5 tahun yang lalu
Oleh: Siti Rahmawati

Analisis lingkungan (Gizi)

Dalam makan banyak kandungan nilai gizi yang sering kita lihat akan tetapi tidak tau apa itu manfaatnya di antara yaitu: 

1. Lemak seringkali dianggap sebagai penyebab berbagai masalah bagi kesehatan, seperti kolesterol, diabetes dan penyakit jantung. Akan tetapi pada dasarnya, lemak memiliki manfaat yang sangat penting untuk tubuh. Kita selalu membutuhkan lemak dalam jumlah tertentu agar tetap sehat dan organ tubuh dapat berfungsi dengan baik.


Berikut beberapa manfaat lemak bagi tubuh kita:


- Sumber energi, dalam setiap 1 gram lemak terdapat 9 kalori yntuk tubuh. Karena tubuh tidak akan dapat bergerak jika tidak memiliki energi. Kekurangan energi akan membuat kekebalan tubuh melemah, dan kita mudah terserang berbagai penyanyit

- Sumber pertumbuhan sel, yang setiap jenisnya sangat dibutuhkan tubuh untuk membentuk tubuh yang sehat. Lemak juga penting untuk meindungi lapisan luar sel atau membran sel.namun Inilah yang terjadi jika tubuh kekurangan serat.


1. Kekurangan Energi


Bila Anda mengkonsumsi banyak karbohidrat sederhana yang mengandung gula seperti minuman bersoda, roti putih, dan pasta, atau cemilan olahan- maka Anda tidak mendapatkan cukup serat dari karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian, kacang polong dan buah-buahan.



- Menunjang fungsi otak. Sebagai salah satu organ tubuh yang sangat penting, kesehatan otak harus dijaga. Lemak membuat sel di dalam otak terus berkembang dan membentuk lapisan sel yang sehat. Lemak juga mempengaruhi kecerdasan otak.

- Membantu penyerapan vitamin. Ada beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh, yang memiliki sifat larut dalam lemak. Vitamin-vitamin tersebut adalah A, D, E dan K.

- Menunjang produksi hormon yang dibutuhkan tubuh untuk mengatur sistem kerja organ tubuh dan sistim respon tubuh.

- Membantu kesehatan kulit. Orang yang kekurangan lemak akan terlihat dari kulit yang kering, bersisik dan kusam. Lemak juga dapat manjadi indikator pelindung terhadap cuaca.

- Mendukung kesehatan organ tubuh seperti ginjal, hati, jantung dan usus agar tidak mudah terluka atau cedera.


Namun, jika makanan yang banyak mengandung lemak jenuh akan menimbulkan masalah bagi tubuh. Salah satunya dapat menyebabkan peningkatan kolesterol total dan kolesterol LDL (low-density lipoprotein). LDL sering disebut kolesterol jahat, berbentuk lemak mirip lilin. Lemak jenuh ini sering ditemui di atas meja makan lewat hidangan yang mengandung lemak hewani, kulit ayam, produk susu fullcream, dan minyak seperti minyak kelapa dan minyak kelapa sawit. 


“Contoh makanan dengan tinggi lemak misalnya satu porsi Fast Food saja sudah mengandung 28 gram lemak (41,2%), dua buah gorengan mengandung 18,8 gram lemak (28,1%), bahkan satu porsi nasi padang mengandung 25–30 gram lemak (37-45%). Padahal, anjuran asupan lemak berdasarkan Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) Indonesia hanya 25% dari energi total,” papar Fiastuti. Jika konsumsi lemak jenuh tinggi, sedangkan lemak tidak jenuh cenderung rendah, tingkat kolesterol dalam tubuh juga akan tinggi. Hal ini akan mengakibatkan serum kolesterol darah juga tinggi.


2. Kolesterol memiliki reputasi yang buruk di masyarakat. Kadar kolesterol tinggi sudah lama dikaitkan dengan penyakit jantung koroner, serangan jantung, atau stroke. Namun meski ditakutkan, ada banyak manfaat kolesterol bagi tubuh — tentunya jika kadar kolesterol Anda dijaga tetap dalam ambang normal.


Keberadaan kolesterol sebenarnya sangat dibutuhkan untuk menunjang proses metabolisme tubuh . Beberapa fungsi kolesterol : 

Pelindung sel


Tubuh terdiri dari kumpulan-kumpulan sel yang akan membentuk sebuah jaringan dan organ. Nah, setiap sel di dalam tubuh akan memiliki lapisan terluar sebagai pelindung. Pelindung sel ini terbuat salah satunya dari kolesterol.


