2 tahun yang lalu
Oleh: Wanda Eka Arista

PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE MEET TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 (Bab 2)


Assallamuallaikum Wr.Wb 

Pada artikel kali ini, saya akan melanjutkan Artikel sebelumnya yang berisi Bab 1 (Pendahuluan). Berikut isi Bab 2 (Tinjauan Pustaka)

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

A. Landasan Teori

1. Pembelajaran Daring (E-Learning)

  a. Pengertian Pembelajaran Daring (E-Learning)

  Menurut Vaughan Waller dalam Munir, e-learning adalah proses pembelajaran secara efektif yang dihasilkan dengan cara menggabungkan penyampaian materi pembelajaran secara digital yang terdiri dari dukungan dan layanan dalam belajar. Rusman, dkk e-learning adalah segala aktivitas belajar yang menggunakan bantuan teknologi elektronik. E-learning juga dapat diaplikasikan dalam pendidikan konvensional dan pendidikan jarak jauh.

  Kamarga dalam Suharyano menyatakan e-learning sebagai kegiatan belajar yang disampaikan melalui perangkat elektronik komputer yang memperoleh bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhannya. Di kemukakan juga oleh Rusman mendefenisikan e-learning sebagai aplikasi teknologi web dalam dunia pembelajaran untuk sebuah proses pendidikan.

  Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-learning adalah suatu proses pembelajaran dengan menggunakan seperangkat alat-alat elektronik sebagai sumber dan media penunjang agar terlaksananya proses kegiatan belajar mengajar yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu.

b. Manfaat Pembelajaran Daring (E-Learning)

  E-learning mempermudah interaksi antara mahasiswa dengan bahan atau materi pelajaran. Dosen dapat menempatkan bahan-bahan ajar dan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh siswa di tempat tertentu di dalam web untuk diakses oleh siswa. Secara lebih rinci, manfaat e-learning dapat dilihat dari dua sudut, yaitu: 

1. Dari sudut mahasiswa : E-learning memungkinkan berkembangnya fleksibilitas belajar yang tinggi. Artinya, siswa dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat secara berulang-ulang.

2. Dari sudut Dosen : E-learning banyak memberikan manfaat bagi Dosen, terutama yang berkaitan dengan:

a. Lebih mudah dalam melakukan pemutakhiran bahan-bahan belajar yang menjadi tanggung jawabnya.

b. Mengontrol kegiatan belajar Mahasiswa

2. Aplikasi Google Meet

a. Pengertian Google Meet

  Google Meet merupakan aplikasi yang dapat menunjang kebutuhan komunikasi di manapun dan kapanpun dengan bayak orang tanpa harus bertemu fisik secara langsung. Aplikasi ini untuk video conference, dengan mudah dapat di install pada perangkat:

1. PC (Personal Computer) 

2. Laptop 

3. Smartphone Android

  Aplikasi ini sangat cocok sekali untuk melakukan Video Conference, dengan ringanya bandwidth yang digunakan, tidak ada iklan di aplikasi tersebut, serta tidak terlalu banyak memakan resource memory jika dijalankan di Android atau PC. Untuk melakukan registrasi, cukup memasukan email dihalaman utama website Google Meet, dan nanti akan mendapatkan email notifikasi Aktifasi Account, dan selanjutnya ikuti langkahnya.

  Jika menggunakan PC atau Laptop, setelah melakukan registrasi account, nanti akan ditunjukan Top Up link download file .exe dan silahkan diinstall (support di windows dan linux menggunakan wine). Jika menggunakan Smartphone Android, bisa mengunduhnya di PlayStore dengan keyword "Google Meet " . Jika ingin melakukan Confrence secara bersama-sama, bisa melakukan invite atau bisa juga dengan menginformasikan "ID Meeting" kepada rekan. 

