3 tahun yang lalu
Oleh: Imelda Wulandari

Peranan teknologi dan pengelolaan lingkungan hidup di desa sukamanah


    Manusia menjalankan kegiatannya akan memberikan dampak kepada lingkungan, karena manusia bukan saja bagian dari lingkungan tapi juga berperan dalam lingkungannya. Kelangsungan hidup manusia sebagai spesies tergantung kepada keharmonisan kegiatannya dengan lingkungan, dan itu tercapai dengan memperhitungkan berbagai macam kegiatan, sehingga kualitas lingkungan tetap terjaga dan terjaminnya kelangsungan hidup manusia serta mahkluk hidup lainnya. Mahkluk hidup secara keseluruhan merupakan penyebab utama terjadinya perubahan dalam sistem kehidupan. Manusia mempunyai potensi dan kemampuan untuk mengelolah lingkungan secara arif dan bijaksana dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya yang dimiliki. Komsumsi energi, air, dan sumberdaya alam tidak terbaharui semakin meningkat dan sifat frontier oleh manusia terhadap lingkungan sebagai salah satu yang menyebabkan tekanan terhadap bumi sehingga menyebabkan terjadi kerusakan lingkungan. Sehubungan dengan itu, ilmu pengetahuan dan teknologi bersih dapat mendukung pola pengelolaan lingkungan yang tepat dalam pembangunan saat ini dan yang akan datang. Pengetahuan yang makin meningkat terhadap sejumlah isu seperti perubahan iklim, peningkatan konsumsi sumberdaya, peningkatan penduduk, dan kerusakan lingkungan, harus dimanfaatkan untuk pengembangan teknologi bersih dan perumusan regulasi serta kebijakan dalam strategi pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan di desa sukamanah kec.sukatani.

    Tujuan dan Sasaran IPTEK Pengelolaan Lingkungan Hidup Keberadaan IPTEK dalam pengelolaan lingkungan hidup, diharapkan dapat menjadi solusi dalam menangani permasalahan lingkungan hidup yang akhir-akhir ini semakin memprihatinkan, oleh karena itu, tujuannya adalah diharapkan dapat terciptanya keserasian hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai tujuan membangun manusia Indonesia seutuhnya; terkendalinya pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana; terlaksananya pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan untuk kepentingan generasi sekarang dan akan datang. Sedangkan sasarannya adalah mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pengelolaan lingkungan yang sesuai, agar perkembangan teknologi yang berorientasi kepada mekanisme pasar, dapat mengendalikan dimensi lingkungan dan kepentingan masyarakat luas dan generasi yang akan datang; meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam pemeliharaan dan penggunaan teknologi bersih untuk mengurangi dampak negativ terhadap lingkungan hidup.

    Kemudian untuk mewujudkan dari pada tujuan dan sasaran tersebut, maka perlu ada strategi dalam penerapannya, yang mencakup antara lain :

  1. Untuk membangun secara berkelanjutan dan berwawasan lingkungan, maka semua pihak membutuhkan akses kepada peningkatan kemampuan dalam penggunaan teknologi yang bersih dan sedikit menghasilkan limbah;
  2. Teknologi berwawasan lingkungan mencakup tidak hanya perangkat keras, tetapi aspek pengetahuan, pelayanan, dan keahlian-keahlian organisasi dan manajerial;
  3. Pengenalan teknologi baru harus disertai informasi tentang resiko lingkungan yang ditimbulkan, sehingga konsumen dapat memilih teknologi yang tepat.

    Kegiatan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi pengelolaan lingkungan mencakup : perumusan dan pengembangan kebijaksanaan untuk mengantisifasi dampak pencemaran lingkungan, dengan pengetahuan dan teknik pengelolaan lingkungan yang tepat Pusat-pusat tersebut diharapkan dapat membantu pengembangan, pengelolaan, dan pengalihan teknologi kepada masyarakat luas dan termasuk dunia usaha.

Pak Kholil, dusun desa sukamanah 01 apr 2021

#tugasiad4


2 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.