Kolesterol adalah lemak yang bersifat kaku, sehingga lebih ideal untuk menjaga keutuhan sel ketimbang jenis lemak lainnya dalam tubuh. Sel yang kuat akan membentuk jaringan dan organ yang berfungsi optimal.


2. Membantu memproduksi vitamin D


Selain dari sumber makanan, tubuh Anda bisa memproduksi vitamin D secara otomatis ketika terpapar sinar matahari. Caranya adalah dengan mengubah kolesterol (7-dehidrokolesterol) yang ada dalam kulit menjadi calcitriol. Senyawa ini kemudian langsung disalurkan ke hati dan ginjal untuk menghasilkan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh.


Vitamin D nantinya akan berperan besar dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta membantu fungsi sistem kekebalan tubuh dan sistem saraf berjalan dengan optimal.


3. Pembentuk hormon


Kolestrol adalah bahan dasar pembentukan hormon, khususnya hormon steroid yang mencakup testosteron (hormon seks pria) serta estrogen dan progesteron (hormon seks wanita). Masing-masing hormon seks ini berperan mengatur fungsi sistem reproduksi manusia.


Selain itu, kolesterol juga berperan dalam pembentukan hormon kortisol dan aldosteron. Kedua hormon ini berperan penting dalam pengaturan tekanan darah, merespon stres, dan menjaga kesimbangan elektrolit tubuh.


4. Pembentuk asam empedu


Asam empedu dibentuk oleh hati (liver) dengan bantuan kolesterol dalam darah. Asam empedu itu sendiri berfungsi untuk memecah lemak makanan untuk bisa diserap oleh tubuh dan digunakan sebagai energi. 


5. Menjaga fungsi otak


Otak merupakan organ yang mengandung kolesterol paling tinggi dibandingkan organ lain. Dilansir dari laman Harvard Medical School, 25% kolesterol tubuh terkandung di otak.


Dalam otak, kolesterol berperan untuk memperlancar sambungan antar saraf, disebut sinaps, yang mengatur berbagai fungsi otak — terutama untuk mengingat. Fungsi kolesterol lainnya untuk kesehatan otak adalah memelihara sel-sel otak. 


Akan tetapi, semua manfaat kolesterol ini bisa kita dapatkan dengan menjaga kadarnya tetap dalam ambang yang sehat. Pasalnya, kadar kolesterol berlebih dalam tubuh terkait dengan peningkatan risiko berbagai penyakit kronis.


mengkonsumsi makanan dengan lemak jenuh tinggi atau makan daging dalam porsi yang besar dan sering? Lingkar pinggang dan indeks massa tubuh terlalu besar? Jika iya, maka Anda patut waspada karena beresiko memiliki kolesterol tinggi.


Kolesterol tinggi atau dislipidemia adalah ketidakseimbangan kolesterol akibat tingginya kadar kolesterol. Kolesterol merupakan senyawa yang ditemukan pada lemak atau lipid dalam darah.


Karena kolesterol tinggi tidak memiliki gejala yang khas, maka sering terabaikan oleh kita dan teranggap tidak berbahaya. Padahal, jika dibiarkan kolesterol bisa mengakibatkan beberapa penyakit berbahaya hingga terjadi komplikasi.


Penyakit Jantung Koroner


Merupakan penyakit utama yang disebabkan oleh kolesterol tinggi. Kolesterol Jahat (Low Density Lipoprotein atau LDL) yang tinggi akan menumpuk di dinding pembuluh darah arteri, sehingga menyebabkan plak yang disebut aterosklerosis.


Plak ini menyebabkan arteri menjadi sempit, sehingga aliran darah pun melambat dan menurunkan asupan darah ke jantung, yang mengakibatkan gejala nyeri dada (angina). Jika kadar kolesterol tidak diturunkan, plak dapat menumpuk semakin banyak sampai akhirnya menyumbat total pembuluh darah jantung, dan menyebabkan serangan jantung. 


Serangan Jantung


Kolesterol tinggi menyebabkan serangkan jantung itu merupakan fakta yang tidak bisa dipungkiri. Sebab plak yang timbul di dinding arteri Anda bisa robek kapan saja.


Saat plak tersebut robek atau pecah, akan menyebabkan pembekuan dan gumpalan-gumpalan darah yang dapat menghalangi aliran darah menuju jantung. Sehingga resiko terkena serangan jantung tinggi.


