air, salah satu terjadinya banjir adalah manfaatnya saluran air kita sebagai warga harus rajin membersihkan saluran air supaya ya tidak terjadinya banjir apa lagi di musim hujan ini.

3. Menghemat energi sehemat mungkin seperti menghemat air, menghemat listrik, membersihkan rumah agar debu hilang, menyiapkan pakaian yang sesuai agar tidak kepanasan.

4. Sedia payung sebelum hujan dan sedia lampu dan lilin sebelum mati lampu

5. Menjaga kebersihan lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya

6. Tetap menjaga kesehatan, pola makan yang teratur, tidur yag cukup dan jangan lupa minum vitamin utuk menjaga kita dari musim hujan ini.


Narasumber : Bapak-bapak RT 15 RW 10 sedang kerja bakti


#UTSIAD

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.