3 tahun yang lalu
Oleh: Aa Subandoyo

Indonesia Maju perlu Dibangun Dengan Desa Yang Maju


Desa yg maju itu seperti apa sih?

Desa yang jalannya mulus, orangnya kaya-kaya, rumahnya bagus bagus, fasilitasnya lengkap dari.mulai fasilitas olahraga, pendidikan, kesehatan, juga rekreasi!

Atau desa yang maju itu adalah desa yang masyarakatnya bekerjasama, ibadahnya rajin, tidak ada sampah, desanya hijau, dan anak mudanya terlibat dalam pembangunan desa. Anak.muda ikut membangun taman, mewarnai gang, bekerja bakti, juga mengadakan kegiatan muda mudi yang ramai!

Atau desa yang maju itu adalah desa yg tertib administrasi, semua layanan bisa dari hape, orang orang kalau perlu tidak perlu keluar rumah, karena jaringan internet full sehingga jual beli dapat dilaksanakan dari rumah masing masing. Desa dan masyarakat digital, apakah itu desa maju??

Lalu bagaiamana desa agar maju,? Apakah uang menjadi syarat untuk.maju, ataukah komitmen.. mana ya yang lebih penting uang atau komitmen bersama, modal apa.nilai nilai baik, modal.capital atau modal sosial?

Bagi saya desa yang maju itu adalah desa dimana masyarakatnya maju, baik sebagai diri sendiri maupun sebagai bagian dari mahluk sosial. Desa yg maju adalah desa yg maju dalam melayani keperluan warga, maju dalam.mewujudkan tujuan pembangunan kemanusiaan.

1 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.