“Kolesterol dan penyakit kardiovaskuler juga terkait oleh proses yang disebut ateroklerosis, yaitu suatu kondisi yang terjadi ketika terbentuk plak pada dinding pembuluh darah arteri. Penumpukan ini mempersempit arteri, sehingga darah sulit untuk mengalir melalui arteri. Plak juga bisa pecah (ruptur) dan memicu terbentuknya bekuan darah dan gangguan aliran darah ini dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung atau stroke," jelas Dr. Vito A. Damay, Sp.JP(K), M.Kes, FIHA, FICA, Pengasuh Redaksi Medis dari  serta Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah.


Kolesterol tinggi tak hanya mengintai mereka yang bertubuh gemuk dan berlemak tinggi, Anda yang kurus belum tentu bebas dari kolesterol tinggi dan resiko penyakit jantung.


Pasalnya, apa yang Anda konsumsi bisa saja membuat Anda dalam masalah kolesterol tinggi. Selain karena faktor makanan, faktor riwayat penyakit jantung yang mungkin ada di keluarga Anda juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya kadar kolesterol yang tinggi di tubuh kurus Anda.


Untuk memastikan bahwa kolesterol Anda dalam kondisi normal biasakan untuk melakukan gaya hidup TANGKAL yang terdiri dari 7 Langkah Tangkal Kolesterol yaitu:


1. Teratur periksa kolesterol


2. Awasi asupan dan pola makan


3. Nikmati hidup tanpa rokok dan minuman beralkoho


l4. Giat berolahraga dengan senam B-Fit 2.0 (Aktivitas olahraga yang membakar 500 kalori dalam satu kali latihan)


5. Kendalikan berat badan dan hindari stres


6. Awasi tekanan darah


7. Lengkapi dengan Nutrive Benecol 2x sehar

3. Protein merupakan komponen penting dari setiap sel dalam tubuh. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika ada begitu banyak manfaat protein bagi tubuh:


Diperlukan dalam pembentukan tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan darah.Membangun, memperkuat, dan memperbaiki atau mengganti jaringan tubuh. Contohnya, keratin yang memperkuat rambut, serta kolagen dan elastin yang menunjang jaringan ikat dan kulit.Membuat hormon yang berfungsi membantu sel mengirim pesan dan mengkoordinasikan fungsi sel dan organ di dalam tubuh.Membuat antibodi untuk sistem kekebalan tubuh.Penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, remaja, hingga wanita hamil dan janin yang dikandungnya.Terlibat dalam kontraksi dan gerakan otot, contohnya protein aktin dan myosin.Membuat enzim yang berfungsi memfasilitasi reaksi biokimiawi dan metabolisme tubuh.Mengangkut sel atau zat, contohnya hemoglobin yang membawa oksigen melalui darah ke seluruh tubuh.


Sumber Protein


Guna mendapatkan manfaat protein yang maksimal, akan lebih baik jika sumbernya berasal dari:


Makanan laut atau boga bahari

Makanan laut memiliki kandungan protein yang tinggi, dan biasanya rendah lemak. Beberapa jenis makanan laut, seperti ikan salmon, juga kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung.Susu, keju, yoghurt

Selain menjadi sumber protein yang baik, susu dan produk olahan susu juga mengandung kalsium dan vitamin D yang berfungsi menjaga kekuatan tulang dan gigi, serta mencegah osteoporosis.Daging

Disarankan untuk memilih daging putih (ayam, ikan) tanpa kulit, dibandingkan daging merah (sapi, kambing). Ini karena daging merah mengandung lebih banyak lemak.Telur

Bahan makanan yang terjangkau dan bergizi. Tak hanya tinggi protein, telur ayam juga mengandung vitamin B, folat, selenium, dan kolin.Kacang-kacangan

Selain bergizi, kacang juga kaya akan serat yang bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama. Kacang kedelai baik bagi jantung karena dapat membantu menurunkan kolesterol.


Protein dari sumber hewani disebut protein lengkap karena mengandung sembilan asam amino esensial. Sedangkan protein nabati dianggap tidak lengkap karena tidak memiliki satu atau lebih asam amino esensial.


Dilansir dari laman Life Hack, berikut ini adalah efek samping negatif saat tubuh kelebihan protein.


1. Kelebihan berat badan


Salah satu tanda yang paling mudah dilihat dan dikenali adalah berat badan melonjak. Mendapat banyak asupan protein dengan jumlah besar dapat menjadi baik dan juga sebaliknya. Jika Anda ingin membentuk otot dan mendapatkan berat badan untuk melakukan itu, peningkatan asupan protein bisa membantu.