  Jadi begitulah aplikasi Google Meet, dapat mempertemukan banyak orang di dalam satu ruang aplikasi, serta mempermudah dan mempersingkat waktu pertemuan. Maka dari itu, dengan adanya aplikasi ini kita dapat lebih terbantu berkomunikasi walaupun jarak jauh, semua penjelasan dan pesan dapat tersampaikan secara langsung tanpa harus bertemu secara fisik.

b. Kelebihan Aplikasi Google Meet dalam Proses Pembelajaran

  Pembelajaran jarak jauh (e-learning) merupakan kebutuhan masif saat ini, terutama dalam dunia pendidikan. Kebutuhan belajar, berbagi referensi, dan berdiskusi merupakan suatu hal yang sangat berarti untuk para pengengenyam pendidikan. Dalam pembelajaran jarak jauh tersebut bisa menggunakan aplikasi Google Meet sebagai cara belajar mengajar tatap muka secara jarak jauh. Adapun kelebihan aplikasi Google Meet dalam proses pembelajaran sebagai berikut:

1. Suasana mirip di kelas

Hal ini dikarenakan kita bisa melihat secara langsung (live) wajah dari guru dan teman kita yang sedang hadir di kelas atau forum tersebut.

2. Mendukung fitur presentasi

Ketika presentasi, file materi bisa disiaran secara langsung kepada partisipan. Dan partisipan dan pemateri bisa mencoret-coret tampilan presentasi tersebut, sehingga akan membantu dalam menjelaskan dan memahami sebuah materi.

3. Kapasitas ruang yang besar

Dalam website resminya, Google Meet mengklaim dapat menampung hingga 1.000 partisipan dan 10.000 viewers dalam suatu forum live video.

4. Kualitas video yang bagus

Google Meet menghadirkan video yang jernih dan suara yang jelas, sehingga akan memudahkan dalam hal komunikasi.

5. Fitur on/off video dan audio

Ketika live video pada suatu forum, kita bisa mengatur untuk menampilkan atau mematikan video dan audio kita. Jadi ketika kita tidak membutuhkan wajah atau suara kita dalam forum, kita bisa mematikannya. Hal ini bisa menjaga privasi kita serta tidak mengganggu jalannya sebuah forum.

6. Akses gratis dengan fitur yang memadai

Ketika live video pada suatu forum, kita bisa mengatur untuk menampilkan atau mematikan video dan audio kita. Jadi ketika kita tidak membutuhkan wajah atau suara kita dalam forum, kita bisa mematikannya. Hal ini bisa menjaga privasi kita serta tidak mengganggu jalannya sebuah forum.

c. Kekurangan Aplikasi Google Meet dalam Proses Pembelajaran

1. Tidak tersedia tampilan dalam bahasa Indonesia

Bagi kamu yang belum terbiasa menggunakan bahasa Inggris, mungkin akan sedikit menyulitkan kamu ketika baru pertama kali menggunakannya.

2. Boros data

Ketika melakukan pertemuan online dengan live video, secara otomatis akan menyedot banyak data internet kamu.

3. Kualitas video

Kualitas streaming video tergantung pada masing-masing jaringan internet partisipan. Semakin kencang maka semakin bagus.

4. Ukuran aplikasi

Untuk ukuran file dari aplikasi android Google Meet ini sekitar 28 MB. Hal ini bersifat relatif karena kapasitas memory hp setiap orang yang berbeda-beda.

5. Privasi pribadi

Ketika mendaftar atau menggunakan sebuah aplikasi, pihak aplikasi akan meminta data pribadi kita. Selain itu dalam kegiatan meeting atau forum online, suasana lingkungan kita akan terlihat oleh orang lain. Sehingga hal tersebut akan membuka privasi kita.

3. Kualitas Pembelajaran

a. Pengertian Kualitas Pembelajaran

   Kualitas sama dengan mutu dapat diartikan sebagai kadar atau tingkatan dari sesuatu, oleh karena itu kualitas mengandung pengertian:

1. Tingkat baik dan buruknya suatu kadar

2. Derajat atau taraf (kepandaian, kecakapan, dan sebagainya); mutu

Dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah, pembelajaran merupakan aktivitas yang paling utama. Yang berarti bahwa keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung pada bagaimana proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Pemahaman seorang guru terhadap pengertian pembelajaran akan sangat mempengaruhi cara guru itu mengajar. Menurut Sudjana mengemukakan bahwa pembelajaran merupakan setiap upaya yang dilakukan dengan sengaja oleh pendidik yang dapat menyebabkan peserta didik melakukan kegiatan belajar. Sedangkan menurut Darsono mengatakan bahwa pembelajaran secara umum merupakan suatu kegiatan yang mengakibatkan terjadinya perubahan tingkah laku. Sehingga pengertian pembelajaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru sedemikin rupa, sehingga tingkah laku siswa berubah ke arah yang lebih baik (Sugihartono, 2007: 81). Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran merupakan suatu upaya yang dilakukan dengan sengaja oleh pendidik untuk menyampaikan ilmu pengetahuan, mengorganisasi dan menciptakan sistem lingkungan dengan berbagai metode, sehingga dapat melakukan kegiatan belajar mengajar secara efektif dan efisien dengan hasil yang optimal.

b. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pembelajaran

Semakin tingginya standar kualitas pembelajaran mengharuskan seorang guru berusaha sebaik mungkin, demi mempersiapkan program pengajaran yang sistematik. Dalam keinginan untuk mencapai hasil yang baik pun, seorang guru selalu menemui hambatan. Adapun beberapa faktor - faktor yang berpengaruh pada kualitas pembelajaran, yaitu:

1. Pengajar / guru : Pengajar atau guru merupakan orang yang berpengalaman di bidangnya.

2. Tujuan dalam mengajar : Dalam hal ini seorang guru haruslah memiliki pedoman sebagai sasaran yang harus dicapai dalam proses belajar mengajar.

3. Kemampuan siswa yang mengikuti proses belajar : Dalam hal ini setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda satu sama lain. Mereka memiliki kepribadian, kecerdasan yang berbeda juga.

4. Metode pengajaran : Metode dalam mendemonstrasikan suatu mata pelajaran dan penyampaian materi yang ditujukan pada siswa sangat berpengaruh pada kualitas pembelajaran.

5. Penilaian : Penilaian merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan pada proses pembelajaran.

6. Alat Bantu pada proses pembelajaran : Ketersediaan alat bantu yang memadai pada sebuah lembaga pendidikan akan berdampak juga pada proses pembelajaran.

7. Kondisi saat pembelajaran berlangsung : Dalam hal ini, sebuah kondisi yang diciptakan pengajar akan berdampak pada kenyamanan dan pemahaman peserta didik dalam belajar.

B. Kerangka Berfikir Tindakan

  Dalam Surat Edaran yang diterbitkan oleh Kemendikbud menjelaskan bahwasannya kegiatan belajar dilaksanakan di rumah melalui pembelajaran Jarak Jauh. Pembelajaran Daring akan memberikan pengalaman belajar yang baru bagi peserta didik selain itu pembelajaran daring juga memiliki hambatan dalam proses pelaksananya. Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilaksanakan dari jarak jauh dengan menggunakan alat komunikasi. Sedangkan menurut Isman (2016) pembelajaran daring adalah penggunaan internet dalam proses pembelajaran. Sekolah bisa memilih belajar secara online, karena pada masa pandemi ini, kebijakan pemerintah adalah melakukan kegiatan belajar jarak jauh. Berdasarkan hal tersebut, pembelajaran daring melibatkan guru.

  Pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring dengan menggunakan Google Meet masa Pandemi Covid-19. Yang dilakukan adalah Implementasi Penggunaan Google Meet pada pembelajaran daring masa pandemi covid 19 mahasiswa. Dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Barulah akan didapat hasil adakah atau tidak pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Meet Terhadap Kualitas Pembelajaran Mahasiswa Di Masa Pandemi COVID-19.

C. Hipotesis Tindakan

  Berdasarkan uraian hasil kajian empiris kerangka pemikiran, maka peneliti mengajukan hipotesis dalam penelitian ini sebagai berikut:

1. Ho : Tidak ada pengaruh yang signifikan dari Penggunaan Aplikasi Google Meet Terhadap Kualitas Pembelajaran Mahasiswa Di Masa Pandemi COVID-19.

2. Ha : Terdapat pengaruh yang signifikan dari Penggunaan Aplikasi Google Meet Terhadap Kualitas Pembelajaran Mahasiswa Di Masa Pandemi COVID-19.

Terimakasih.

Wassallamuallaikum Wr.Wb

#tugasptk6 #utsptk @choyei


0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.