3 tahun yang lalu
Oleh: Ayu Dwi Retno

POLA PIKIR MANUSIA DAN LINGKUNGAN

 

    Tuhan menciptakan dua makhluk yang satu bersifat anorganis (benda mati) dan yang lain bersifat organis (makhluk hidup). Benda yang menjadi pengisi bumi tunduk pada hukum alam (deterministis), dan makhluk hidup tunduk pada hukum kehidupan (biologis), tetapi yang jelas ciri-ciri kehidupan manusia sebagai makhluk yang tertinggi, lebih sempurna dari hewan dan tumbuhan.

    Manusia secara terus menerus selalu mengembangkan pengetahuannya. Mereka mengembangkan pegetahuannya tidak hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan yang menyangkut kelangsungan hidupnya.Mereka berusaha untuk mengetahui mana yang benar dan mana yang salah. Berpikir suatu kegiatan untuk memperoleh pengetahuan yang benar. Pengetahuan yang benar disebut penalaran. Pengetahuan yang dihasilkan oleh penalaran ini merupakan hasil kegiatan berpikir. Pola pikir berdasarkan mitos mengajak manusia untuk berkembang melalui tahap-tahap peradapannya dari menemukan sesuatu yang asing menuju sesuatu yang dikenal. Berpikir berdasarkan mitos adalah suatu bakat manusiawi, tidak bisa kita hindari.Demikian yang dialami oleh seluruh bangsa-bangsa di dunia termasuk bangsa indonesia.

    Alam pikiran manusia dan lingkungan tempat tinggal saya di kelurahan jati raden kecamatan jati sampurna, Bekasi. Kondisi lingkungannya yang masih asri dan menyenangakan serta kehidupan masyarakatnya masih mengutamakan sikap toleransi dalam keberagaman suku bangsa dan agama. Bentuk-bentuk kerja sama dalam kehidupan bermasyarakat, sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa hidup menyendiri. Tiap individu pasti akan membutuhkan individu lainnya. Kerja sama dapat dilakukan di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat, dan lingkungan tempat bekerja.

    Ada juga kegiatan lain yang membutuhkan kerja sama yang baik tanpa mengedepankan perbedaan dan keberagaman dalam masyarakat adalah kerja bakti, bersih kelurahan, berolahraga, bermain, belajar kelompok, dan sebagainya. Kerja sama bisa ditumbuhkan menjadi sebuah budaya positif yang akan memperkokoh persatuan bangsa. Pada dasarnya tidak ada kerja sama yang mempersyaratkan keseragaman pelaku kerja sama, karena kerja sama selalu melibatkan keberagaman. Sehingga sangat penting untuk mengembangkan sikap toleransi sebagai modal utama bekerja sama. Orang yang tidak bisa menerima keberagaman disebut intoleran. Sikap intoleran sangat berbahaya karena selalu mengarah pada perpecahan di masyarakat. Untuk membiasakan kerja sama harus memperhatikan hal-hal yang akan diraih dalam setiap kegiatan, berpartisipasi secara aktif dalam melaksanakan aturan, jangan merendahkan orang lain, sumber konflik perlu dicegah, saling percaya, saling menghargai dan memberikan penghargaan, misalnya dengan mengucapkan terima kasih.

    Ketika berkerja sama misalnya belajar kelompok, kegiatan siskamling dan kegiatan keagamaan di masjd yang dilakukan di malam hari pasti menggunakan cahaya lampu listrik. Jadi lampu listrik mampu menjadi sumber cahaya di waktu malam hari. Cahaya adalah terang yang berasal dari sesuatu yang bersinar, yang memungkinkan mata menangkap bayangan benda-benda di sekitar kita. Gelombang cahaya memiliki sifat yang merambat dengan lurus. Sifat ini menyebabkan terbentuknya bayangan jika cahaya terhalangi. Jika cahaya mengenai benda bening, maka cahaya akan menembus benda tersebut. Sehingga bisa melihat benda-benda yang ada di balik benda-benda bening tersebut. Jika cahaya mengenai benda gelap.maka cahaya tidak dapat menembus benda sehingga terbentuklah bayangan. Sifat cahaya yang dapat menembus benda bening dimanfaatkan dalam penggunaan lensa mata, juga dimanfaatkan tanaman air untuk berfotosintesis. Air yang bening memungkinkan cahaya menembus air, sehingga tanaman air dapat berfotosintesis dengan baik. Cahaya juga mempunyai sifat dapat dipantulkan yang berarti arah cahaya dapat berubah. Akan tetapi tidak semua benda dapat memantulkan cahaya. Hanya benda yang memiliki permukaan mengkilap yang dapat memantulkan cahaya. Misalnya, benda logam yang mengkilap, air kolam, dan cermin. Cahaya dapat juga dibiaskan melalui beberapa benda yang berbeda kerapatannya. Misalnya, cahaya melewati benda gas yaitu udara, benda cair yaitu air, dan benda padat yaitu gelas. Cahaya yang dapat diuraikan adalah pelangi, biasanya pelangi tampak setelah hujan reda. Pelangi berasal dari cahaya putih matahari yang mengalami penguraian  oleh titik-titik air hujan menjadi tujuh warna, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

    Hubungan cahaya dengan mata sebagai indera penglihatan manusia dan hewan, cahaya masuk melalui mata bagian pupil. Lensa mata memfokuskan cahaya sehingga bayangan bisa jatuh tepat pada bintik kuning. Bayangan yang terjadi pada retina adalah nyata, terbalik, dan diperkecil. Bayangan disampaikan ke otak melalui  saraf mata, sehingga dapat melihat. Mata bisa terganggu jika sering melihat benda-benda atau membaca dalam ruang yang remang-remang, mata juga  akan rusak sering melihat benda dalam cahaya yang terlalu terang atau menyilaukan. Manfaatnya cahaya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu cahaya selain sebagai alat penerangan, cahaya juga berguna untuk hal yang lain, seperti digunakan dalam bidang medis, contohnya sinar X yang digunakan untuk melakukan rontgen sehingga penyakit di dalam tubuh dapat dilihat, sinar UV mengaktifkan vitamin D yang ada dalam tubuh manusia, cahaya sebagai satuan untuk mengukur jarak antar benda antariksa, satuannya dinamakan tahun cahaya, cahaya digunakan dalam industri makanan, misalnya sinar gamma yang dapat membunuh bakteri sehingga makanan menjadi aman dikonsumsi, cahaya dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk berfotosintesis, dan cahaya juga sebagai pengering saat menjemur pakaian.

  

Narasumber Bapak Dani. O sebagai Staf Kelurahan Jati Raden, Jati Sampurna, Bekasi.

 #TUGASIAD2

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.