2. Masalah ginjal


Ginjal sebagaimana fungsinya yakni menyaring seluruh racun yang dihasilkan dari makanan.

Jika Anda banyak mengonsumsi makanan dalam satu jenis, artinya Anda secara tidak sadar memerintahkan ginjal Anda untuk bekerja lebih keras lagi untuk menyaring racun yang ada di dalamnya. Kita disarankan untuk mengonsumsi beragam jenis makanan.


3. Dehidrasi


Bila ginjal Anda menjalani proses pengelolaan racun, salah satu produk yang dilepaskan adalah nitrogen urea darah. Pada gilirannya, tubuh Anda harus menggunakan lebih banyak air untuk membersihkan zat berbahaya tersebut. Hal ini bisa menyebabkan dehidrasi serius jika asupan air minum kita kurang.


4. Kalsium tulang terkikis


Asam yang dilepaskan setiap kali Anda mengkonsumsi protein sulit dicerna tanpa kalsium.

Telah ditunjukkan dalam banyak penelitian bahwa orang-orang yang mengkonsumsi lebih banyak protein daripada yang dibutuhkan memiliki tulang lebih lemah.



5. Masalah jantung


Diet tinggi protein memang lebih disukai banyak orang karena menganggap mereka bisa bebas mengasup protein hewani. Namun, protein terutama yang berasal dari daging merah yang mengandung lemak jenuh merupakan musuh bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.


6. Mengurangi ketosis


Ketosis adalah kondisi liver manusia memproduksi keton untuk digunakan sebagai bahan bakar atau energi yang digunakan seluruh tubuh terutama otak. Ketosis terjadi ketika tubuh tidak mendapat asupan karbohidrat (glukosa) sebagai sumber makanan untuk diproses menjadi energi.


Saat diet, biasanya orang akan mengurangi makanan sumber karbohidrat dan menggantinya dengan makanan sumber protein. Namun sebetulnya ini sangat merugikan. Sebenarnya lebih sehat jika kita mengasup karbohidrat kompleks dan lemak sehat.


7. Asam urat


Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein berbasis hewan dapat meningkatkan risiko terkena asam urat. Ini karena protein berbasis hewan memiliki kadar purin yang tinggi, yang menyebabkan kadar asam purin tinggi .


4. Pada umumnya natrium memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan cairan dalam jaringan tubuh manusia. Dan pertama-tama marilah kita simak daftar berikut ini yang berisi tentang berbagai akibat yang bisa diakibatkan oleh kelebihan zat natrium di dalam tubuh. Mari langsung saja kita simak berikut ini ya:


Akibat Kelebihan Natrium


Tekanan darah tinggi


Saat tubuh memiliki jumlah natrium dalam kadar lebih dari normal maka secara otomatis hal ini akan berpengaruh pula pada sistem cairan dalam tubuh dan salah satu yang tak luput pula yakni dengan kondisi tekanan darah dalam tubuh kita. Sangat disarankan pada penderita hipertensi untuk berhati-hati dalam mengkonsumsi asupan jenis mineral yang satu ini. (baca juga: cara menurunkan darah tinggi)


Serangan jantung


Menurut suatu penelitian apabila para penderita hipertensi tak juga kunjung memperhatikan dan membatasi secara serius asupan nutrisi harian yang berlebihan sebagai suatu kebiasaan maka akan sangat mungkin hal ini akan menaikkan potensi mereka pada keadaan yang memungkinkan terkena penyakit serangan jantung sebagai dampaknya.  (baca juga: cara mencegah gagal jantung)


Bengkak


Tidak seimbangnya jumlah mineral natrium dalam tubuh juga akan langsung berdampak pada kondisi cairan dalam tubuh. Hal yang sangat mudah terjadi yakni timbulnya gejala bengkak pada bagian tubuh tertentu yang disebabkan menumpuknya cairan pada jaringan tubuh di daerah tersebut. (baca juga: bahaya jantung bengkak)


Sakit menstruasi


Dengan jumlah mineral natrium berlebih khususnya pada perempuan akan memberi dampak pada saat menstruasi. Kelebihan mineral jenis ini dapat memperparah gejala sakit yang dirasakan umumnya sebelum dan pada awal keluarnya darah menstruasi. Hal ini diakibatkan karena jumlah mineral berlebih tersebut akan memicu ketegangan yang lebih maksimal pada organ reprosuksi perempuan.


Gagal diet


Pada umumnya penumpukan jenis mineral satu ini sangat mungkin untuk mengacaukan program diet demi mendapat berat badan ideal. Dikarenakan kelebihan mineral ini akan memicu menumpuknya cairan di beberapa bagian tubuh dan juga sangat memungkinkan dalam mengacaukan nafsu untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan secara berlebihan. 

5. Karbohidrat

Karbohidrat itu merupakan sumber energi pada tubuh kita. Maka dari itu, kalau kamu melakukan diet karbohidrat secara berturut-turut dan tidak memperhatikan menu asupannya, badan kamu akan sangat terasa lemas.

             Manfaat KarboHidrat bagi tubuh kita 

1. Sebagai sumber energi utama bagi tubuh

2. Sumber energi bagi otak

3. Mempertahankan massa otot tubuh

4. Mengoptimalkan fungsi protein

5. Meningkatkan penyerapan nutrisi oleh tubuh

Jadi, sekarang kamu sudah tahu kan kenapa diet karbohidrat itu membuat badan lemas dan juga menyebabkan daya ingat berkurang? Yap betul, semua itu karena tubuh kita kekurangan asupan energi. Sebenarnya karbohirat kompleks itu baik untuk kamu yang sedang menjalani diet karbohidrat.


Memang karbohidrat kompleks itu susah dicerna. Akan tetapi ketika kita mengonsumsinya, justru tubuh kita akan tetap merasa kenyang. Kamu cukup hindari makanan-makanan yang mengandung karbohidrat sederhana ya. Jadi, program diet karbohidrat kamu juga berjalan dengan baik tanpa membuat badan kamu merasa lemas dan kemudian sakit. 

6. Gula merupakan suatu karbohidrat sederhana yang menjadi sumber energi dan komoditi perdagangan utama. Gula paling banyak diperdagangkan dalam bentuk kristal sukrosa padat. Gula banyak digemari karena rasanya yang manis, gula juga mempunyai bentuk bermacam-macam. Ada gula yang berbentuk seperti kristal, gula merah berbentuk silinder, dan masih banyak lagi ya sob….


Meski memiliki rasa manis, namun banyak juga diantara kita yang takut mengkonsumsi gula berlebihan. Terutama bagi mereka yang mempunyai atau terkena penyakit diabetes (penyakit gula. Dikarenakan, jika mengkonsumsi gula secara berlebih juga dapat mewnggangu kesehatan kita seperti menyebabkan risiko terkena penyakit jantung. Tetapi orang juga belum banyak mengetahui manfaat gula untuk tubuh. Berikut beberapa fakta-fakta menarik tentang gula bagi kesehatan tubuh kita antara lain yaitu:


Menaikan berat badan

Asupan gula banyak dibutuhkan bagi orang yang mempunyai berat badan yang tidak ideal atau  kekurangan berat badan. Kelebihan jumlah kalori yang ada di dalam tubuh, dikarenakan oleh gula, sehingga dapat menaikkan berat badan seseorang.Menunda rasa lapar

Gula mempunyai kalori yang sangat tinggi, makanan yang banyak mengandung gula dapat mencegah dari rasa lapar.Sumber tenaga

Gula adalah jenis karbohidrat yang dapat menjadi sumber energi tambahan. Gula dalam waktu singkat mengirim glukosa ke dalam aliran darah, sehingga banyak atlet mengkonsumsi gula supaya memperoleh energi secara cepat.Menaikkan tekanan darah

Orang yang terkena penyakit tekanan darah rendah, dianjurkan untuk mengkonsumsi gula secara cukup, supaya dapat meningkatkan tekanan darah sampai batas normal. Tetapi dalam mengkonsumsin gula juga harus dengan saran doter, seberapa banyak kadar gula yang diperlukan untuk dikonsumsi agar tetap dalam kondisi yang aman.Membuat bibir menjadi lebih halus

Baik mengkonsumsi gula yang dicampur dengan minyak zaitun atau cukup dioles ke bibir selama beberapa detik akan membuat bibir terasa lebih halus.Mengganti sel kulit mati

Jika kulit anda terlihat kusam dan tidak bersinar lagi, itu merupakan tanda bahwa banyak sel kulit mati yang tidak terangkat atau mengelupas di wajah. Salah satu cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan mencampur gula dengan minyak almond atau minyak zaitun, maka dapat membantu untuk mengganti sel kulit mati.


Nah, sob salah satu kunci untuk hidup sehat adalah sama dengan berpikir secara alamiah dan banyak akal. Kita juga harus berusaha untuk mempertahankan pola makan yang mencakup berbagai macam makanan yang mengandung berbagai karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan lemak. Karena hidup sehat sangatlah penting untuk menjaga kesehatan kita dari berbagai macam penyakit diluar sana yang siap menghampiri kita, namun selain menjaga alangkah baiknya kita mempunyai perlindungan untuk kita dan keluarga tercinta  Program Maestro Elite Care memberikan perlindungan atas resiko kesehatan kita.

7. Serat makanan atau serat pangan (dietary fiber) adalah komponen bahan makanan yang penting bagi kesehatan tubuh kita. Serat pangan  banyak terdapat dalam sayuran, buah, bulir utuh, biji-bijian dan polong-polongan. Berbeda dengan komponen makanan lain seperti karbohidrat, protein, atau lemak, serat tidak dicerna lebih lanjut di dalam tubuh. Serat pangan terdiri dari serat larut dan serat tidak larut. Serat dikenal bermanfaat membantu melancarkan pencernaan. Mengkonsumsi makanan yang kaya serat dapat memberikan sejumlah manfaat lain bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat serat bagi kesehatan tubuh.



Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Menkonsumsi makanan yang mengandung kadar serat tinggi bermanfaat menjaga kesehatan usus. Serat pangan membantu mempercepat waktu tinggal limbah sisa pencernaan yang bersifat toksik (racun) dalam usus sehingga mengurangi resiko kanker usus.



Memperkuat Imunitas

Mencukupi kebutuhan tubuh akan serat pangan bermanfaat memperkuat imunitas tubuh. Serat pangan bermanfaat membantu pertumbuhan bakteri menguntungkan dalam usus. Hal ini akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.



Melancarkan Buang Air Besar

Serat membantu melancarkan buang air besar sehingga mengurangi resiko sembelit (konstipasi). Serat larut dan serat tidak larut membantu mengatur pembentukan feces yang padat tetapi tidak keras sehingga mudah dikeluarkan.



Membantu Mengendalikan Kadar Glukosa Darah

Serat pangan diketahui bermanfaat membantu mengendalikan angka glukosa darah. Serat pangan berperan memperlambat penyerapan glukosa. Mengkonsumsi makanan kaya serat bermanfaat mengurangi resiko diabetes tipe 2.



Mengurangi Kolesterol

Makan berbagai makananan yang mengandung serat bermanfaat mengurangi kolesterol sehingga mengurangi resiko penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan pembuluh darah). Serat bermanfaat mengurangi serapan tubuh akan kolesterol dan lemak.



Membantu Mengendalikan Berat Badan

Orang yang ingin mengendalikan berat badan harus dapat mencegah kebiasaan makan secara berlebihan.  Makanan yang kaya serat umumnya membutuhkan waktu kunyah yang lebih lama daripada kebanyakan makanan yang tidak mengandung serat. Hal ini membantu membuat tubuh merasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk makan secara berlebihan. Selain itu untuk jumlah porsi yang sama, makanan yang kaya serat umumnya mengandung jumlah kalori yang lebih sedikit daripada makanan tanpa serat.Karbohidrat olahan tersebut menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat setelah makan," kata Myers. "Lalu tubuh mencoba mengatasi lonjakan itu dengan memproduksi lebih banyak insulin, yang mengakibatkan hilangnya energi.


Tapi, saat Anda makan makanan berserat, gula darah akan stabil. Alissa Rumsey, penulis buku 'Free Guide 3 Steps to a Healthier You', juga menerangkan bahwa serat, bersama dengan protein dan lemak, membantu memperlambat pencernaan, yang berarti gula darah dilepaskan ke dalam aliran darah lebih lambat.


"Makanan berserat tinggi membantu menstabilkan gula darah dan mencegah kenaikan gula darah seperti yang disebabkan oleh makanan rendah serat," ucapnya.


Myers juga menambahkan makanan berserat tinggi memberikan dorongan energi yang lebih terkontrol dan berkelanjutan.


Baca juga : 4 Kebiasaan yang Bikin Tubuh Lebih Bertenaga


2. Mudah Merasa Lapar


Penelitian yang dipublikasikan dalam Food and Nutrition Research mengungkapkan bahwa pria yang mengkonsumsi makanan kaya serat-seperti kacang dan kacang polong- merasa lebih kenyang daripada mereka yang makan makanan tinggi protein seperti daging.

@choyei

3 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.